Analisis Nilai-nilai Karakter Hasil Karya Menulis Kreatif Siswa

Eka Mufidah Nur Jannah, Heri Suwignyo, Titik Harsiati

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to describe the character values in the creativity of students writing fable stories. This study used a descriptive qualitative design with a type of text analysis. The tex analyzed was created by students writing fable stories. The results show of the analysis show five character values in the work of students writing stories. These five values consist of values that are socially caring, friendly/communicative, hard work, creative, and peaceful. Creative writing is telling events that have been experienced by using imagination then poured in the writing. Writing activities require reading skills. The reading used is the story of fables. Fable stories contain moral values in life that can add student knowledge.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai karakter dalam hasil cipta siswa menulis cerita fabel. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan jenis analisis teks. Teks yang dianalisis adalah hasil karya siswa menulis cerita fabel. Hasil analisis menunjukkan lima nilai karakter dalam karya siswa menulis cerita. Lima nilai tersebut, meliputi nilai peduli sosial, bersahabat/komunikatif, kerja keras, kreatif, dan cinta damai. Menulis kreatif adalah menceritakan peristiwa yang pernah dialami dengan memanfaatkan imajinasi kemudian dituangkan dalam sebuah tulisan. Kegiatan menulis membutuhkan keterampilan membaca. Bacaan yang digunakan adalah cerita fabel. Cerita fabel memuat nilai-nilai moral dalam kehidupan yang dapat menambahkan pengetahuan siswa.


Keywords


character value; creative writing; reading material; fable story; nilai karakter; menulis kreatif; bahan bacaan; cerita fabel

Full Text:

PDF

References


Asriani, P., Sa'dijah., & Akbar, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter uzantuk. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1456–1468.

Badan Standar Nasional. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional di Abad 21. Jakarta: BSNP.

Erlfindri, dkk. (2012). Pendidikan Karakter, Kerangka, Metode dan Aplikasi untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.

Fathurrohman, P. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hoge, J. D. (2002). Character Education, Citizenship Education, and the Social Studies AU - Hoge, John Douglas. The Social Studies, 93(3), 103–108. https://doi.org/10.1080/00377990209599891

Hurlock, E. B. (2008). Perkembangan Anak (Terjemahan dari Med. Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasi). Jakarta: Erlangga.

Kaelan. (2008). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Kette, E. S. S., Pratiwi, Y., & Sunoto, S. (2016). Pengembangan Bahan Pelatihan Menulis Cerita Pendek Bermuatan Nilai Karakter untuk Guru SMP Negeri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Se-Kota Kupang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 698–704.

Kusmayadi., Suyitno, I., & Maryaeni. (2017). Pengembangan Multimedia Cerita Rakyat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 902–909.

Moleong, J. L. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Narwanti, S. (2012). Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Jakarta: Familia.

Nielsen, T. W. (2003). Rudolf Steiner’s Pedagogy of Imagination: A Phenomenological Case Study. International Conference on Imagination in Education, 29.

Noor, R. M. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurgiyantoro. (2010a). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro. (2010b). Sastra Anak:Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rachmawati, Y., & Kurniawati, E. (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Rahayu, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Strategi Rekayasa Teks. Jurnal Pendidikan, 27, 345–355. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/bhs.v27i4.5706

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet dan Video sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243.

Ridwan, M. H., & Mudiono, A. (2017). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Jurnal Wahana Sekolah Dasar, 25(1), 1-7.

Sahlan, A., & Prasetyo, A. T. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudrajad, A. (2010). Pendidikan Karakter. Retrieved from http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/08/20/pendidikan-karakter-di-mp/

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Thomlinson, C., & Brown, C. (2002). Essential’s of Children’s Literature. Boston: Pearson Education Company.

Tucker, N. (1991). The Children Book: A Psychological and Literaly Exploration. New York: Cambridge University Press.

Wachidah, L. R., Suwignyo, H., & Widiati, N. (2017). Rakyat Sebagai Bahan Bacaan Literasi Moral. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 894–901.

Wulananda, R., Saryono, D., & Suwignyo, H. (2016). Tersedia secara online EISSN: 2502-471X Estetika Profetik Novel Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan Karya Tasaro G. K. sebagai Sumber Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1350–1363.

Zhu, X., Xu, Z., & Khot, T. (2009). How creative is your writing? A linguistic creativity measure from computer science and cognitive psychology perspectives. Proc. of the Workshop on Computational Approaches to Linguistic Creativity - CALC ’09, (June), 87–93. https://doi.org/10.3115/1642011.1642023




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Eka Mufidah Nur Jannah, Heri Suwignyo, Titik Harsiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License