Pengembangan E-modul Berbasis Penelitian Uji Antimikroba pada Matakuliah Mikrobiologi

Rochmatul Ummah, Endang Suarsini, Sri Rahayu Lestari

Abstract


Abstract: This study aim was to develop an e-module based on antimicrobial test studies in microbiology courses. Type of research used is research and development with ADDIE model development. The study subject was student of State University of Malang who has taken the course of Microbiology. The instrument used is questionnaire validation of material and media experts and questionnaires for students. The percentage of results from material expert validation is 95%, the media expert's validation is 98% and the readability test is 88%. Based on the result, it can be concluded that e-module based on antimicrobial test research is valid and feasible to be used as teaching material in microbiology course.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan e-modul berbasis penelitian uji antimikroba pada matakuliah mikrobiologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba adalah mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang yang telah menempuh matakuliah Mikrobiologi. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli materi dan media serta angket keterbacaan untuk mahasiswa. Persentase hasil dari validasi ahli materi adalah 95%, validasi ahli media adalah 98% dan uji keterbacaan adalah 88%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis penelitian uji antimikroba valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar pada matakuliah mikrobiologi.

Keywords


E-module; antimicrobial test; microbiology; E-modul; uji antimikroba; mikrobiologi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., & Walida, S. El. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case (Creative, Active, Systematic, Effective) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transformasi untuk Mendukung Kemandirian Belajar dan Kompetensi Mahasiswa. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya, 197–202.

Amri, S., & Ahmadi, L. K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran: Pengaruhnya terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsal, M., Danial, M., & Hala, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 434–442.

Faridah, H. D., & Sari, S. K. (2019). Utilization of Microorganism on the Development of Halal Food Based on Biotechnology. Journal of Halal Product and Research, 2(1), 33. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.2-issue.1.33-43

Haagen, & Rintelen, K. (1941). Mikrobiologie. Zeitschrift Für Krebsforschung, 52(2 Supplement), 90–91. https://doi.org/10.1007/BF01620495

Hands-on, K. T. (2016). Potensi Kitchen Microbiology untuk Meningkatkan Keterampilan Teknik Hands-on Dalam Pembelajaran Mikrobiologi. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(2), 1210–1216. https://doi.org/10.15294/usej.v5i2.12591

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Hasmiati., Syamsudduha, S., & Jamilah. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Mikrobiologi dengan Sikap Higienis Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2013 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Biotek, 4(2), 231–243.

Jumadi, J., Sunarno, W., & Aminah, N. S. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Kalor. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 262. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.22986

Nurchaili. (2010). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Kimia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(6), 648. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i6.493

Pantiwati, Y. (2016). Pengembangan Modul Evaluasi Pembelajaran dengan Model Pembelajaran 7E Berbasis Kreativitas. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 13 (1), 461-467.

Peniati, E., Ipa, P. P., Matematika, F., & Alam, P. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berpendekatan Keterampilan Proses pada Tema Dampak Limbah Rumah Tangga terhadap Lingkungan Untuk SMP Kelas VIII. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(2). https://doi.org/10.15294/usej.v2i2.2043

Prawiradilaga, D. S., Widyaningrum, R., & Ariani, D. (2018). Prinsip-Prinsip Dasar Pengembangan Modul Berpendekatan Hypercontent. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(2), 57–65. https://doi.org/10.15294/ijcets.v5i2.17098

Prayitno, T. A., Hidayati, N., Biologi, P., Pendidikan, F., Eksakta, I., Biologi, P. P., Pendidikan, F., & Eksakta, I. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bermuatan Materi, 3(2), 86–93.

Rosa, F. O. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.21

S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800

Sungkono. (2009). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).

Susilawati, Neneng, L., & Miranda, Y. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X. Edu-Sains, 4(2), 104–114.

Ummah, R., Suarsini, E., & Lestari, S. R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Penelitian Uji Antimikroba pada Matakuliah Mikrobiologi. 2, 555–562.

Wibowo, E. (2018). Modul Elektronik Guna Mengembangkan Bahan Ajar. http://repository.radenintan.ac.id/3420/1/SKRIPSI FIX EDI.pdf

Winkel. (2009). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rochmatul Ummah, Endang Suarsini, Sri Rahayu Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License