Profil Berpikir Relasional Siswa Visual Berdasarkan Gender dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, Z. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah, XII(1),14—31.
Baiduri, Budayasa, K., Lukito, A., & Sutawijaya, A. (2013). Analisis Proses Berpikir Relasional Siswa Sekolah Dasar Membuat Perencanaan Penyelesaian Masalah Matematika (Kasus Siswa Berkemampuan Matematika Rendah). Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V, 310-323. Malang: FMIPA, Universitas Negeri Malang.
Carpenter, T.P., Franke, M. L., Madison, Levi, L., & Zeringue, J. K. (2005). Algebra in Elementary Schooll: Developing Relational Thinking. ZDM: Mathematics Education, 37(1), 53—59.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research “Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research”. Amerika: Pearson.
DePorter, B. & Hernacki, M. (2010). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Garner, O. L. & Harrison, S. (2013). An Investigation of the Learning Style and Study Habits of Chemistry Undergraduate in Barbados and their Effect and Predictors of Academic Achivement in Chemical Group Theory. Journal of Education and Social Research, 2(3), 107—122.
Hejný, M., Jirotková, D. & Kratochvilová, D. (2006). Early Conceptual Thinking”. In Novotná, J., Moraová, H., Krátká, M. & Stheliková, N. (Eds.). Proceedings 30thConferences of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 3, 289—296. Prague: PME.
Indrawati, R. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 91—100.
Molina, M., Castro, E., & Mason, J. (2008). Elementary School Students’ Approaches to Solving True/False Number Sentences. PNA, 2(2), 75—86.
Nasir, M. A. (2016). Analisis Pemahaman Relasional Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.
Natalia, T. (2011). Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Gugus Diponegoro pada Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan. UKSW Salatiga, Semarang.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139—148.
Rafiah, H. (2016). Profil Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VI Berdasarkan Gender dalam Pemecahan Masalah Open-ended. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.
Stephens, M. (2006). Describing and Exploring the Power of Relational Thinking”. In P. Grootenboer, R. Zevenbergen, & M. Chinnappan (eds.), Identities, Cultures and Learning Spaces, Proceeding of the 29th annual conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia, 479—486. Canberra: MERGA.
Subarinah, S. (2013). Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Tipe Investigasi Matematik Ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 541—548, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA, UNY.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilowati, J. P. A. (2016). Profil Penalaran Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Review Pembelajaran Matematika (JRPM), 1(2), 132—148.
Zalyanty, M. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Gaya Belajar Introvert-Ekstrovert dalam Memecahkan Masalah Matematika. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13048
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nurrahmah Nurrahmah, Hery Susanto, Hendro Permadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |