PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS POTENSI DAERAH TERHADAP RETENSI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Abstract
The use of learning models that teachers apply when teaching can affect learning achievement and student retention skills. Learning from the environment can be a source of contextual learning to enrich students' cognitive knowledge. This study uses two classes: the experimental class uses guided inquiry model, while the control class uses conventional learning. The purpose of this research is to know the influence of inquiry model based on local potency to student retention. The method used in this research is experiment with Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. The result of the research shows that the guided inquiry model based on the potential of empty palm fruit bunches with Sig 2 tailed test results 0.01 <0.05 has an effect on student retention result.
Penggunaan model belajar yang diterapkan guru saat mengajar dapat memengaruhi kemampuan hasil belajar dan retensi siswa. Pembelajaran dari lingkungan dapat dijadikan sumber belajar kontekstual untuk memperkaya pengetahuan kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model inkuiri terbimbing, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis potensi daerah terhadap retensi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan model inkuiri terbimbing berbasis potensi daerah tandan kosong sawit dengan hasil uji Sig 2 tailed 0.01 < 0.05 berpengaruh terhadap hasil retensi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hani, W.F., Indrawati., & Subiki. (2016). Pengaruh Model Inquiry Training Disertai Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar
dan Retensi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Fisika) di MTs. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (4), 315—321.
Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3083/2481
Febriana, I., Ibrohim., & Mahanal, S. (2016). Potensi Pembelajaran Inkuiri Dalam Menumbuhkan Sikap Siswa terhadap
Lingkungan. Prosiding Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol 1. ISBN:978-602-9286-21-2,
(http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Indri-Febriana-959-969.pdf).
Hanif., Ibrohim., & Fatchur Rohman. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai Islam untuk
Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (11),
—2171. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8042/3665
Madiniah, S., & Noviar, D. (2016). Model Guided Inquiry Berbasis Scientific Approach dalam Pembelajaran IPA Biologi
Siswa SMPN 14 Yogyakarta. Jurnal BIOEDUKATIKA, 4 (1), 1—6, Retrieved from
http://journal.uad.ac.id/index.php/BIOEDUKATIKA/article/view/4733
Prabowo, D. L., Nurmiyati., & Maridi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Potensi Lokal pada Materi Ekosistem sebagai
Bahan Ajar di SMAN 1 Tanjungsari Gunungkidul. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 13 (1), 192—195, Retrieved
from http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/9616/7069
Putri, H. K., Indrawati., & I Ketut Mahardika (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Teknik Peta Konsep
Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (4), 321—326, Retrieved from
https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3084
Silmiati, N. Y. (2013). Perbandingan Retensi Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA Terpadu, Konsep Cahaya Antara Model
Pembelajaran berbasis Masalah dan Metode Pembelajaran Inkuiri, ISSN 1412-565 X, 61—68, Retrieved from
https://media.neliti.com/media/publications/139142-ID-none.pdf
Sugiyono. 2005. Metode Penelitan dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10126
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Heni Susilowati, Vandalita M.M Rambitan, Afif Ruchaemi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |