Efektivitas Media Pembelajaran Geography Critical Game Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran Geografi SMA

Windya Wahyu Lestari, Sugeng Utaya, Singgih Susilo

Abstract


Abstract: Geographic learning in Senior High School is less motivating, because there is no proper learning media. The learners need appropriate learning media especially on the material dynamics of population in Indonesia. One of the appropriate learning media is Geography Critical Game learning media based computer. The learning media is needed to study the effectiviness of learning in geography, so that students are motivated to learn geography. This research conducted by product test, then presented in descriptive technique. Based on test result, it can be concluded that Geography Critical Game learning media based computer is effective and able to be used in geographic learning for Senior High School.

Abstrak: Pembelajaran geografi di SMA kurang memotivasi, karena belum adanya media pembelajaran yang tepat. Peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang tepat, khususnya pada materi dinamika kependudukan di Indonesia. Salah satu media pembelajaran yang tepat digunakan pada materi tersebut ialah media pembelajaran Geography Critical Game berbasis komputer. Media pembelajaran tersebut diperlukan kajian untuk mengetahui keefektifan dalam pembelajaran geografi, sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar geografi. Penelitian ini dilakukan dengan uji coba produk, kemudian dipaparkan dengan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Geography Critical Game berbasis komputer ini efektif dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran geografi SMA.


Keywords


geography learning; instructional media; pembelajaran geografi; media pembelajaran; geography critical game

Full Text:

PDF

References


Abdillah, I., & Sudrajat, D. (2014). Pengembangan Permainan Ular Tangga pada Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDN Majalengka Wetan VII. Jurnal Online ICT-STMIK IKML, 11(1), 85—90.

Afandi, A., Mardji., & Wibawondo,S. (2017). Pembelajaran Berbantu Komputer pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator untuk Meningkatkan Pengetahuan dan keterampilan Siswa SMK Kelas XI Teknik Elektronika Industri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 206—211.

Agate. (2015). Geographiea, Game Edukasi Pengetahuan Peta Buta Indonesia:Karya Pengembang Media Dari Yogya. HarianTI.COM. 29 Juli 2017. http://harianti.com/geographiea-game-edukasi-pengetahuan-peta-buta-Indonesia-Agate Yogya//html.

Andita, S., Martutik., & Kusubakti, A. (2018). Pengembangan Media Berbasis Permainan Edukatif pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 107—114.

Ariawan, B., Muhsetyo, G., & Qohar. A. (2017). Pengembangan Edutainment Multimedia untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Program Linier Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 780—789.

Burguillo, JC. 2010. Using game theory and competition-based learning to stimulate student motivation and performance Computers & Education, 5(2), 566—575.

Hanim., F., Sumarmi., & Amirudin. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 752—757.

Irmawati., I Nyoman, S. D., & Djatmika, T. E. (2017). Multimedia Pembelajaran IPS Materi Kondisi Geografis Wilayah Indonesia Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2(5), 604—609.

Jenks, M.S., & Springer, J. M., (2009). View of the research of Efficacy of CAI. Electronic Journal for The Integration of Technology In Education, 1, (2).

Miskowati. (2013). Pembangunan Media Pembelajaran Geografi untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karangpandan Berbasis Multimedia Interaktif. Indonesian Jurnal on Computer Science-Speed (IJCSS)10(6), 15.

Purwita, N. P. (2012). Pengembangan Multimedia pada Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas X Topik Hidrosfer. Tesis tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Prasetyo, T. A. (2015). Pengembangan Multimedia Materi Pembentukan Bumi untuk Siswa SMA. Disertasi tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Rahmawati, S., I., Roekhan,. & Nurchasanah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1323—1329.

Rakhmawati, I., Iragiliati, E., & Rachmajanti, S. (2016). Developing Supplementary Multimedia Based Listening Materials for The Seventh Graders. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 940—947.

Safantha, I. R. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS Materi Fenomena Antroposfer dan Aspek Kependudukan. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Siagian. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5, (1), 1—3.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i10.11600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Windya Wahyu Lestari, Sugeng Utaya, Singgih Susilo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License