Pengembangan Buku Cerita Berseri dengan Tema Altruisme untuk Pembelajaran Cerita Rakyat
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2015). Pengembangan Cerita Fiksi untuk Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Tesis tidak diterbitkan. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Arifin, B. S. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia.
Arleen. (2018). Belajar Menulis Cerita Anak. Jakarta: Erlangga.
Aziz, A. (2014). Fabel sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Paramasastra, 1(2).
Gusal, L. O. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu. Jurnal Humanika, 3(15).
Gusnetti., Syofiani., & Isnanda, R. (2015) Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Gramatika, 1(2), 183-192.
Islamy, A. N., Sumardi., & Apriliya, S. (2016). Cerita Anak Karya Mahasiswa PGSD UPI Kampus Tasikmalaya Berdasarkan Kriteria Pemilihan Bahan Ajar Cerita di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 17-23.
Juanda. (2018). Revitalisasi Nilai Dalam Dongeng sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2).
Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Korpus, 1(1).
Kristanto, M. (2014). Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Penanaman Etika untuk Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 59-64.
Kurniawan, H. (2009). Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
McGee, L. M., & Tompkins, G. E. (1995). Literature-Based Reading Instruction: What’s Guiding the Instruction?. Language Arts, 72, 405-414.
Nurgiyantoro, B. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurhadi. (2017). Handbook of Writing. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pratiwi, N. L. M. T. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak dengan Menginsersi Budaya Lokal dalam Tema Kegemaranku untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 185-195.
Puspitasari, A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Fantasi Berbasis Literasi Sains pada Siswa SMP Kelas VII di Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.
Pusposari, D. (2012). Memahami Sastra Anak. Malang: Bayumedia Publishing.
Rahmawati, F. E. (2018). Revitalisasi Cerita Panji dalam Wayang Beber. Jurnal Studi Budaya Nusantara, 2(1), 34-41. DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.sbn.2018.002.01.04
Roysa, M. (2017). Analisis Buku Bacaan Anak “Belajar Sambil Berternak Ayam” berdasarkan Pendekatan Stuktural. Jurnal Kredo: Jurnal Ilmah Bahasa dan Sastra, 1(1), 18-30. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1750
Sihombing, D. (2003). Tipografi: dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Stewig, J. W. (1980). Children and Literature. Boston: Houghton Mifflin Company.
Sutherland, Z., & May, H. A. (1991). Children and Books. New York: Harper Collins Publisher.
Taryadi, A. (1999). Buku dalam Indonesia Baru: Editor dan Kata Pengantar. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Wachidah, L. R. (2017). Pengembangan Bahan Bacaan Cerita Rakyat sebagai Pembentuk Literasi Moral bagi Siswa Kelas VII SMP/MtS. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.
Wollman-Bonilla, J. E. & Werchadlo, B. (1995). Literature Response Journals in a First Grade Classroom. Language Arts, 72(8), 562-570.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i10.12902
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Puspa Zanuar Asmaranty, Muakibatul Hasanah, Heri Suwignyo
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |