Pengaruh Model Ecopedagogy terhadap Aspek Kompetensi Ekologis Siswa SMA

Puri Nofianti, Sumarmi Sumarmi, I Komang Astina

Abstract


Abstract: This research aim is to know the effect of ecopedagogy model on aspect of ecological competence high school students. This study was quasi-experimental research with the Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. The research subjects consisted of two classes namely XI IIS II as the experimental class and XI IIS I as the control class. This study was conducted at MAN 1 Sintang. The data analysis used independent sample t-test which showed that the ecopedagogy model had an effect on ecological competence students. From the results of the posttest, it can be seen that the experimental class has higher value rather than the control class.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model ecopedagogy terhadap aspek kompetensi ekologis siswa SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu XI IIS II sebagai kelas eksperimen dan XI IIS I sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Sintang. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test yang menunjukkan bahwa model ecopedagogy berpengaruh terhadap kompetensi ekologis siswa SMA. Dari hasil posttest kelas eksperimen memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Keywords


ecopedagogy model; ecological competence; high school student; model ecopedagogy; kompetensi ekologis; siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, A. (2014). Kekuatan Media Sosial dalam Kemenangan Politik. Al-Mishbah, 10(2), 283–298.

Fauzi, C., & Muryani, S. S. (2018). Hubungan antara Pengetahuan Lingkungan Hidup dan Prestasi Belajar Geografi dengan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa SMA Negeri di Kabupaten Karanganyar. Jurnal GeoEco, 4(1), 88–99.

Gerungan, W. A. (2009). Psikologi Sosial. Bandung: Rafika Aditama.

Kurniawan, H. (2015). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 1(1), 67–73.

Marpaung, D. (2018). Penerapan Metode Diskusi dan Presentasi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 8(4), 360–368. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i4.11375

Muhaimin. (2015). Membangun Kecerdasan Ekologis Model Pendidikan untuk Meningkatkan Kompetensi Ekologis.

Nilasari, E., Djatmika, E. T., Santoso, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1399–1404.

Omran, M., Iraj, M., & Yarmohammadian, M. (2016). Investigating the Environmental Skill, Attitude, and Knowledge of Bojnourd Islamic Azad University Students. Journal of Earth, Environment and Health Sciences, 2(1), 28. https://doi.org/10.4103/2423-7752.181804

Prasetya, S. P. (2014). Memfasiltasi Pembelajaran Berpusat pada Siswa. Geografi, 12(1), 1–12.

Sari, N., & Mulasari, S. A. (2017). Pengetahuan, Sikap dan Pendidikan dengan Perilaku Pengelolaan Sampah di Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. Jurnal Medika Respati, 12(2), 1907–3887.

Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky dan Interdepedensi Sosial sebagai Landasan Teori dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 231–239.

Sudarto. (2016). Keterampilan dan Nilai sebagai Materi Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Lubab, 1(1), 105–120.

Sujiono, Budi Handoyo, I. N. R. (2018). Memecahkan Masalah Geografi melalui Problem Based Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 66–72. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p072

Sumarmi. (2008). Sekolah Hijau Sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15, 19–25.

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Puri Nofianti, Sumarmi Sumarmi, I Komang Astina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License