PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS POTENSI DAERAH TERHADAP RETENSI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Heni Susilowati, Vandalita M.M Rambitan, Afif Ruchaemi

Abstract


The use of learning models that teachers apply when teaching can affect learning achievement and student retention skills. Learning from the environment can be a source of contextual learning to enrich students' cognitive knowledge. This study uses two classes: the experimental class uses guided inquiry model, while the control class uses conventional learning. The purpose of this research is to know the influence of inquiry model based on local potency to student retention. The method used in this research is experiment with Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. The result of the research shows that the guided inquiry model based on the potential of empty palm fruit bunches with Sig 2 tailed test results 0.01 <0.05 has an effect on student retention result.

Penggunaan model belajar yang diterapkan guru saat mengajar dapat memengaruhi kemampuan hasil belajar dan retensi siswa. Pembelajaran dari lingkungan dapat dijadikan sumber belajar kontekstual untuk memperkaya pengetahuan kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model inkuiri terbimbing, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis potensi daerah terhadap retensi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan model inkuiri terbimbing berbasis potensi daerah tandan kosong sawit dengan hasil uji Sig 2 tailed 0.01 < 0.05 berpengaruh terhadap hasil retensi siswa.


Keywords


guided inquiry; regional potential; retention; inkuiri terbimbing; potensi daerah; retensi

Full Text:

PDF

References


Hani, W.F., Indrawati., & Subiki. (2016). Pengaruh Model Inquiry Training Disertai Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar

dan Retensi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Fisika) di MTs. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (4), 315—321.

Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3083/2481

Febriana, I., Ibrohim., & Mahanal, S. (2016). Potensi Pembelajaran Inkuiri Dalam Menumbuhkan Sikap Siswa terhadap

Lingkungan. Prosiding Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol 1. ISBN:978-602-9286-21-2,

(http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Indri-Febriana-959-969.pdf).

Hanif., Ibrohim., & Fatchur Rohman. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai Islam untuk

Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (11),

—2171. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8042/3665

Madiniah, S., & Noviar, D. (2016). Model Guided Inquiry Berbasis Scientific Approach dalam Pembelajaran IPA Biologi

Siswa SMPN 14 Yogyakarta. Jurnal BIOEDUKATIKA, 4 (1), 1—6, Retrieved from

http://journal.uad.ac.id/index.php/BIOEDUKATIKA/article/view/4733

Prabowo, D. L., Nurmiyati., & Maridi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Potensi Lokal pada Materi Ekosistem sebagai

Bahan Ajar di SMAN 1 Tanjungsari Gunungkidul. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 13 (1), 192—195, Retrieved

from http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/9616/7069

Putri, H. K., Indrawati., & I Ketut Mahardika (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Teknik Peta Konsep

Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (4), 321—326, Retrieved from

https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3084

Silmiati, N. Y. (2013). Perbandingan Retensi Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA Terpadu, Konsep Cahaya Antara Model

Pembelajaran berbasis Masalah dan Metode Pembelajaran Inkuiri, ISSN 1412-565 X, 61—68, Retrieved from

https://media.neliti.com/media/publications/139142-ID-none.pdf

Sugiyono. 2005. Metode Penelitan dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Heni Susilowati, Vandalita M.M Rambitan, Afif Ruchaemi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License