Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Rachman Evendy, Sumarmi Sumarmi, I Komang Astina

Abstract


This research to know feasibility of students worksheets based contextual teaching and learning to the matter wisdom in the use of natural resources. The research is research development use the model development Borg & Gall simplified to seven stage. Based on the research results show that students worksheets based contextual teaching and learning being used in learning geography. The results of the tryouts group small (83,75%) and great clusters (83,54). Study results students do students worksheets in the task of the groups (90,31) and duty individual (83,45). Referring to scores it can be said that students worksheets developed suitable and capable of being understood by students.

Penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dari lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahapan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa berbasis kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran geografi. Hasil uji coba kelompok kecil (83,75%) dan kelompok besar (83,54). Hasil belajar siswa mengerjakan lember kerja siswa pada tugas kelompok (90,31) dan tugas individu (83,45). Mengacu pada hasil penilaian tersebut dapat dikatakan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan layak dan mampu dipahami oleh siswa.


Keywords


student worksheet; contextual learning; wisdom in utilization; natural resources; lembar kerja siswa; pembelajaran kontekstual; kearifan dalam pemanfaatan; sumber daya alam

Full Text:

PDF

References


Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Education Research: An Introduction 4th Edition. London: Longman Inc.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Atas.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Fathurrohman, P., & Sutikno, S. (2009). Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam. Bandung: Refika Aditama.

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Riduwan., & Sunarto. (2013). Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Samahah, N., & Novita, D. (2016). Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Kontekstual untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Chemical Education, 5(1), 1—8. Retrieved from file:///C:/Users/PASCAS~1/AppData/Local/Temp/14442-18437-1-PB-1.pdf.

Setyowati, E. (2011). Pengembangan Modul Multimedia Pengelolaan Sampah Berwawasan Sains, Teknologi, dan Masyarakat sebagai Upaya untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Peserta Didik. (Disertasi tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rachman Evendy, Sumarmi Sumarmi, I Komang Astina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License