PARTISIPASI MAHASISWA GEOGRAFI TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM KAJIAN KOTA HIJAU (GREEN CITIES)

Noviani Nurkolis, Sumarmi Sumarmi, I Komang Astina

Abstract


Human activities such as the conversion of agricultural land to unsustainable development, forest burning, environmental pollution and environmental indifference are factors of environmental damage. Low knowledge of environmental conservation requires education as a forum to improve the quality of human resources to be environmentally conscious. The purpose of this research is to know the participation of geography student toward environmental conservation through model of project based learning in green city study. The research design is a quasi experiment with observation data collection techniques, interviews and questionnaires analyzed using independet sample t-test. The result of research is the participation of geography student toward environmental conservation through model of project based learning in green city study.

Aktivitas manusia seperti alih fungsi lahan pertanian menjadi pembangunan yang tidak berkelanjutan, pembakaran hutan, pencemaran lingkungan dan sikap acuh terhadap lingkungan menjadi faktor kerusakan lingkungan. Rendahnya pengetahuan terhadap pelestarian lingkungan mengharuskan pendidikan sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia agar peduli lingkungan. Tujuan penelitian untuk mengetahui partisipasi mahasiswa geografi terhadap pelestarian lingkungan melalui model project based learning dalam kajian kota hijau. Desain penelitian yaitu eksperimen semu dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan angket yang dianalisis menggunakan independet sample t-test. Hasil penelitian terdapat partisipasi mahasiswa geografi terhadap pelestarian lingkungan melalui model project based learning dalam kajian kota hijau.


Keywords


participation; environmental conservation; project based learning; partisipasi; pelestarian lingkungan; project based learning

Full Text:

PDF

References


Aprilia, N. 2016. Evaluasi Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif pada Program Adiwiyata di SMP Muhammadiyah Yogyakarta. Artikel Prosiding disajikan pada Seminar Nasional UMM pada 26 Maret 2016. Diakses pada 10 Mei 2016.

Aini, M.H., Fida Rachmadiarti., & Muji Sri Prastiwi. 2014. Penguasaan Konsep Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan siswa SMA Adiwiyata Mandiri di Kabupaten Mojokerto. Jurnal BioEdu. (Online), 3 (3):479—484, (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/issue/view/731, diakses pada 10 Mei 2017.

Hayati, W.I, dkk. Pengembangan Student Worksheet Berbasis Project Based Learning Dalam Membentuk Karakter Critical Thinking Siswa. Disajikan dalam Seminar Nasional FIS Universitas Negeri Malang 14 April 2016.

Khanafiyah dan Yulianti. 2013. Model Problem Based Instruction pada Perkuliahan Fisika Lingkungan untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan.

Komalasari, K. 2014. Pembelajaran Kontekstual Aplikasi dan Konsep. Bandung: PT. Refika Aditama.

Maryani, E. 2006. Kontribusi Pendidikan Geografi dalam Mengembangkan Modal Sosial untuk Menuju Keunggulan Berbangsa dan Bernegara. Makalah yang disajikan dalam Seminar Nasional IPS Bandung tanggal 5 Agustus 2006.

Milburn, J.F., & Cartledge Gwendolyn.1980. Teaching Social Skills to Childern. Pergamon Press Inc.

Risnani, dkk. 2016. Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan melalui One Man One Tree. Makalah yang disajikan dalam Seminar Nasional FIS Universitas Negeri Malang 14 April 2016.

Sumarmi & Amir. 2012. Geografi Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal. Malang: Aditya Media Publishing.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Tanan, N., & Suprayoga, G.B. 2015. Fasilitas Pejalan Kaki dalam Mendukung Program Pengembangan Kota Hijau. Jurnal HPJI. (Online), 1(1):17—28, (http://journal.unpar.ac.id/index.php/HPJI/article/view/1431/1376, diakses 10 Mei 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Noviani Nurkolis, Sumarmi Sumarmi, I Komang Astina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License