Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstract: The purpose of this study is describe the differences a creative thinking skills and thematic learning outcomes learned using CPS learning model in the experiment class and students learned with conventional models in the control class. This research using a quasi experimental design with a non-equivalent control group design using the pretest-posttest score test and creative thinking ability questionnaire. Research data was obtained through tests. The results a research show that (1) there was a significan influences a CrPS learning model on students 'creative thinking abilities, (2) there was the influence of the CPS learning model on students' thematic learning outcomes.
Abstrak: Tujuan penelian ini yaitu untuk mendeskripsikan perbedaan antara kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar tematik yang diterapkan dengan model pembelajaran CrPS di kelas eksperimen serta siswa yang diterapkan dengan model konvensional di kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan design quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group dengan menggunakan nilai tes pretest-posttest. Data penelitian diperoleh melalui tes dan angket kemampuan berpikir kreatif. Penelitian menunjukkan hasil (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran CPS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran CPS terhadap hasil belajar tematik siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abduh, M., Nugroho., & Siskandar. (2014). Evaluasi Pembelajaran Tematik Dilihat dari Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 1(1), 1—9.
Akmal, N., & Saputra, E. (2018). Penerapan Pendekatan Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 137–144.
Hélie, S., & Sun, R. (2010). Incubation, Insight, and Creative Problem Solving: A Unified Theory and a Connectionist Model. In Psychological Review, 117(3), 994—1024. https://doi.org/10.1037/a0019532
Ikromi, S. L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Open-Ended pada Materi SPLTV. Jurnal Matematika Statistika dan Komputasi, 15(2), 104. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i2.5719
Lisliana, Agung Hartoyo, B. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Segitiga di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan Pontianak, 5(11), 1–11.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Oktaviani, A. N., & Nugroho, S. E. (2015). Penerapan Model Creative Problem Solving pada Pembelajaran Kalor untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi. Unnes Physics Education Journal, 4(1), 26—31. https://doi.org/10.15294/upej.v4i1.4733
Rahman, A. F., & Maslianti. (2015). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67—74.
Rumidani, N. M., Marhaeni, A. A. I. N., Tika, I. N. (2014). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Calistung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, (Vol. 4)
Saputra, H. J., Novitasari A. D. (2014). Keefektifan Pembelajaran Outdoor Learning Berbasis Nilai Karakter terhadap Hasil Belajar Tematik Terintegrasi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Meteseh Rembang. Jurnal Kependidikan, 4(2), 26—34
Syahrin, A., Suwignyo, H., & Priyatni, E. T. (2019). Creative Thinking Patterns in Student‘s Scientific Works. Eurasian Journal of Educational Research, 19(81), 1–16. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.81.2
Sudarma, M. (2016). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Triyono., Senam., Junaedi., & Wilujeng, I. (2017). Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Creative Problem Solving terhadap Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Kependidikan, 1(2), 214—226.
Utami, S. E. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paradigma, 2(1), 206—218.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Resti Ajeng Pramestika, Heri Suwignyo, Sugeng Utaya
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |