Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok B

Fianti Sari, I Made Suardana, M. Zainuddin

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to study the application of scientific evaluation in the development of expressive language of group B children in TK PGRI 1 Wagir. The research used was a quantitative experiment. The research subjects consisted of 2 groups: the experimental and control groups each of 15 students. Data collection by the method of collection, interview and documentation. Data analysis using t test, the Paired Samples Test. Based on the analysis of the Paired Samples Test, the t value was 28.375 in the experimental group. Significant value of 0,000, which means less than 0.05. These results prove that scientific support is effective for the development of expressive language aspects of children B in TK PGRI 1 Wagir.Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik dalam pengembangan aspek bahasa ekspresif anak kelompok B di TK PGRI 1 Wagir. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif Quasy Eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kontrol masing-masing 15 anak didik. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t yaitu Paired Samples Test. Berdasarkan analisis Paired Samples Test menunjukkan nilai t hitung sebesar 28.375 pada kelompok eksperimen. Nilai signifikasi 0.000 yang artinya lebih kecil dari 0.05. Hasil ini membuktikan bahwa pendekatan saintifik efektif untuk pengembangan aspek bahasa ekspresif anak kelompok B di TK PGRI 1 Wagir.

Keywords


scientific approach; expressive language; pendekatan saintifik; bahasa ekspresif

Full Text:

PDF

References


Ayuningtiyas, V. (2013). Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Upaya Menumbuhkembangkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia pada Anak Usia Dini di TK Bhayangkari 17 Cimahi. Empowerment, 2(2252–4738). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Dhieni, N. (2013). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Gultom, E. L. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran untuk Penanaman Kompetensi Inti. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun, 1(1), 365–370.

Haenilah, E. . (2015). Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.

Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran. I0(1), 109–120.

Jafar, F. S., & Satriana, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi, 4(1), 190–214.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Anak. Jakarta: Kencana.

Mahendra, K. A., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 1 Sangsit. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Marwiyanti, S. (2017). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini Dalam Pengembangan Kreativitas di TK Negeri Pembina Kota Salatiga. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mastiah., & Ason. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Melawi. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 155–168.

Munastiwi, E. (2015). Implementasi Pendekatan Santifik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak, 1(2), 43–50. https://doi.org/10.14421/jaa.2015.12.43-50

Putri, M., Rakimahwati, R., & Zulminiati, Z. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Bermain Peran Makro terhadap Perkembangan Bahasa Lisan Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Kota Padang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(2), 80. https://doi.org/10.31331/sece.v1i2.730

Rohita, R., Fitria, N., Bustan, R., & Haryadi, D. (2018). Teacher’s Understanding of the Scientific Approach in the 2013 Curriculum for Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 235. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105

Rosalina, A. (2011). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bermain. Psycho Idea, (ISSN 1693-1076), 19–35.

Santrock, J. W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.

Slamet, A., & Kurniati, A. (2018). Scientific Approach in Imparting Islamic Values In Early Childhood : A Case Study in Raudatul Aisyiyah Athfal Baubau. Al-Ta’lim Journal, 25(1), 71–76.

Suastiningsih, D. (2017). Anak Kelompok B Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Abstrak e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(3).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendikatan Saitifik di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 67–82.

Utami, T. (2016). Penanaman Kompetensi Inti Anak Usia Dini. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Widiastuti, E., Tegeh, M., & Ujianti, P. R. (2018). Pemecahan Masalah pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2).

Widowati, A., Nurohman, S., & Anjarsari, P. (2017). Developing Science Learning Material with Authentic Inquiry Learning Approach to Improve Problem Solving and Scientific Attitude. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 32–40. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.4851

Yusri, N. (2015). Keterkaitan Scientific Learning dengan Kemampuan Berpikir Kritis (Kajian Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Sedayu Bantul). Tesis tidak diterbitkan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fianti Sari, I Made Suardana, M. Zainuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License