Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Halma terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Materi Bunyi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Dwi Wahyu Listyarini, Abdur Rahman As’ari, Furaidah Furaidah

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to know the effect of the use learning models TGT assisted game halma to interest and learning outcomes of fourth graders on sound material. The results of this research indicate that the learning model TGT assisted game halma affect the interest and learning outcomes of students of class IV on sound material.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT berbantuan permainan halma terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi bunyi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan permainan halma berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi bunyi.


Keywords


teams games tournament model; halma games; interests and learning outcomes; model pembelajaran TGT; permainan halma; minat dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiastuti, S.A., Mardiyana., & Triyanto. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dan Team Assisted Individualization pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Minat Belajar Matematika Siswa SMK di Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1 (4), 973—981. Diperoleh dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3514/2448.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.

Karina, Y. D., Haryono., & Ariani, S. R. D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran TGT Dilengkapi Teka-Teki Silang dan Kartu untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Koloid Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Banyudono. Jurnal Pendidikan Kimia, 3 (3), 82—88. Diperoleh dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/download/4255/3000.

Masluroh, H. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika melalui Pendekatan Kooperatif Tipe TGT dengan Gerakan Brain Gym di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1 (2), 141—149. Diperoleh dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/1562.

Ormrod, J. E. (2003). Educational Psychology. New Jersey: Pearson Education.

Prasetyaningrum, D., Martini, K.S., & Susilowati, E. (2013). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Disertai Media Kartu Soal dan Roda Impian terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (3), 122—129. Diperoleh dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/download/2594/1828.

Prasetyono, D. S. (2015). Buku Tutorial Game-Game Kecerdasan. Yogyakarta: DIVA Press.

Purnamawati, H., Ashadi., & Susilowati, E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Media Kartu dan Ular Tangga Ditinjau dari Kemampuan Analisis Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Reaksi Redoks Kelas X Semester 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia, 3 (4), 100—108. Diperoleh dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4549/3126.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wasti, S., Rahmiati., & Izwerni. (2013). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Home Economic and Tourism Journal, 2 (1), 1—14. Diperoleh dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jhet/article/download/1032/869.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.10930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dwi Wahyu Listyarini, Abdur Rahman As’ari, Furaidah Furaidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License