Peran Disiplin Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK

Ikhwan Arif, Marji Marji, Syaad Patmanthara

Abstract


Abstract: Work discipline is a fundamental thing that must exist in every work environment. Vocational students in the learning period are trained to be accustomed to discipline so that they can easily adjust to the work environment later. The awareness of students in controlling soft skills is still lower than their mastery in the field of hard skills. Meanwhile, the industrial world considers soft skills to be the main thing in recruiting prospective employees. Work discipline affect on work readiness. Awareness of work discipline for students is very important to support self-quality so that students can become graduates who are ready to work.

Abstrak: Disiplin kerja merupakan hal mendasar yang pasti ada dalam setiap lingkungan kerja. Peserta didik SMK dalam masa pembelajaran dilatih untuk terbiasa disiplin agar mudah menyesuaikan diri di lingkungan kerja nantinya. Kesadaran peserta didik dalam pengendalian softskill masih lebih rendah dibandingkan dengan penguasaan mereka dalam bidang hardskill, sedangkan dunia industri menganggap bahwa softskill merupakan hal utama dalam merekrut calon karyawan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh disiplin kerja peserta didik terhadapt kesiapan kerja. Kesadaran akan disiplin kerja untuk peserta didik sangat penting untuk menunjang kualitas diri sehingga peserta didik dapat menjadi lulusan yang siap kerja.

Keywords


work discipline; soft skills; working readiness; disiplin kerja; soft skill; kesiapan kerja

Full Text:

PDF

References


Al-Dabbagh, B., Scornavacca, E., Sylvester, A., & Johnstone, D. (2015). The Effect of ICT Self-Discipline in the Workplace. ACIS 2015 Proceedings - 26th Australasian Conference on Information Systems, 2014, 1–13.

Arda, M. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Putri Hijau Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 45–60. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1097

Cavanagh, J., Burston, M., Southcombe, A., & Bartram, T. (2015). Contributing to a Graduate-Centred Understanding of Work Readiness: An Exploratory Study of Australian Undergraduate Students’ Perceptions of Their Employability. International Journal of Management Education, 13(3), 278–288. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2015.07.002

Faslah, R., & Savitri, M. T. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Kerja pada Karyawan PT. Kabelindo Murni, Tbk. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB), 1(2), 40–53. https://doi.org/10.21009/jpeb.001.2.3

Jörg-Peter Pahl. (2014). Vocational Education Research: Research on Vocational Pedagogy, Vocational Discipline and Vocational Didactics. 17–43.

Nurcahyo, A. (2011). Analisis Variabel-Variabel yang Memengaruhi Kinerja Karyawan pada PT. Quadra Mitra Perkasa Balikpapan. Jurnal Eksis, 7(2), 1972–1982.

Patmarina, H., & Wasilawati. (2014). Pengaruh Pengawasan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja dengan Mediasi Prestasi Koordinator Statistik Kecamatan (Study Kasus pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Tengah). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(1), 63–86.

Pincus, F. (1980). The False Promises of Community Colleges: Class Conflict and Vocational Education. Harvard Educational Review, 50(3), 332–361. https://doi.org/10.17763/haer.50.3.y733663386302231

PSMK. (2019). Bersama Kemenperin, SMK Hadapi Revolusi Industri 4.0. Direktorat Pembinaan SMK. http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/4130/bersama-kemenperin-smk-hadapi-revolusi-industri-40

Rofi, A. N. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja dan Pengalaman Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada Departemen Produksi PT. Leo Agung Raya Semarang. Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, 3, 1–21.

Sajangbati, I. A. (2013). Motivasi, Disiplin, dan Kepuasan Pengaruhnya terhadap Kinerja Pegawai PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 667–678. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2750

Sazali, I. A., & Murwatiningsih. (2013). Pengaruh Konsep Diri dan Kedisiplinan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Hidayah Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 94–98.

Singh, P., Thambusamy, R., Ramly, A., Abdullah, I. H., & Mahmud, Z. (2013). Perception Differential between Employers and Instructors on the Importance of Employability Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 90(2008), 616–625. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.07.133

Sulistyo, E. (2019). Pengaruh Disiplin, Motivasi, dan Praktik Kerja terhadap Kesiapan Kerja di Bidang Tata Boga: Studi pada Mahasiswa Manajemen Perhotelan, Universitas Dhyana Pura-Bali. Universitas Dhyana Pura-Bali.

Suwondo, D. I., & Sutanto, E. M. (2015). Hubungan Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(2), 135–144.

Tiarsih, R. M. (2019). Kontribusi Disiplin Praktik Kerja Tata Hidang dan Keterampilan Tatat Hidang dalam Kompetensi Dasar Pelayanan Makanan dan Minuman di Restoran terhadap Minat Kerja serta dampaknya pada Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri Kompetensi Keahlian Tata Boga Malang. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Pidato Pengukuhan Penerimaan Jabatan Professor Tetap dalam Bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Yanida, A. F., & Pramusinto, H. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Media Pembelajaran terhadap Kesiapan Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran pada Mata Diklat Mengelola Peralatan Kantor di SMK NU 01 Kendal. Economic Education Analysis Journal, 3(3), 516–522.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ikhwan Arif, Marji Marji, Syaad Patmanthara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License