Peningkatan Kompetensi Mengembangkan RPP melalui Lesson Study bagi Guru SD Laboratorium
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsy, D. K. W. S. (2014). Kajian Implementasi Lesson Study pada Pengembangan Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri dan PBL Kelas VII SMP untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dan Keprofesionalan Guru. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.
Astuti, S. R. I. (2018). Analisis Kesesuaian Komponen RPP dengan Tujuan Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Medan, Medan.
Bachri, B. S. (2010). Implementasi Pengembangan Content Curriculum dalam Proses Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1, 0.
Bagus, Y.A.D.E., & Sujatmiko, B. (2019). Pengembangan Aplikasi Validasi Soal Berdasarkan Kesesuaian dengan Kata Kerja Operasional dan Analisa Butir Soal Berbasis. IT-EDU, 4(01), 39—46.
Barkah, T., Warneri, W., & Buwono, S. Analisis Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS MAS Al-Jihad Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(10), 3—10.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Blitar. (2017). Instrumen Telaah RPP K-13. Makalah disajikan dalam Kegiatan Pendampingan Implementasi K-13 Bagi Kepala Sekolah dan Guru SD se Kota Blitar. Kegiatan diselenggarakan pada bulan Juni 2017 di SDN Karangtengah 3 Kota Blitar.
Fernandez, C. (2002). Learning from Japanese Approaches to Professional Development: The Case of Lesson Study. Journal of Teacher Education, 53(5), 393—405.
Hendayana, S. (2006). Lesson Study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik. Bandung: FPMIPA UPI dan JICA.
Kamil, M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.
Kim, D., & Bolger, M. (2016). Analysis of Korean Elementary Pre-Service Teachers’ Changing Attitudes about Integrated STEAM Pedagogy Through Developing Lesson Plans. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(4), 587—605. doi:10.1007/s10763-015-9709-3
Koszalka, T. A., Breman, J., & Moore, M. K. (1999). Sharing lesson plans over the World Wide Web: Important Components. Education and Information Technologies, 4(2), 143—151.
Lewis, C. C., Perry, R. R., & Hurd, J. (2009). Improving Mathematics Instruction Through Lesson Study: A Theoretical Model and North American Case. Journal of Mathematics Teacher Education, 12(4), 285—304.
Lewis, C., Perry, R., & Murata, A. (2006). How Should Research Contribute to Instructional Improvement? The Case of Lesson study. Educational researcher, 35(3), 3—14.
Lubis, K. A., Djulia, E., & Hasruddin, H. (2017). Analisis Komponen RPP Guru Biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Mandailingnatal. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 367—370.
Munasik, M. (2015). Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Sekolah. Jurnal Pendidikan, 15(2), 105—113.
Nurkhan, N. (2016). Peningkatan kemampuan pengelolaan penilaian kurikulum 2013 melalui pendampingan bagi guru sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 44—54.
Nurkhan. (2016). Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Penilaian Kurikulum 2013 melalui Pendampingan bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(1), 45—55.
Owiny, R. L., Hollingshead, A., Barrio, B., & Stoneman, K. (2019). Engaging Preservice Teachers in Universal Design for Learning Lesson Planning. Inclusion, 7(1), 12—23. doi:10.1352/2326-6988-7.1.12
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333—352.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Rahmatullah, M. (2016). The Relationship between Learning Effectiveness, Teacher Competence and Teachers Performance Madrasah Tsanawiyah at Serang, Banten, Indonesia. Higher Education Studies, 6(1), 169—181. http://dx.doi.org/10.5539/hes.v6n1p169.
Rahmi, R., Mini, R., & Salim, A. (2017). Peran Perlibatan Diri Siswa sebagai Mediator dalam Hubungan antara Iklim Kelas dengan Sikap Kreatif Siswa SD Sekolah Alam. Jurnal Psikologi, 16(1), 79.
Rahmi, S., Mappiare-AT, A., & Muslihati, M. (2017). Karakter Ideal Konselor dalam Budaya Bugis Kajian Hermeneutik terhadap Teks Pappaseng. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 228—237.
Ratnawati, E. (2018). Pengelolaan media pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 1 Karangduren Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali (Unpublished Doctoral dissertation). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia.
Retnosari, N., Susilo, H., & Suwono, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri di Bojonegoro. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1529—1535.
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572—1582.
Satrio, B. Y. D. (2016). Modul kimia berbasis EPUB untuk siswa tunanetra: Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Inklusi, 3(1), 87—100.
Slamet, H., Subadi, T., Sutama, S., & Khotimah, R. P. (2010). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Lesson Study. WARTA, 13(1), 55—64.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2009). Penelitian tindakan kelas sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Malang: Bayumedia Publishing.
Susilo, H., Husnul, C., Ridwan, J., & Jumiati, Y. (2009). Lesson Study Berbasis Sekolah: Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Malang: Bayumedia.
Taorina, R., Chandra, T., & Sisworo, S. (2018). Pengetahuan Calon Guru Matematika tentang Kurikulum 2013 dalam Penyusunan RPP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1520—1529.
Voss T., Goeze A., Marx C., Hoehne V., Klotz V., Schrader J. (2017) Using Digital Media to Assess and Promote School and Adult Education Teacher Competence. In: Buder J., Hesse F. (eds) Informational Environments. Springer, Cham
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13187
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Achmad Supriyanto, Wasih DS, Roni Herdianto
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |