Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD

Risky Priliani Puspitasari, Sutarno Sutarno, I Wayan Dasna

Abstract


Abstract: This research aimed to find out the differences HOTS and learning outcomes between Problem Based Learning model and conventional, uses types of research a quasi-experimental. The results of this study indicate that: There is a significant difference HOTS between experimental class students and control class students, there is a significant difference HOTS between high-skilled students and low-ability early students, there is no interaction between Problem Based Learning model and HOTS, there were significant differences in learning outcomes between experimental class students and class students control, there is no significant difference in cognitive learning outcomes between high-ability early students and low initial ability students, there is no interaction between the Problem Based Learning model and the initial ability to the learning outcomes of students.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan HOTS dan hasil belajar antara model Problem Based Learning dan konvensional dengan menggunakan jenis penelitian quasi experiment. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan HOTS antara siswa kelas eksperimen dan kontrol, ada perbedaan yang signifikan HOTS antara antara siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah, tidak ada interaksi antara model Problem Based Learning dan kemampuan awal terhadap HOTS, ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dan kontrol, tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah, dan tidak ada interaksi antara model Problem Based Learning dan kemampuan awal terhadap hasil belajar.

Keywords


problem based learning; higher-order thinking skills; cognitive learning outcomes; problem based learning; kemampuan berpikir tingkat tinggi; hasil belajar kognitif

Full Text:

PDF

References


Afandi. (2011). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Metakogntif melalui Model Reciprocal Teaching dan Problem Based Learning ditinjau dari Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1—7.

Anazifa, R. D. (2016). The Effect of Problem-Based Learning on Critical Thinking and Student Achievement in The 1 Bantul Senior High School. International Conference on Educational Research and Innovation, 6(2), 190—193.

Anderson, L.W., & Krathwohl, D. R. (Eds). (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan: Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Belajar. (Buku asli diterbitkan tahun 2001).

Ardiyanti, F. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science, 9(2), 27—33.

Bayrak, B. K., & Bayram, H. (2011). Effects of Problem-Based Learning in a Web Environment on Conceptual Understanding: The Subject of Acids and Bases. International Online Journal of Educational Sciences, 3(3), 831—848,

Fadhila, C., Aloysius, D. C., Balqis. (2013). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA & Malang. Jurnal Pendidikan Hayati Universitas Negeri Malang, 2(1), 1—10.

Fatchiyah. (2016). Pengaruh PBL terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V SD Se-Gugus 01 Kretek. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 18(5), 1737—1745

Flamboyant, U. F., Murdani, E., & Soeharto. (2018). Pengaruh Model Prolem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik SMA Negeri di Kota Singkawang Materi Hukum Archimedes. Jurnal Pendidikan IPA STKIP Singkawang, 1(2), 51—59

Firmansyah, A., Kosim., & Ayub, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen pada Materi Cahaya terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Gunungsari Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 154—159.

Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Balck, W. C. (1995). Multivariate Data Analysis with Reading;Fourth Edition. New Jersey:Prenctice-Hall,Inc

Hendryawan, S., Yusuf, Y., Wachyar, T. Y., Siregar, I., & Dwiyanti, W. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Tingkat Rendah pada Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Green’s Motivational Strategies. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 50—58.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ipmawati, N. (2017). Penerapan PBL dalam Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Biologi, IPA dan Pembelajarannya I, Universitas Muhammadiyah Jember, 262—276.

Kozma, R. 2003. The Material Features of Multiple Representations and Their Cognitive and Social Affordances for Science Understanding. Journal Science Direct, 13(2), 205—226.

Limbach, B., & Waugh, W. 2010. Developing Higher Level Thinking. Journal of Chemical Education, 3, 1—9.

Magsino, R. M. 2014. Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class through Problem-Based Learning, Asia Pacific Journal of Multidiciplinary Research, 2(5), 1—6.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35—43.

Praptiwi., & Handika. (2012). Efektivitas Metode Kooperatif Tipe GI dan STAD ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Penelitian Pembelajara Fisika, 3(1), 41—50.

Royantoro, F., Mujasam., Yusuf, I., & Widyaningsih, S.W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skill Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 371—382.

Sastrawati, E., Rusdi, M., & Syamsurizal. (2011). Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Tekno-Pedagogi, 1(2), 1—14.

Setioko, B. (2015). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Kognitif, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Termokimia. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Siswanto., Maridi., & Marjono. (2012). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 53—59.

Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model PBL Menggunakan Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Siswa. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 3(1), 11—22.

Uno, H. B. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9.

Wikanso. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Prestasi Belajar melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Inquiry pada Mahasiswa Semester III Program Studi Bahasa Indonesia STKIP PGRI Ngawi. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 12(2), 39—49.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178—191

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui Pembelajaran. Conferences Paper. Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang , 1—17.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Risky Priliani Puspitasari, Sutarno Sutarno, I Wayan Dasna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License