Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Berdasarkan Hasil Penelitian pada Materi Sistem Reproduksi

Nosi Qadariah, Sri Rahayu Lestari, Fatchur Rohman

Abstract


Abstrack: One of the causes of student’s low understanding of reproductive system material is that there are no learning resources available. This research was aimed to produce guided inquiry based module based on the results of research that is valid and practical. ADDIE (Analyze, design, develop, implement, and evaluate) developing model is used in this research. Qualitative and quantitative data are used in the study. The resulting module is very valid and very practical with the validation value by material 92,43%, media 92,43%, field practitioners 95,7%, and practicality 91,3%.Abstrak: Salah satu penyebab rendahnya pemahaman mahasiswa tentang materi sistem reproduksi yaitu tidak tersedia sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan hasil penelitian pada materi sistem reproduksi yang valid dan praktis. ADDIE (analyze, design, develop, implement, and evaluate) adalah model pengembangan yang digunakan pada penelitian. Data kualitatif dan kuantitatif digunakan pada penelitian. Modul dikategorikan sangat valid dan sangat praktis dengan nilai validasi materi 94,84%, media 92,43%, praktisi lapangan 95,7%, dan kepraktisan 91,3%.

Keywords


guided inquiry; research result; reproduction system; inkuiri terbimbing; hasil penelitian; sistem reproduksi

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N., & Purwoko. (2011). Meningkatan Hasil Belajar Mahasiswa menggunakan Modul. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(5), 393–400.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Amin, M. (2010). Hasil-hasil Penelitian Bidang Biologi dalam Pembelajaran (pp. 12–18). Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Andika, I. M., Suadnyana, I. N., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri melalui Diskusi Kelompok Kecil terhadap Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V SD Gugus 6 Batubulan. Mimbar PGSD Undhiksa, 2(1), 1–12.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Perasada Press.

Belawati, J. (2003). Pengembangan Bahan Ajar Edisi Kesatu. Jakarta: Pusat Penelitian Universitas Terbuka.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer New York Dordecht Heidelberg.

Chiin, & Malhotra. (2002). Epistemologically Authentic Inquiry in Schools: A Theoretical Framework for Evaluating Inquiry Tasks. Science Education, 175–218.

Darini, N. M., Martha, N., & Artawan, G. (2013). Analisis Kualitas Tes Sumatif Bahasa Indonesia Kelas VIII SMPN 8 Denpasar Semester Genap Tahun 2012. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2(19).

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Faot, M. M., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2016). Pengembangan Modul Teknik Budidaya Tanaman Kedelai sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pendidikan, 1(7), 1421–1426.

Fitriani, E. (2017). Pengaruh Model Inquiry Learning Berbasis Assesment Kinerja terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Peredaran Darah Peserta Didik Kelas XI di SMA N 8 Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Institut Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Fitro, S. E. (2014). Pengembangan Multemedia Interaktif Teknologi Hibridoma untuk Matakuliah Bioteknologi di Universitas Negeri Malang. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Heri, E. A. (2014). Pengembangan Modul Latihan Keterampilan Proses Sains untuk SMA/MA kelas X pada Materi Kinematika Gerak. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Hidayat, S., Festiyed, & Fauzi, A. (2012). Pengaruh Pemberian Assessment Essay terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Ekspositori dan Inkuiri di Kelas XI IA SMA N 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 1–14.

Karnes, F. A., & Bean, S. M. (2009). Methods and Materials for Teaching the Gifted (third). United States of America: Prufrock Press Inc.

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran. Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Llewellyn, D. J. (2013). Teaching High School Science through Inquiry and Argumentation. USA: Corwin.

Mahfudhillah, H. T., & Al-Muhdhar, M. H. I., & Sueb. (2017). Pengembangan Modul Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 400–408.

Mbulu, J. (2001). Pengajaran Individual. Malang: Elang Mas.

Oktavia, I., Sumitro, S. B., & Lestari, U. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penelitian Karakteristik Protein Membran

Sperma pada Matakuliah Bioteknologi. Florea, 2(2), 33–42.

Parmin, & Peniati, E. (2012). Pengembangan Modul Matakuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Unnes Journal of Biology Education, 1(1), 8–15.

Peffer, M. E., Beckler, M. L., Schunn, C., Renken, M., & Revak, A. (2015). Science Classroom Inquiry (SCI) Simulations: A Novel Method to Scaffold Science Learning. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0120638

Permadi, B. A. (2016). Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Islam dan Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VI MIN Seduri Mojokerto. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Pratama, D. R., Widiyatmoko, A., & Wusqo, I. U. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berpendekatan SETS terhadap Hasil Belajar dan Kemandirian Peserta Didik Kelas VII SMP. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1366–1378.

Rizqiana, F. A., Widodo, A. T., & Supardi, K. I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Pendekatan Investigasi untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Materi Koloid. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 75–94.

Sari, T. D., & Isnur, S. H. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik untuk Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TIPTIL SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 621–627.

Seeley, R. R., Stephens, T. D., & Tate, P. (2008). Anayomy & Fisiology: Eighth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.

Siddiq, M. D. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Siswanto. (2006). Penggunaan Tes Essay Dalam Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5(1), 55–61.

Sudjana, N., & Rivai., A. (2009). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susanti, E. (2016). Glosarium Kosakata Bahasa Indonesia dalam Ragam Media Sosial. Dialektika, 3(2), 229–250.

Susongko, P. (2010). Perbandingan Keefektifan Bentuk Tes Uraian dan Teslet dengan Penerapan Graded Response Model (GRM). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 14(3), 269–288.

Yahya, I. (2010). Manajemen Empat Langkah dalam Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Riset: Sebuah Pengalaman dari Perkuliahan Akustik. Disajikan pada Pelatihan Penulisan Buku Ajar Berbasis Riset. In Semarang (Ed.). LPPM UNS.

Yaomi, M. (2013). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: PT Kencana.

Yuanda, R. Y., & Ristiono, F. M. (2017). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Metakognisi tentang Materi Sistem Koordinasi yang Dilengkapi Peta Konsep untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Bioeducation Jurnal, 1(1), 74–87.

Zulfadli. (2017). Pengembangan Modul Biologi pada Materi Ekosistem Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kota Tarakan. Jurnal Bionature, 17(1), 63–67.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nosi Qadariah, Sri Rahayu Lestari, Fatchur Rohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License