Penggunaan Media Peta Berbasis Web untuk Pembelajaran Geografi SMA

Diah Wijayanti, I Komang Astina, Syamsul Bachri

Abstract


Abstract: This study aims to produce web-based map learning media and determine the level of media effectiveness in geography subjects in class XI IPS. This research is a research and development that tends to produce products. The resulting product is a web-based map learning media. The instrument used was a questionnaire. This research was conducted with the ADDIE development model. The validation test results are 75%, meaning the media is valid and can be tested. The results of student trials reached a score of 80% and the results of teacher trials reached a score of 83.3%. The trial results indicate an effective level, meaning the media is suitable to be used.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran peta berbasis web dan mengetahui tingkat keefektifan media pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS. Penelitian ini merupakan research and development yang berkecendurungan menghasilkan produk. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran peta berbasis web. Instrumen yang digunakan adalah angket. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE. Hasil uji validasi sebesar 75%, berarti media valid dan dapat dilakukan uji coba. Hasil uji coba siswa mencapai skor 80% dan hasil uji coba guru mencapai skor 83,3%. Hasil uji coba menunjukkan tingkat efektif, berarti media layak dipergunakan.

Keywords


learning media; web based map; geography; media pembelajaran; peta berbasis web; geografi

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (2010). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Cholid, A. A., Elmunsyah, H., & Patmanthara, S. (2016). Pengembangan Model Web Based Learning pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Paket Keahlian TKJ pada SMKN Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 961–970.

Evendy, R., Sumarmi, & Astina, I. K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 271–277.

Nadlah, I. (2011). Penerapan Media Pembelajaran Bervariasi dapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Materi Saling Ketergantungan dalam Ekosistem pada Siswa Kelas VIID SMPN 40 Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 28(1), 48–53.

Putri, C., Corebima, A. D., & Lestari, S. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Berbasis Web pada Materi Biologi Semester Genap untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batu. Jurnal Pendidikan Hayati, 1–6.

Rahayu, D., Pratikto, H., & Rahayu, W. P. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Karakter pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 2(3), 225–232.

Rahmawati, I. S., Roekhan, & Nurchasanah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1323–1329.

Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengukur Hasil Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Penelitian: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 1008–1016.

Sulfiah, U., & Sulisworo, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Kontekstual menggunakan Komik Fisika untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VII pada Pokok Bahasan Kalor. Jurnal Berkala Fisika Indonesia, 8(2), 31–37.

Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis IT. Jurnal Sejarah dan Budaya, 10(2), 186-196.

Syafiudin, M., Sumarmi., & Astina, I. K. (2016). Pengembangan Modul Geografi Pariwisata dengan Project Based Learning untuk Materi Ekowisata Pesisir dan Laut di Program Studi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 347–353.

Utomo, D. H. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Meteorologi-Klimatologi Berdasarkan Brain Based Learning. Universitas Negeri Malang.

Wahyuningsih, D., & Budiningsih, C. A. (2014). Implementasi Blended Learning By The Constructive Approach (BLCA) dalam Pembelajaran Interaksi Manusia dan Komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 15-27. DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v1i1.2456

Widiyaningtyas, T., & Widiatmoko, A. (2014). Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Teknologi, 21, 47–51.

Yusuf, H., Yarmaidi., & Miswar, D. (2015). Pemetaan Objek Wisata Alam Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2015. Jurnal Penelitian Geografi, 3(2), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Diah Wijayanti, I Komang Astina, Syamsul Bachri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License