Peningkatan Minat dan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Buku Cerita Binatang dan Permainan Bahasa Siswa Kelas II SD Plus Al-Anwar Pacul Gowang Jombang

Evita Widiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil minat dan kemampuan membaca permulaan melalui media buku cerita binatang (BCB) dan permainan bahasa (PB) pada siswa kelas II SD Plus Al-Anwar Pacul Gowang Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bersifat kolaborasi. Data penelitian ini diambil dari 27 siswa SD Plus Al-Anwar Pacul Gowang Jombang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media BCB dan PB dapat meningkatkan proses: respon, antusiasme, keaktifan, dan kerjasama; dan hasil minat dan kemampuan membaca permulaan: membaca kata, membaca kalimat, dan menyebutkan isi BCB. Penelitian menyimpulkan bahwa penerapan media BCB dan PB dapat meningkatkan proses dan hasil minat dan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Plus Al-Anwar Pacul Gowang Jombang.

Kata kunci: minat baca, kemampuan membaca permulaan, media buku cerita binatang, media permainan bahasa

Full Text:

Download


Copyright (c)




Jurnal Pendidikan Humaniora

Graduate School, Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License