Problematika Mahasiswa Bidikmisi Prodi Pendidikan Sejarah Angkatan 2013—2017

Niki Dwi Ayuningtyas, Joko Sayono, Endang Sri Andayani

Abstract


Abstract: Probelamtika faced by Bidikmisi students is very diverse, factors that affect not only from themselves, but the external factors and the surrounding environment. This research focuses on describing the problems faced by Bidikmisi students during the study period. The method in this research uses descriptive qualitative case study approach. Data collection in this study uses observation, interviews and documentation. Subjects in this study were Bidikmisi students from 2013—2017. The results showed that each student has a different problem with other students in taking a period of study. For graduation, when compared to more Bidikmisi students who are not ontime.

Abstrak: Problematika yang dihadapi mahasiswa bidikmisi sangatlah beragam, faktor yang memengaruhi bukan hanya dari diri sendiri, melainkan faktor eksternal dan lingkungan sekitar. Penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan mengenai problematika yang dihadapi mahasiswa bidikmisi selama masa studi. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa bidikmisi dari angkatan 2013—2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap mahasiswa memiliki masalah yang berbeda dengan mahasiswa lainnya dalam menempuh masa studi. Untuk kelulusan, jika dibandingkan lebih banyak mahasiswa bidikmisi yang tidak tepat waktu.


Keywords


bidikmisi students; history education; mahasiswa bidikmisi; pendidikan sejarah

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Afida, Z. N. (2011). Pengaruh Beasiswa Bidikmisi dan Kemandirian Belajar terhadao Prestasi Belajar Mahasiswa Bidikmisi

Tahun Angkatan 2014 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Pendidikan

Bisnis dan Ekonomi, 4(2).

Al Amin, F. N., Indahwati., & Angraini, Y. (2013). Analisis Ketepatan Waktu Lulus Berdasarkan Karakteristik Mahasiswa Fem

dan Faperta menggunakan Metode Chart. Xplore: Journal of Statistics, 2(1), 1-8.

Albashtawi, A. H. (2014). Student’s Perspectives for the Encountered Problems & Challenges at the Department of English in

The Colege of Sciences & Arts In Alqurrayyat. International Journal of Education and Research, 2(2), 1-8.

Amira, N. (2006). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Terlambatnya Penyelesaian Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial

dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jurnal FISIP, 3(2), 1-14.

Aprilia K, T., Gusriani, N., & Parmikanti, K. (2016). Klasifikasi Ketepatan Masa Studi Mahasiswa FMIPA Unpad Angkatan

-2006 dengan Menggunakan Metode Classification and Regression Trees (CART). Jurnal Matematika Integratif,

(1), 7-14. https://doi.org/10.24198/jmi.v11.n1.7944.7-14

Arsana, I. W. B. (2016). Kecenderungan Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Fakultas Ekonomi dan

Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha Angkatan 2010. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 6(1), 1-10.

Aslinawati, E. N., & Mintarti, W. S. U. (2017). Keterlambatan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Angkatan 2012 (Studi Kasus di

Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 23-33.

DOI: https://dx.doi.org/10.17977/UM014v10i12017p026

Cresswell, J. W. (2014). Researh Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Etika, N., & Hasibuan, W. F. (2016). Deskripsi Masalah Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. Jurnal KOPASTA,

(1), 40–45.

Fahrurrozie., Kiswanto., & Asrori. (2018). Analisis Kendala dan Percepatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Jurusan Akutansi.

Jurnal Pendidikan dan Sosial, 28(1), 66-85.

Giyono. (2010). Bimbingan dan Konseling di Sekolah (Diktat). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Hamka, L., & Hartono. (2012). Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi FMIPA UNM Tahun Akademik

-2011. Jurnal Sainsmat, 1(1), 52-60.

Ihsan, H., & Zaki, A. (2015). Analisa Faktor-faktor Yang Menghambat Penyelesaian Studi Mahasiswa FMIPA UNM.

Jurnal Scientific Pinisi, 1(1), 25-33.

Kharismayanti, S. I. (2017). Pola Penggunaan Dana dan Gaya Hidup Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Fakultas

Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(4), 400-410.

Purwanto, M. N. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Raharjo. (2014). Problem dan Solusi Studi Mahasiswa Semester Tua. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 313-336.

Rahmiati. (2014). Analisis Kendala Internal Mahasiswa Dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Alidaulah, 4(2), 327-343.

Rismen, S. (2015). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Penyelesaian Skripsi di Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI.

LEMMA, 1(2), 57-62.

Rohmawan, E. P. (2018). Prediksi Kelulusan Mahasiswa Tepat Waktu Menggunakan Metode Decision Tree dan Artificial

Neural Network. Jurnal Ilmiah Matrik, 20(1), 21-30.

Samekto, D., Syafrudie, H. A., & Sutrisno (2014). Kecenderungan Lama Studi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Jalur

Reguler dan Non-Reguler Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 37(2), 153-166.

Siang, J. J. (2009). Cara Cepat Menyusun Skripsi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sudjana, N & Rivai A. (2001). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sugiarto, E. (2002). Psikolosi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: Gramedia.

Saparwadi, L., & Aini, Q. (2016). Identifikasi Masalah Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Matakuliah

Program Linear: Studi Kasus pada Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran dan

Penelitian Pendidikan, 14(1), 33-48.

Sumartini, D. (2018). Metode Guided Discovery Learning terhadap Tingkat Berpikir Kritis Siswa Dilihat dari Motivasi

Belajar. Indonesian Journal of Economics Education, 1(1), 1–8.

Takriyuddin, H., Mukmin, Z., & Yunus, M. (2016). Pengaruh Beasiswa Bidikmasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah

Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyah, 1(1), 49-60.

Widarto. (2017). Faktor Penghambat Studi Mahasiswa yang Tidak Lulus Tepat Waktu di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin

FT UNY. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 127-138.

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pegajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Yin, R. K. (2002). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grasindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Niki Dwi Ayuningtyas, Joko Sayono, Endang Sri Andayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License