UJI KELAYAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENELITIAN PENGARUH KONSENTRASI GIBERELIN TERHADAP KERAGAAN GALUR-GALUR KEDELAI TAHAN CpMMV

Dyah Kusuma Wardhani Syakhbikhisma Arsy, Siti Zubaidah, Heru Kuswantoro

Abstract


This research aims to know the validity off lesson plant, developed based on the research of the effect of gibberellin concentration on resistant soybean strains CpMMV. This research is a study of learning device development using ADDIE development model. Product development then through validation test by three experts, material experts, equipment development experts and user experts. The validity test is then analyzed descriptively. The result of this research is based on validity test from three experts that have been mentioned product of device development in the form of syllabus, RPP and LKS get average score between 3—4 with good category until very good. Percentage eligibility on all products ranges from 70.1% to 100%. The results show that learning tools developed in categories are valid or viable and can be used with little revision.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis penelitian pengaruh konsentrasi giberelin terhadap galur-galur kedelai tahan CpMMV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk pengembangan kemudian melalui uji validasi oleh tiga ahli, yakni ahli materi, ahli pengembangan perangkat dan ahli pengguna. Hasil uji kelayakan kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini yakni berdasarkan uji kelayakan dari tiga ahli yang telah disebutkan produk pengembangan perangkat berupa silabus, RPP, dan bahan ajar berupa LKS mendapatkan rata-rata skor antara 3—4 dengan kategori baik hingga sangat baik. Persentase kelayakan pada semua produk berkisar antara 70,1 % hingga 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori valid atau layak dan dapat digunakan dengan sedikit revisi.


Keywords


feasibility test; learning media; research-based; uji kelayakan; perangkat pembelajaran; berbasis penelitian

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Alakhder, H. H., Zeinab. E. G., & Rabie, E. M. 2015. Evaluation Some Genotype of Soybeans Yield under Pest Infestation.

International Journal of Scientific Research in Agricultural Sciences, 2: 7—17.

Brian, P. W. 2008. Effect of Gibberellins on Plant Growth and Development. Journal Biol Rev, 34 :37—77.

Daryanto & Dwicahyo, A. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Davis, G.B. 2013. Perangkat Pembelajaran. Terjemahan Elok Dianike. 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kuswantoro, H., Zubaidah, S., & Saleh, N. 2009. Keragaan Genotipe Kedelai Lokal Jawa Timur terhadap serangan CPMMV.

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi Tahun. Balai Penelitian Aneka Umbi dan

Kacang-Kacangan. Malang, Indonesia.

Lywellyn, D. 2013. Teaching High School Science Throught Inquiry and Argumentation. California: A Sage Company.

International Researchcher, 2 (1):276—282.

Mulyasa, E. 2014. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurina., Masjhudi., & Tenzer, A. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Siklus Belajar 5E Berbasis

Konstruktivisme pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia Kelas XI SMA. (Online)

(http://jurnaonline.um.ac.id/data/artikel/43456-EAD 6543.pd, diakses 18 Mei 2017).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan Indonesia. (Online). (http://bsnp-indonesia.org/id/wp-contwnt/upload/prosespermen41 th-2007.pdf).

Sanjaya, W. 2013a. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Widyaningrum, D. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekosistem dengan Metode Inkuiri Terbimbing Berbantu

Multimedia Konseptual untuk Mengembangkan Ketrampilan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 26

Malang Kelas VII Semester II. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Zubaidah, S., Aloysius Duran Corebima., & Heru Kuswantoro. 2010. Pembentukan Varietas Unggul Kedelai tahan CPMMV (Cowpea Mild Mottle Virus) umur <80 hari berdaya hasil tinggi (potensi hasil >2,5 t/ha) dan kehilangan hasil <10%. Ringkasan Eksekutif Hasil-Hasil Penelitian Tahun. 2010. Universitas Negeri Malang.

Zubaidah, S., Lia Yuliati., & Susriyati Mahanal. 2013. Model dan Metode Pembelajaran SMP IPA. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dyah Kusuma Wardhani Syakhbikhisma Arsy, Siti Zubaidah, Heru Kuswantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License