Pengembangan Modul Sistem Sirkulasi Berdasarkan Penelitian Hematologi Tikus DMT2
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul sistem sirkulasi berdasarkan penelitian hematologi tikus DMT2. Modul dikembangkan berdasarkan adaptasi model pengembangan ADDIE. Modul yang telah dikembangkan kemudian melalui tahap validasi materi dan bahan ajar. Uji kepraktisan dilakukan oleh ahli praktisi pendidikan dan 10 mahasiswa yang telah menempuh matakuliah Fisiologi Hewan dan Manusia Universitas Negeri Malang. Rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi ahli materi 95,8%, ahli bahan ajar 91,4%, uji coba ahli praktisi lapangan 97,9% dan respon mahasiswa rata-rata 90, 3%. Berdasarkan hasil tersebut, modul dapat dikatakan sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Alquriyah, Y., Suciati., & Prayitno, B. A. (2014). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Reasoning and Problem Solving disertai Concept Mapping Tipe Network Tree pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Mengevaluasi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 27–31. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v7i2.2934
Auditor, E., & Naval, D. (2014). Development and Validation of Tenth Grade Physics Modules Based on Selected. International Journal of Education on Research, 2(12), 145–152.
Bastian, I. (2006). Akuntansi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Bergman, E. M., Bruin, A. B. H. De, Vorstenbosch, M. A. T. M., Kooloos, J. G. M., Puts, G. C. W. M., Leppink, J., Vleuten, C. P. M. Van Der. (2015). Effects of Learning Content in Context on Knowledge Acquisition and Recall: A Pretest-Posttest Control Group Design. Medical Education, 15(133), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12909-015-0416-0
Billings, D. M., & Halstead, J. A. (2016). Teaching in Nursing: A Guide for Faculty. United States: Elsevier Inc.
Bowman, J. (2014). Online Learning in Music: Foundations, Frameworks, and Practices. United States: Oxford University Press.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Colthorpe, K. L., Abe, H., & Ainscough, L. (2018). How do Students Deal with Difficult Physiological Knowledge ? Advances Physiology Education, 42, 555–564. https://doi.org/10.1152/advan.00102.2018
Davis, T. (2015). Visual Design for Online Learning. United States: Wiley Publisher.
Depdiknas. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.
Drăghicescu, L. M., Petrescu, A.-M., Cristea, G. C., Gorghiu, L. M., & Gorghiu, G. (2014). Application of Problem-Based Learning Strategy in Science lessons-Examples of Good Practice. Procedia Social and Behavioral Science, 149, 297–301.
Fitzpatrick, C. (2008). A Problem Based Learning (PBL) Module on Electronics & the Environment. Ireland.
Hapsari, N., Suyanto, S., & Budiwati. (2016). Pengembangan E-Modul Pengayaan Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(5), 23–31.
Hartoyo. (2009). Upaya Meningkatkan Prestasi melalui Pembelajaran dengan Modul Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1), 61–84.
Mahendra, B., Krisnatuti, D., Tobing, A., & Alting, B. Z. A. (2008). Care Your Self: Diabetes Mellitus. Jakarta: Niaga Swadaya.
Michael, J. (2007). What Makes Physiology Hard for Students to Learn ? Results of a Faculty Survey. Advances Physiology Education, 31(1), 34–40.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 193–200. http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171
Sudarno., Sunarno, W., & Sarwanto. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Kontekstual dengan Tema Pembuatan Tahu KelaS VII SMP Negeri 2 Jatiyoso. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 4(3), 104–111.
Sungkono. (2009). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).
Syamsul, A., & Kusrianto, A. (2008). Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi. Surabaya: Grasindo.
Yokhebed. (2018). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran dengan Modul Berbasis Potensi Lokal pada Calon Guru Biologi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 235–243. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.966
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i10.12837
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Badriyatur Rahma Fidiya, Abdul Gofur, Sri Rahayu Lestari
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |