Pembelajaran Ekonomi di Pondok Pesantren

Ayuniva Recinta Nuraeny Putri, Wahjoedi Wahjoedi, Agung Haryono

Abstract


This study aims to describe economic learning in Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Trenggalek Regency. The method used is qualitative approach. The results of this study indicate that the economic learning process starts from the acquisition of insights about the production, distribution, and consumption derived from the cottage environment. From these insights formed the attitude and behavior of the santri. Economic learning process is influenced by boarding school environment. The santri give a positive meaning to the economic learning. Based on the results of the study is expected Pondok Pesantren Hidayatut Thullab provide expertise to the students of the cottage in order to work more leverage.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran ekonomi di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Kabupaten Trenggalek. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran ekonomi dimulai dari perolehan wawasan tentang produksi, distribusi, dan konsumsi yang berasal dari lingkungan pondok. Dari wawasan tersebut terbentuklah sikap serta perilaku para santri. Proses pembelajaran ekonomi dipengaruhi oleh lingkungan pondok pesantren. Para santri memberikan makna positif terhadap pembelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan Pondok Pesantren Hidayatut Thullab memberikan keahlian kepada para santri dari dalam pondok agar dapat bekerja lebih maksimal.

Keywords


economic learning; Islamic boarding school; pembelajaran ekonomi; pondok pesantren

Full Text:

PDF

References


Arifin, I. (1992). Kepemimpinan Kyai dalam Sistem Pengajaran Kitab-kitab Islam Klasik, Studi Kasus Pondok Pesantren Tebuireng (Tesis tidak diterbitkan). Program Pascasarjana IKIP Malang, Malang.

Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.

Halim, A., Suhartini, Rr., Arif, M. C., & Sunarto, A. (2005). Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Hartshorn, T.A., & Alexander, J. W. (1988). Economic Geography. New Jersey: Prentice Hall.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2016). Saatnya Santri membangun Indonesia. Diperoleh dari http://ristekdikti.go.id/saatnya-santri-membangun-indonesia/

Madjid, N. (2002). Atas Nama Pengalaman Beragama dan Berbangsa di Masa Transisi. Jakarta: Paramadina.

Muchtarom, Z. (1988). Santri dan Abangan di Jawa. Jakarta: INIS.

Siswadi. (1997). Strategi Pelaksanaan Pendidikan dengan Model Belajar Sambil Bekerja di Pesantren Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek (Tesis tidak diterbitkan). Program Pascasarjana IKIP Malang, Malang.

Triastuti, S., Mulyadi., & Fauziah, P. (2012). Peranan Panti Asuhan dalam Pemberdayaan Anak melalui Keterampilan Sablon. Jurnal Diklus, 16(2), 120—133. Diperoleh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/3142/2637.

Umiarso, & Zazin, N. (2011). Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren. Semarang: Rasail Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan. Diperoleh dari http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf.

Wahjoedi. (2015). Merehabilitasi Pendidikan Ekonomi, Memperkuat Jati Diri Perekonomian Indonesia. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi pada Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Wibowo, U. B. (2008). Output Lembaga Pendidikan dalam Perspektif Ekonomi Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(4), 17—30. Diperoleh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/4101/3554.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ayuniva Recinta Nuraeny Putri, Wahjoedi Wahjoedi, Agung Haryono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License