Pengembangan Buku Cerita Berseri dengan Tema Altruisme untuk Pembelajaran Cerita Rakyat

Puspa Zanuar Asmaranty, Muakibatul Hasanah, Heri Suwignyo

Abstract


Abstract: This study aims to develop a serial storybook with the theme of altruism for folklore learning. This study uses a 4D research and development model which consists of four steps, namely defining, designing, developing, and disseminating. This research produced four series of Samas books, namely (1) Samas and the Three-Color Giant, (2) Samas and the Youngest Southeast Mountain, (3) Samas and Two-Headed Maleo Birds, and (4) Samas and Stone-Humans. The results of the validity test show that the qualified product is feasible and ready to be implemented. Readability test results indicate that the product has a high level of readability. The effectiveness test results show that the product is effectively used in folklore learning.Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku cerita berseri dengan tema altruisme untuk pembelajaran cerita rakyat. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan 4D yang terdiri atas empat langkah, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi. Penelitian ini menghasilkan empat seri buku Samas, yaitu (1) Samas dan Raksasa Tiga Warna, (2) Samas dan Si Bungsu Gunung Tenggara, (3) Samas dan Burung Maleo Berkepala Dua, dan (4) Samas dan Manusia-Manusia Batu. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa produk berkualifikasi layak dan siap diimplementasikan. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa produk memiliki tingkat keterbacaan tinggi. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa produk efektif digunakan dalam pembelajaran cerita rakyat di SMPN 18 Malang.

Keywords


serial story books; altruism; folklore; buku cerita berseri; altruisme; cerita rakyat

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2015). Pengembangan Cerita Fiksi untuk Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Tesis tidak diterbitkan. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Arifin, B. S. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Arleen. (2018). Belajar Menulis Cerita Anak. Jakarta: Erlangga.

Aziz, A. (2014). Fabel sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Paramasastra, 1(2).

Gusal, L. O. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu. Jurnal Humanika, 3(15).

Gusnetti., Syofiani., & Isnanda, R. (2015) Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Gramatika, 1(2), 183-192.

Islamy, A. N., Sumardi., & Apriliya, S. (2016). Cerita Anak Karya Mahasiswa PGSD UPI Kampus Tasikmalaya Berdasarkan Kriteria Pemilihan Bahan Ajar Cerita di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 17-23.

Juanda. (2018). Revitalisasi Nilai Dalam Dongeng sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2).

Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Korpus, 1(1).

Kristanto, M. (2014). Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Penanaman Etika untuk Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 59-64.

Kurniawan, H. (2009). Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

McGee, L. M., & Tompkins, G. E. (1995). Literature-Based Reading Instruction: What’s Guiding the Instruction?. Language Arts, 72, 405-414.

Nurgiyantoro, B. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi. (2017). Handbook of Writing. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pratiwi, N. L. M. T. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak dengan Menginsersi Budaya Lokal dalam Tema Kegemaranku untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 185-195.

Puspitasari, A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Fantasi Berbasis Literasi Sains pada Siswa SMP Kelas VII di Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Pusposari, D. (2012). Memahami Sastra Anak. Malang: Bayumedia Publishing.

Rahmawati, F. E. (2018). Revitalisasi Cerita Panji dalam Wayang Beber. Jurnal Studi Budaya Nusantara, 2(1), 34-41. DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.sbn.2018.002.01.04

Roysa, M. (2017). Analisis Buku Bacaan Anak “Belajar Sambil Berternak Ayam” berdasarkan Pendekatan Stuktural. Jurnal Kredo: Jurnal Ilmah Bahasa dan Sastra, 1(1), 18-30. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1750

Sihombing, D. (2003). Tipografi: dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Stewig, J. W. (1980). Children and Literature. Boston: Houghton Mifflin Company.

Sutherland, Z., & May, H. A. (1991). Children and Books. New York: Harper Collins Publisher.

Taryadi, A. (1999). Buku dalam Indonesia Baru: Editor dan Kata Pengantar. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Wachidah, L. R. (2017). Pengembangan Bahan Bacaan Cerita Rakyat sebagai Pembentuk Literasi Moral bagi Siswa Kelas VII SMP/MtS. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Wollman-Bonilla, J. E. & Werchadlo, B. (1995). Literature Response Journals in a First Grade Classroom. Language Arts, 72(8), 562-570.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i10.12902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Puspa Zanuar Asmaranty, Muakibatul Hasanah, Heri Suwignyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License