Pengaruh Gender terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi

Suprapto Suprapto, Siti Zubaidah, Aloysius Duran Corebima

Abstract


This study aims to determine the effect of gender on the creative thinking skills of senior high school students on Biology learning. The research design used is quantitative research. The population is all students of class XI IPA in SMA Negeri 1 Babat and SMA Negeri 1 Kedungpring, Lamongan District. The sample is the students of class XI IPA-6, XI IPA-7 SMA Negeri 1 Babat and XI IPA-1, XI IPA-5 SMA Negeri 1 Kedungpring consisting of 51 male students and 77 female students. Based on data analysis result with single anakova test obtained F count the influence of gender to creative thinking skill of student is equal to 3,026 with p-count 0,084 > 0,05. These results indicate that H1 which reads that there is gender difference to students 'creative thinking skill is rejected, so it can be concluded that gender has no effect on students' creative thinking skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gender terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMA pada pembelajaran Biologi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Babat dan SMA Negeri 1 Kedungpring, Kabupaten Lamongan. Sampel adalah siswa kelas XI IPA-6, XI IPA-7 SMA Negeri 1 Babat dan XI IPA-1, XI IPA-5 SMA Negeri 1 Kedungpring yang terdiri atas 51 siswa laki-laki dan 77 siswa perempuan. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji anakova tunggal diperoleh F hitung pengaruh gender terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa sebesar 3,026 dengan p-hitung 0,084 > 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H1 yang berbunyi ada perbedaan gender terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa ditolak, sehingga dapat disimpulkan gender tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa.


Keywords


gender; creative thinking skills; gender; keterampilan berpikir kreatif

Full Text:

PDF

References


Abraham, A. (2016). Gender and Creativity: An Overview of Psychological and Neuroscinetific Literature. Brain Imaging and

Behavior, 10(2), 609—618. DOI https://doi.org/10.1007/s11682-015-9410-8

Asmara, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendekatan TASC (Thinking Actively Social Context) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills. California: Corwin a Sage Company.

Hu, W. & Adey, P. 2002. A Scientific Creativity test for Secondary School Students. International Journal of Science Education, 24(4), 389—403. https://doi.org/10.1080/09500690110098912.

Johnson, E. B. (2014). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengasyikkan dan Bermakna. (Ibnu Setiawan, Translator). Bandung: Kaifa.

Kemendikbud. (2016). Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kusuma, A. S. H. M. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA dipadu TPS dan Perbedaan Gender terhadap Keterampilan Bertanya, Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif, Pembentukan Karakter dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kota Malang. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan. Edisi 5 Jilid 1. (Harya Bhimasena Translator). Jakarta: Salemba Humanika.

Munandar, U. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.

Mustami, M. K. (2007). Pengaruh Model Pembelajaran Synectics yang dipadu MIND MAPS dan Kooperatif STAD terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Sikap Kreatif, dan Penguasaan Materi Biologi Siswa SMP Kota Makassar. (Disertasi tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Robitah, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Inquiri dan Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Keterampilan Proses Ilmiah, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Siswati, B. H. (2016). Pengaruh Gender terhadap Keterampilan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Peserta Didik IPA dan Biologi di Malang. Prosiding Seminar Nasional IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 1, 748—755.

Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajawali Press.

Sulistiyono, E. (2017). Pengaruh Metode Speed Reading dipadu dengan Metode Mind Mapping dan Gender terhadap Keterampilan Berpikir kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X pada Materi Biologi di SMA Swasta Kota Surabaya. (Tesis tidak diterbitkan). Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Sunito, I., Sukarjo, M., Masribi, Syukur, R., Latifah, U., Fakhruddin, M., Chudori, A., Komarudin, U., & Syarif, I. (2013). Metaphorming: Beberapa Strategi Berpikir Kreatif. Jakarta: Indeks.

Syarifah, H., Indriwati, S.E., & Corebima, A. D. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dipadu Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Laki-laki dan Perempuan SMAN di Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 801—805. Retrieved from journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/6259/2675.

Ülger, K., & Morsünbül, Ü. (2016). The Differences in Creative Thinking: The Comparison of Male and Female Students. The Online Journal of Counseling and Education, 5(4), 1—12. Retrieved from http://www.tojce.com/frontend//articles/pdf/v5i4/1-12-ulger-morsunbulpdf.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Suprapto Suprapto, Siti Zubaidah, Aloysius Duran Corebima

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License