KONTRIBUSI KEMANDIRIAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEAHLIAN TERHADAP KINERJA PKL SISWA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI KOTA MALANG

Mumammad Ulinnuha Musthofa, Hary Suswanto, Amat Nyoto

Abstract


This study aims to determine the contribution of learning independence and learning facilities to the learning achievement of competence of expertise and its impact on the performance of street vendors SMK competence of multimedia expertise in Malang. The research design uses a quantitative approach. The number of samples used is 211 students. Data were collected with test instruments, questionnaires and documentation. Data analysis consists of prerequisite and regression test. The result of the research shows that the highest contribution is shown on the Valuable Achievement of Skill Competence (Y) on the PKL (Z) performance with the contribution value of 19.01%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstribusi kemandirian belajar, fasilitas belajar, dan prestasi belajar kompetensi keahlian terhadap kinerja PKL siswa SMK kompetensi keahlian multimedia di Kota Malang. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 211 siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen tes, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data terdiri atas uji prasyarat dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi paling tinggi ditunjukkan pada variabel prestasi belajar kompetensi keahlian (Y) terhadap kinerja PKL (Z) dengan nilai kontribusi sebesar 19,01%.


Keywords


learning independence; learning facilities; achievement; PKL performance kemandirian belajar; fasilitas belajar; prestasi; kinerja PKL

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Andu., Supari Muslim., & Munoto. (2015). Hubungan antara Prestasi Belajar, Motivasi, dan Etos Kerja dengan Kinerja Praktik Industri Siswa SMK Jurusan Mekanik Otomotif di Samarinda. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek UNESA, 3(1), 40—47. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pendidikan-vokasi-teori-dan-prak/article/view/13560/17420

Anwar, H.S. (2016). Sarana Praktikum sebagai Lingkungan Belajar yang Menumbuhkan Orientasi Pemilihan Pekerjaan Siswa SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 39(2), 163—170.

Apriyaningsih, L. (2014). Pengaruh Prestasi dan Minat mengikuti Praktik Kerja Industri terhadap Nilai Prakerein Siswa. (Unpublished master’s thesis). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Arisandi. (2015). Hubungan Kompetensi Personal, Kompetensi Sosial, Fasilitas Praktikum terhadap Motivasi Guru dan Prestasi Belajar Siswa SMK Keahlian TIPTL di Kediri. (Unpublished master’s thesis). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Asfani, K., Suswanto, H., & Prasetya, A W. (2016). Influential factors of students’ competence. World Transactions on Engineering and Technology Education, 14(3), 416—420.

Asmoro, P., Sudibyo, C., & Bugis, H. (2014). Pengaruh Prestasi Mata Diklat Produktif dan Minat Siswa Terhadap Keberhasilan Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XI Program Keahlian Mesin Perkakas di SMK Gajah Mungkur Wonogiri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Mesin, 2(4), 35—43

Badan Pusat Statistik. (2016). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 6,18 persen. Retrieved from http://www.bps.go.id/Bps/view/id/1196.

Elmasari, Y. (2015). Kontribusi Lingkungan Kerja, Kemandirian Belajar dan Tes Kemampuan Kerja terhadap Tingkat Keberhasilan Prakerin Kompetensi Keahlian TKJ SMK Se-Kabupaten Tulungagung. (Unpublished master’s thesis). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Etikasari, B., Suswanto, H., & Muladi. (2016). The Relationships of Student Critical and Creative Thinking Skills towards Capability of Installation Skill Local Area Network Competence of Vocational Student Computer and Network Engineering Program. Proceedings of the International Mechanical Engineering and Engineering Education Conferences (IMEEEC). 1—7

Handayani, S., & Sri Wening. (2016). Kajian Perolehan Kompetensi Keahlian Busana Butik Siswa SMK: Studi Kasus Prakerin di Industri Pasangan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 66—78. Doi 10.21831/jpv.v6i1.8116

Hiemstra, R. (2002). Techniques, Tools, and Resources for the Self Directed Learner. Retrieved from http://www.distance.syr.edu/sdltools.

Kamil, F. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Knowles, S. M., Holton, E.F., & Swanson, R.A. (2005). The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resources Development (6thed.). Burligton MA: Elsevier.

Kominfo. (2017). Kominfo Bekali Angkatan Kerja Muda Dengan Sertifikasi Multimedia. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/8922

Lahagu, A. (2010). Pengaruh Pemahaman Konsep dan Intensitas Pengalaman Membimbing Prakerin terhadap Kemampuan Guru SMK swasta Kristen BNKP Gunungsitoli Kabupaten Nias. (Unpublished master’s thesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Mangkunegara, A. P. (2010). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Martyasari, R., Suswanto, H., & Sukarnati. (2016). The mastery of competencies the skills students of SMK reviewed from the talent, creativity and intrinsic motivation of students. Proceedings of the International Mechanical Engineering and Engineering Education Conferences (IMEEEC), 1—8.

Muadz, A. P., Tuwoso., & Andoko. (2016). Kontribusi Kemandirian Belajar dan Keterampila Sosial terhadap Pencapaian Kompetensi Kejuruan Siswa Paket Keahlian Teknik Permesinan Kota Makassar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1806—1816. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6833/3014

Mudhifatul, U J., Suswanto, H., & Nur A H. (2016). Vocational high school student’s readiness to work in internet service provider enterprise: Based on mastery vocational competence, internship and job interest. Proceedings of the International Mechanical Engineering and Engineering Education Conferences (IMEEEC), 1—10.

Owen, J.R. & Clark, A.C. (2002). A Study of Initial Employment Characteristics Between Co-Op and Non Co-Op Comumnity College Graduates. Journal of Carrer and Technical Education, 17(2)

Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional No 40 Tahun (2008) tentang Standar Sarana dan Prasarana

Perwitasari, D. F. (2015). Hubungan Fasilitas Praktikum TKJ di Sekolah, Kesesuaian Tempat Prakerin, dan Kompetensi TKJ Siswa dan Hasil Uji Kompetensi Keahlian. Jurnal Pendidikan Sains, 1(4), 425—430. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jps.v1i

Prayuda, R., Thomas, Y., & Basri, M. (2014). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Tanjungpura, 3(8).

Rahmawati R.R. (2013). Hubungan Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran (2012)/(2013). Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosial Anthropologi, 3(1), 17—23.

Riduwan & Kuncoro, E. A. (2013). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Rivai, V., & Murni S. (2010). Education Management Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Siman & Darmawati. (2006). Manajemen Pendidikan Sistem Ganda dalam Peningkatkan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Forum Pendidikan, 3(2), 143—147.

Suswanto, H., Asfani, K., & Prasetya, A. W. (2016). Contribution of Teaching Performance, Learning Satisfaction and Achievement Motivation to Students’ Competence Achievement. Global Journal of Engineering Education, 19(1), 66—71. Retrieved from http://wiete.com.au/journals/GJEE/Publish/vol19no1/10-Wibawa-A.pdf

Suyati. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Matakuliah Keterampilan Dasar Praktik Klinik. Jurnal Eduhealth Unipdu, 2(2). Retrieved from http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/eduhealth/article/view/235

Song L. & Hill J.R. (2007). A Conceptual Model for Understanding Self-Directed Learning in Online Environments. Journal of Interactive Online Learning, 6(1), 28—30.

Widhi, P. (2015). Hubungan Antara Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif, Kinerja Guru Pembimbing, dan Kinerja Pembimbing di Industri dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan. Journal Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, 3(2), 47—54.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Mumammad Ulinnuha Musthofa, Hary Suswanto, Amat Nyoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License