Media Penginderaan Jauh Berbasis Android dalam Pembelajaran Geografi SMA

Falik Wardana, Sugeng Utaya, Syamsul Bachri

Abstract


Abstract: This research aims to determine the effectiveness of instructional media on Remote Sensing. Research on this multimedia following the steps Borg and Gall are modified, then have seven steps as needed. The effectiveness of media views of testing of products and comprehension test. The results of field trials demonstrate the effectiveness of the product amounted to 83.1% comprising the display aspect, materials, operations and language. In addition, the results of comprehension test by the students achieved a score with an average of 81.7 with a minimum completeness criteria 78. The level of school effectiveness and comprehension test scores can be categorized so effective that multimedia products eligible for use in learning.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran pada materi Penginderaan Jauh. Penelitian terhadap multimedia mengikuti langkah-langkah Borg & Gall yang dimodifikasi, kemudian dipilih tujuh langkah disesuaikan dengan kebutuhan. Tingkat keefektifan media dilihat dari uji coba produk dan tes pemahaman. Hasil uji coba lapangan menunjukkan tingkat keefektifan produk sebesar 83,1% yang terdiri dari aspek tampilan, materi, pengoperasian dan bahasa. Selain itu hasil tes pemahaman oleh siswa mencapai skor dengan rata-rata sebesar 81,7 dengan kriteria ketuntasan minimal sekolah 78. Tingkat kefektifan dan skor tes pemahaman tersebut dapat dikategorikan sangat efektif sehingga produk multimedia layak digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


remote sensing; geography learning; high school student; penginderaan jauh; pembelajaran geografi; siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. A., Mardji., & Wibawanto, S. (2017). Pembelajaran Berbantu Komputer pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa SMK Kelas XI Teknik Elektronika Industri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 206–211.

Ahda, Z. Z. (2016). Developing Audio-visual Media of Fables and Folktales for English Speaking Activity In Junior High School Classroom. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1969–1980.

Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guide Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1120–1126.

Anditasari, R., Martutik, M., & Andajani, K. (2018). Pengembangan Media Berbasis Permainan Edukatif pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 107–114.

Andrasmoro, D., & Ratri, D. A. (2010). Kendala Guru Geografi dalam Pengembangan Pembelajaran Penginderaan Jauh (Remote Sensing) dan SIG (Sistem Informasi Geografi) di Lingkungan SMA Kelas XII Kabupaten Sragen.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gang Persada (GP) Press.

Chumaidi, A. C., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Biologi Kelas X Semester II di SMA Wahid Hasyim Model Lamongan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 507–520.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. London: Longman Publishing.

Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 468–474.

Irmawati, I., Degeng, I. N. S., & Djatmika, E. T. (2017). Multimedia Pembelajaran IPS Materi Kondisi Geografis Wilayah Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 604–609.

Kustandi, C., & Sujipto, B. (2013). Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lestari, W. W., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Geography Critical Game Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran Geografi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(10), 1265–1269.

Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Ningsih, N. A., Suwarni, N., & Utami, R. K. S. (2016). Kendala Guru Mengajar Penginderaan Jauh di SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun Pembelajaran 2014-2015. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 4(2), 1–10.

Prananta, Y. R., Setyosari, P., & Santoso, A. (2017). Pengembangan Media Boneka Tangan Berbasis Digital Storytelling. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 627–636.

Putri, A. E. (2015). Pengembangan Multimedia Peta Tematik Digital pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA untuk Topik Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Rahmawati, I. S., Roekhan, R., & Nurchasanah, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1323–1329.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Sasongko, G. W., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Game sebagai Media Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X Jurusan Multimedia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 1017–1023.

Triastuti, D., & Irawan, E. B. (2017). Pengembangan Media Papan Permainan Panjat Pinang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1344–1350.

Umar, U. (2017). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131–144.

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1024–1029.

Zain, I. M., Utami, W. S., & Murtini, S. (2012). Pelatihan Pembelajaran SIG dan PJ bagi Guru Pamong PPG Prodi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Geografi, 13(1), 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Falik Wardana, Sugeng Utaya, Syamsul Bachri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License