Ayo Sinau Basa Jawa: Bahan Digital Penunjang Pembelajaran Kosakata Bahasa Jawa Berbasis Multimedia

Ella Rizky Endryanti, Roekhan Roekhan, Primardiana Hermilia Wijayati

Abstract


Abstract: This research aims to develop digital interactive teaching materials entitled "Ayo Sinau Basa Jawa" (Let's Learn Javanese) for students in grade I in elementary school. The research and development method used is ADDIE. The measures taken in this development research are analysis, design, development, implementation, dan Evaluation. The digital teaching method named Ayo Sinau Basa Jawa is a multimedia based interactive teaching material which provides menu called sinau (learn) and gladhen (practice) inside. The "sinau" material is presented by integrating pictures, sounds, and videos while "gladhen" is given in a form of quizzes. Products developed were validated by three experts according to the aspects assessed, namely aspects of content, language and multimedia. The content validation results obtained a score of 96%, the results of language validation obtained a score of 93%, and the results of multimedia validation scored 93%. The result of this study is that the product is valid, so it is capable of being utilized and is attractive and effective to be used by elementary school students.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar interaktif berupa bahan digital Ayo Sinau Basa Jawa bagi siswa kelas I Sekolah Dasar. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Bahan digital Ayo Sinau Basa Jawa merupakan bahan ajar interaktif berbasis mulimedia yang menyediakan menu sinau (belajar) dan gladhen (latihan) didalamnya. Materi sinau disajikan dengan mengintegrasikan media gambar, audio dan video, sedangkan gladhen disajikan dalam bentuk kuis. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh tiga ahli sesuai aspek yang dinilai, yakni aspek isi, bahasa, dan multimedia. Hasil validasi isi memperoleh skor 96%, hasil validasi bahasa memperoleh skor 93%, dan hasil validasi multimedia memperoleh skor 93%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk telah valid sehingga layak dan efektif digunakan oleh siswa Sekolah Dasar.

Keywords


digital materials; javanese language vocabulary; primary school; bahan digital; kosakata bahasa jawa; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anwar, M. F. N., Ruminiati., & Suharjo. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Sumenep Kelas IV Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1291-1297.

Kapi, A. Y., Osman, N., Ramli, R. Z., & Taib, J. M. (2017). Multimedia Education Tools for Effective Teaching and Learning. 9(2), 4.

Khoe Yao Tung. (2015). Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks.

Marsono. (2011). Morfologi Bahasa Indonesia dan Bahasa Nusantara. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Marsuki, M., & Efendy, B. A. (2015). Peningkatan Karakter Siswa melalui Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris Interaktif Berbasis Nilai-Nilai Budaya Bangsa. Lingua: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 10(1), 9-17. https://doi.org/10.18860/ling.v10i1.3028

Mulyani, S., Widyastuti, S. H., & Hendri, Z. (2013). Pengembangan Model Bahan Ajar Berbasis Potensi Daerah untuk Menunjang Pembelajaran Bahasa Jawa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(1), 51-60.

Papalia., & Diane, E. (2010). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana.

Pergub. (2014). Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 19 tentang Mata Pelajaran Bahasa Daerah sebagai Muatan Lokal Wajib di Sekolah/ Madrasah. Diambil dari https://jdih.surabaya.go.id/pdfdoc/pergub_19.pdf

Pranowo. (2016). Rekayasa Pembelajaran Bahasa Jawa di Pendidikan Dasar. Prosiding Kongres Bahasa Jawa (KBJ) VI (BUKU 3) Bahasa Jawa Triwikrama Pengoptimalan Peran Bahasa dan Sastra Jawa di Kabupaten dan Kota yang Berakarkan Budaya Jawa untuk Memperkuat Kebudayaan Nasional, Yogyakarta, 8—12 November 2016.

Prastowo, A. (2014). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik SD/MI melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(1), 1-13.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Segoro, B., & Sapto, A. (2019). Buku Ajar Tematik Berbasis Muatan Lokal untuk Kelas IV Sekolah Dasar. 5.

Smaldino Sharon. (2011). Instructional Technology & Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Utari, N. R. D. (2012). Kemampuan Berbahasa Jawa pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Tandes Kidul I/110 Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Airlangga, Surabaya.

Wedhawati, dkk. (2016). Tata Bahasa Jawa Mutakhir. Yogyakarta: Kanisius.

Widodo dkk. (2017). Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Penelitian (SNPH)-VII, Lembaga Peneltian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Univeersitas PGRI Semarang.

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1024-1029.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ella Rizky Endryanti, Roekhan Roekhan, Primardiana Hermilia Wijayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License