Bimbingan Penyesuaian Diri Berbasis Cerita Malangan di Sekolah Menengah Pertama

Sri Astutik, M. Ramli, Carolina L. Radjah

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to describe the implementation of malangan-based story adjustment guidance in the Junior High School. The implementation of this malangan story-based self-adjustment guidance consists of: a) Phase I, namely the pre-implementation of the BK Teacher preparing the group guidance RPL, b) Phase II of the process of carrying out the adjustment guidance activity includes (1) Initial stage, statement of purpose, group formation, consolidation, (2) Phase transition, experimentation, identification, analysis and termination, and (3) Phase III, reflection and follow-up. Thus, the researcher concludes that the implementation of the poor story-based self-adjustment guidance has been carried out properly in accordance with the steps of the self-adjustment guidance.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan penyesuaian diri berbasis cerita malangan di Sekolah Menengah Pertama. Pelaksanaan bimbingan penyesuaian diri berbasis cerita malangan ini terdiri dari (a) Tahap I yaitu pra pelaksanaan Guru BK menyusun RPL bimbingan kelompok, (b) Tahap II proses pelaksanaan kegiatan bimbingan penyesuaian diri, meliputi (1) Tahap awal, pernyataan tujuan, pembentukan kelompok, konsolidasi dan (2) Tahap transisi, eksperientasi, identifikasi, analisis dan terminasi dan (c) Tahap III, refleksi dan tindak lanjut.  Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan penyesuaian diri berbasis cerita malangan telah terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah bimbingan penyesuaian diri.

Keywords


adjustment guidance; poor story; junior high school; bimbingan penyesuaian diri; cerita malangan; sekolah menengah pertama

Full Text:

PDF

References


Aridhona, J. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri pada Remaja. Psiko Islamedia Jurnal Psikologi, 2(2), 131—145.

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja.

Diretorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas

Fitri, L. N. (2017). Pengaruh Penyesuaian Diri dan Penyesuaian Sosial terhadap Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 3(8), 457—464.

Gerungan. (2010). Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hastuti, W. (2008). Penyesuaian Diri. Jurnal (Profesional) Media Publikasi Penelitian, 3, 66-70.

Hayuni, R. R., & Flurentin, E. (2016). Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk meningkatkan Kepedulian Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling (JKBK), 1(3), 118—125.

Hidayah, N, Pali, M. Ramli, M., & Hanurawan, F. (2016). Students Well-Being Assesment at School. Journal of Educational Health and Community Psychology, 5(1), 62—71.

Hidayat, M. Y. (2008). Implikasi Bibliokonseling sebagai Salah Satu Strategi Membantu Klien dalam Konseling. Lentera Pendidikan: Jurnal Tarbiyah dan Keguruan, 11(1), 129—140.

Husiselan, N. (2016). Efektivitas Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Pattimura Ambon. Jurnal Psikologi dan Konseling, 8(1), 1—12.

Hurlock, E. B. (2017). Psikologi Perkembangan:Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

Hutomo, S. S. (1991). Mutiara yang Terlupakan: Pengantar Studi Sastra Lisan. Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia. Jawa Timur, Komisariat HSKII.

Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdikbud.

Khairiyah., Wati, M., & Hartini, S. (2015). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hasil belajar Siswa Kelas VIII MTSn Mulawarman Banjarmasin pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 200—210.

Lidya, S. F., & Darmayanti, N. (2015). Self Efficacy Akademik dan Penyesuaian Diri Siswa kelas X SMA Patra Nusa. Jurnal Diversita, 1(1), 43—54.

Manik, R., Radjah, C. L., & Triyono. (2017). Rendahnya Konsep Diri Akademik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(4), 494—502.

Mubarok, A. F. (2012). Penyesuaian Diri Para Pendatang di Lingkungan Baru. Journal of Social and Industrial Psychology, 1(1), 21—27.

Mustofa, A. (2009). Mengapa Anak Bungkam Atas Pengealaman Kekerasan Seksual? Syndrom Penyesuaian Diri Roland Summit: Implementasi di Indonesia. Buletin Psikologi, 17(6), 39—47.

Nuryono, W. (2012). Keefektifan Konseling Naratif untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 13(1), 108—117.

Partha, I. D. P. (2018). Kontribusi Kemampuan Penyesuaian Diri dan Keterampilan Berkomunikasi terhadap Kemampuan

Memecahkan Masalah pada Siswa SMA NW Tebaban. Jurnal Konseling Pendidikan, 2(2), 9—30.

Putri, S.A.P., & Ramli, M. (2016). Penegmbangan Media Permaianan Simulasi Ular Tangga untuk Meningkatkan tanggung Jawab Siswa. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(1), 40—46.

Radjah, C. L. (2016). Keterampilan Konseling Berbasis Metakognisi. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling (JKBK), 1(3), 90—94.

Sucipto. (2016). Konseling Kelompok dengan Media Animasi untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2)133—138.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, L., Syahniar., & Zikra. (2013). Penyesuaian Diri pada Masa Pubertas. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 136—140.

Syahrul, M. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Penyesuaian Diri Anak. Jurnal of EST, 1(1), 46—60.

Windawati. (2015). Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Melalui Teknik Cognitive Restructuring pada Kelas TKR 1 SMK Negeri 1 Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 1—9.

Zakiyah, N., Hidayati, F. N. R., & Setyawan, I. (2010). Hubungan Antara Penyesuaian Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Berasrama SMP N3 Peterongan Jombang. Jurnal Psokologi Undip, 2(2), 156—167.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Astutik, M. Ramli, Carolina L. Radjah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License