Peningkatan Kompetensi Mengembangkan RPP melalui Lesson Study bagi Guru SD Laboratorium

Achmad Supriyanto, Wasih DS, Roni Herdianto

Abstract


Abstrack: This School Action Research aims to uncover and describe teacher competencies in developing Lesson Plans, and implementing lesson studies. This SAR was designed with the Mc Taggart's classroom action research design in two action cycles. The research subjects were 11 elementary school teachers. The research instrument was developed by researchers in the form of work tables 1—5 to collect teacher competency data designing 10 components of lesson plans, and field notes to record the implementation of lesson study. The data collected was reduced to two main data, analyzed qualitatively and quantitatively using the mean and percentage techniques. The results of SAR cycle 1 showed that the competence to design the components of the lesson plan with a C value was 50%, a competence with a B value was, and the rest of 10% need further guidance. The results of SAR cycle 2 showed that 100% of teacher could achieve B value in designing lesson plans. Thus, it is proven that lesson study can improve teacher competence in developing lesson plans. Abstrak: Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan mengungkap dan mendeskripsikan kompetensi guru mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan pelaksanaan lesson study. Penelitian Tindakan Sekolah ini dirancang dengan rancangan penelitian tindakan kelas model Mc.Taggart dalam dua siklus tindakan. Subjek penelitian 11 orang guru SD. Instrumen penelitian dikembangkan oleh peneliti berupa tabel kerja 1—5, untuk menghimpun data kompetensi guru merancang 10 komponen RPP, dan catatan lapangan untuk mencatat pelaksanaan lesson study. Data yang terkumpul direduksi menjadi dua data utama, dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan teknik rerata dan persentase. Hasil PTS siklus I menunjukkan 50% kompetensi merancang komponen RPP dengan nilai C, 40 % nilai B, 10% nilai dengan predikat perlu bimbingan. Hasil Penelitian Tindakan Sekolah siklus II 100% kompetensi merancang komponen RPP dengan nilai B. Jadi, terbukti lesson study dapat meningkatkan kompetensi guru mengembangkan RPP.

Keywords


lesson study; competence; developing; lesson plans; lesson study; kompetensi; mengembangkan; RPP

Full Text:

PDF

References


Arsy, D. K. W. S. (2014). Kajian Implementasi Lesson Study pada Pengembangan Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri dan PBL Kelas VII SMP untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dan Keprofesionalan Guru. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Astuti, S. R. I. (2018). Analisis Kesesuaian Komponen RPP dengan Tujuan Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Medan, Medan.

Bachri, B. S. (2010). Implementasi Pengembangan Content Curriculum dalam Proses Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1, 0.

Bagus, Y.A.D.E., & Sujatmiko, B. (2019). Pengembangan Aplikasi Validasi Soal Berdasarkan Kesesuaian dengan Kata Kerja Operasional dan Analisa Butir Soal Berbasis. IT-EDU, 4(01), 39—46.

Barkah, T., Warneri, W., & Buwono, S. Analisis Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS MAS Al-Jihad Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(10), 3—10.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Blitar. (2017). Instrumen Telaah RPP K-13. Makalah disajikan dalam Kegiatan Pendampingan Implementasi K-13 Bagi Kepala Sekolah dan Guru SD se Kota Blitar. Kegiatan diselenggarakan pada bulan Juni 2017 di SDN Karangtengah 3 Kota Blitar.

Fernandez, C. (2002). Learning from Japanese Approaches to Professional Development: The Case of Lesson Study. Journal of Teacher Education, 53(5), 393—405.

Hendayana, S. (2006). Lesson Study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik. Bandung: FPMIPA UPI dan JICA.

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Kim, D., & Bolger, M. (2016). Analysis of Korean Elementary Pre-Service Teachers’ Changing Attitudes about Integrated STEAM Pedagogy Through Developing Lesson Plans. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(4), 587—605. doi:10.1007/s10763-015-9709-3

Koszalka, T. A., Breman, J., & Moore, M. K. (1999). Sharing lesson plans over the World Wide Web: Important Components. Education and Information Technologies, 4(2), 143—151.

Lewis, C. C., Perry, R. R., & Hurd, J. (2009). Improving Mathematics Instruction Through Lesson Study: A Theoretical Model and North American Case. Journal of Mathematics Teacher Education, 12(4), 285—304.

Lewis, C., Perry, R., & Murata, A. (2006). How Should Research Contribute to Instructional Improvement? The Case of Lesson study. Educational researcher, 35(3), 3—14.

Lubis, K. A., Djulia, E., & Hasruddin, H. (2017). Analisis Komponen RPP Guru Biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Mandailingnatal. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 367—370.

Munasik, M. (2015). Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Sekolah. Jurnal Pendidikan, 15(2), 105—113.

Nurkhan, N. (2016). Peningkatan kemampuan pengelolaan penilaian kurikulum 2013 melalui pendampingan bagi guru sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 44—54.

Nurkhan. (2016). Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Penilaian Kurikulum 2013 melalui Pendampingan bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(1), 45—55.

Owiny, R. L., Hollingshead, A., Barrio, B., & Stoneman, K. (2019). Engaging Preservice Teachers in Universal Design for Learning Lesson Planning. Inclusion, 7(1), 12—23. doi:10.1352/2326-6988-7.1.12

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333—352.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Rahmatullah, M. (2016). The Relationship between Learning Effectiveness, Teacher Competence and Teachers Performance Madrasah Tsanawiyah at Serang, Banten, Indonesia. Higher Education Studies, 6(1), 169—181. http://dx.doi.org/10.5539/hes.v6n1p169.

Rahmi, R., Mini, R., & Salim, A. (2017). Peran Perlibatan Diri Siswa sebagai Mediator dalam Hubungan antara Iklim Kelas dengan Sikap Kreatif Siswa SD Sekolah Alam. Jurnal Psikologi, 16(1), 79.

Rahmi, S., Mappiare-AT, A., & Muslihati, M. (2017). Karakter Ideal Konselor dalam Budaya Bugis Kajian Hermeneutik terhadap Teks Pappaseng. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 228—237.

Ratnawati, E. (2018). Pengelolaan media pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 1 Karangduren Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali (Unpublished Doctoral dissertation). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia.

Retnosari, N., Susilo, H., & Suwono, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri di Bojonegoro. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1529—1535.

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572—1582.

Satrio, B. Y. D. (2016). Modul kimia berbasis EPUB untuk siswa tunanetra: Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Inklusi, 3(1), 87—100.

Slamet, H., Subadi, T., Sutama, S., & Khotimah, R. P. (2010). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Lesson Study. WARTA, 13(1), 55—64.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing.

Susilo, H., Husnul, C., Ridwan, J., & Jumiati, Y. (2009). Lesson Study Berbasis Sekolah: Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Malang: Bayumedia.

Taorina, R., Chandra, T., & Sisworo, S. (2018). Pengetahuan Calon Guru Matematika tentang Kurikulum 2013 dalam Penyusunan RPP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1520—1529.

Voss T., Goeze A., Marx C., Hoehne V., Klotz V., Schrader J. (2017) Using Digital Media to Assess and Promote School and Adult Education Teacher Competence. In: Buder J., Hesse F. (eds) Informational Environments. Springer, Cham




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Achmad Supriyanto, Wasih DS, Roni Herdianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License