Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Economic Literacy melalui Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS di SMA Kota Malang

Denik Wulandari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh (1) kompetensi pedagogik guru terhadap economic literacy melalui prestasi belajar siswa, (2) kompetensi profesional guru terhadap economic literacy melalui prestasi belajar siswa. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XII IPS di SMA RSBI se-Kota Malang pada tahun 2012, data diperoleh dari angket, tes, dan dokumentasi. Hasil pene-litian: (1) kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif signifikan terhadap economic literacy; (2) kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar; (3) prestasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap economic literacy; (4) kompetensi profesional guru berpengaruh positif signifikan terhadap economic literacy; dan (5) kompetensi profesional guru berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut secara keseluruhan dapat diketahui bahwa kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru dapat mempengaruhi economic literacy siswa melalui prestasi belajar siswa.

Kata kunci: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, prestasi belajar, economic literacy

Full Text:

Download


Copyright (c)




Jurnal Pendidikan Humaniora

Graduate School, Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License