The Influence of Motivation, Discipline, Adversity Quotient and Integrity Toward Teachers’ Competency Test of Physical Education and Sports Teachers
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, Y. A. (2016). Expert Teacher (Membedah syarat-syarat untuk menjadi Guru Ahli atau Expert Teacher). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 24–44.
Anjani, D., & Johan, R. T. (2010). Hubungan antara Motivasi Intrinsik dengan Integritas pada Karyawan Operasional Penjaga Pintu Gerbang Jalan Bebas Hambatan PT. X
Calorina, G., & Hasbullah, D. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas, Motivasi Kerja, Iklim Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulsel, 1(1), 96–11.
D., Surya, A., WA, A. R., Nugroho, Y. C., & Alie, M. S. (2018). Pengaruh Disiplin, Kemampuan, dan Insentif Terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan pada Pt. Indosatooredo, Tbk Bandar Lampung. Jurnal Malaysia Desmon, 1. https://doi.org/10.31219/osf.io/gwa4x
Edinayanti, E. (2019). Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Masih Kekurangan 1.500 Guru. https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/12/24/dinas-pendidikan-kota-banjarmasin-masih-kekurangan-1500-guru
Fauzi, Y. (2017). Ranking Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Turun ke-113. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170322182446-78-202081/ranking-indeks-pembangunan-manusia-indonesia-turun-ke-113
Firdaus, Y., Sumardi, S., & Istiadi, Y. (2019). Efektivitas Pengajaran Guru Ditinjau dari Adversity Quotient dan Integritas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 700–706.
Harahap, E. Y. (2016). Penerapan Supervisi Kelompok Teknik Lokakarya dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis TIK di SMAN 1 Huragi–Kab. Padang Lawas. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Medan, Medan.
Hermawansyah, H. (2019). Etika Guru sebagai Pendidikan yang Mendasar bagi Siswa. Jurnal Studi Pendidikan, 10(2), 32–33.
Huda, T. N., & Mulyana, A. (2017). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 115–132.
Huda, Tesa N. Mulyana, A. (2018). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 115–132.
Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi dan Kinerja Guru berdasarkan Sertifikasi Profesi (Competence and Teachers Performance with Professional Certification). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 67–68.
Munirah, M. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita. AULADUNA, 2(2), 242–244.
Pramono, R. (2015). Integritas Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di SMK Pertanian (Integration of Character Education in Learningin Agricultural Vocational High School). Agromedia, 33(2), 94–102.
Rahman, U. (2007). Mengenal Burnout Pada Guru. Lentera Pendidikan, 10(2), 216–218.
Rasam, F. (2014). Kemampuan Menyusun Alat Evaluasi Hasil Belajar Ditinjau dari Disiplin Guru dan Motivasi Berprestasi pada SMK Swasta di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 1(1), 62.
Rizal, A. S. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru SMP. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 15–22.
Rotgans, J. I., & Schmidt, H. G. (2012). The Intricate Relationship between Motivation and Achievement: Examining the Mediating Role of Self-Regulated Learning and Achievement-Related Classroom Behaviors. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 24(2), 197–208.
Suastiti, I. G. A. T. Yudana, I. M., & Dantes, G. R. (2013). Kontribusi Motivasi Berprestasi, Disiplin Kerja, dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) terhadap Kinerja Profesional Guru SMA Negeri di Kecamatan Karangasem Kabupaten Karangasem Bali. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1), 1–13.
Sukardewi, D. N., Dantes, N., & Natajaya, I. N. (2013). Kontribusi Adversity Quotient (AQ), Etos Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Amlapura. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).
Sulasmiyati, T. (2009). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Proses Pembelajaran di SMP Negeri Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Universitas Diponegoro, 4(2).
Sulfemi, W. B. (2019). Kompetensi Profesionalisme Guru Indonesia dalam Menghadapi MEA. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor., 67.
Sunengsih, N. D. (2015). Hubungan Profesionalisme, Iklim Sekolah, dan Integritas dengan Kinerja Guru SMP Negeri di Kota Administrasi Jakarta Timur (2015). Jurnal Manajemen, 19(2), 190–204.
Supriadi, E., & Yusof, H. (2015). Relationship between Instructional Leadership of Headmaster and Work Discipline and Work Motivation and Academic Achievement in Primary School at Special Areas of Central Jakarta. Journal of Education and Learning, 4(3), 123–135.
Suwardana, O. (2017). Kinerja Tugas Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Bersertifikat ISO 9001 di Jawa Barat. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara. Jurnal Pendidikan STKIP Kusuma Megara, 8(2), 15–24.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13579
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sarmidi Sarmidi, Suratno Suratno, Riyadi Riyadi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |