Pengembangan Media Bimbingan Fliipbook Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi bagi Siswa Madrasah Ibtida’iyah Attaraqqie

Fayrus Abadi Slamet, Blasius Boli Lasan, Muslihati Muslihati

Abstract


Abstract: This study purpose to develop a flipbook guidance media on anti-corruption educational values for MI Attaraqqie students. This development research was designed using a 4D model. Validation of the data in this development research was obtained from the assessment of material, media, BK and user tests and the data was processed by determining the expert test index using the Inter-rater agreement model formula. In general, this development research resulted in flipbook guidance media on anti-corruption educational values as a medium in group guidance for students at MI Attaraqqie to provide information services to students as a function of understanding and prevention.

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media bimbingan flipbook nilai-nilai pendidikan antikorupsi bagi siswa MI Attaraqqie. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan menggunakan model 4D. Validasi data dalam penelitian pengembangan ini diperoleh dari penilaian uji ahli materi, media, BK dan uji pengguna serta data diolah dengan menentukan indeks uji ahli menggunakan rumus Inter-rater agreement model. Secara umum penelitian pengembangan ini menghasilkan media bimbingan flipbook nilai-nilai pendidikan antikorupsi sebagai media dalam bimbingan kelompok bagi siswa di MI Attaraqqie untuk memberikan layanan informasi terhadap siswa sebagai fungsi pemahaman dan pencegahan.

Keywords


flipbooks; anti-corruption education values; flipbook; nilai-nilai pendidikan antikorupsi

Full Text:

PDF

References


Apiek, G. (2014). Implementasi Pendidikan Antikorupsi Dalam Pembelajaran PKN dan Habituasi untuk Membangun Karakter Siswa. In UPI. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ardtiyani, M. F., & Kholifah, A. R. (2014). Penyuluhan Anti Korupsi Sejak Dini pada Anak-Anak Dusun Babadan, Selomirah, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 3(2), 81–85.

Badjuri, A. (2011). Peranan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai Lembaga Anti Korupsi di Indonesia. JBE Bisnis aan Ekonomi, 18(1), 84–96.

Barkatillah. (2018). Pengembangan Model Anti Korupsi Dalam Pembelajaran. Jurnal Al Risalah, 14(2), 169–185.

Choiriyah., Nadziroh., & Pratomo, W. (2017). Konsep Pembelajaran PKN dalam Menanamkan Pendidikan Antikorupsi Sejak Dini di Sekolah Dasar. Taman Cendekia, 1(01), 1–8.

Hakim, L. (2012). Model Integrasi Pendidikan Anti Korupsi Dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Pendidikan Agama Islam, 10(2), 141–156.

Harmanto. (2012). Pendidikan Antikorupsi Melalui Budaya Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Keislaman. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 100-122.

Harto, K. (2014). Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Agama. Jurnal Intizar, 20(1), 121–138.

Ilma, N. (2015). Moralisasi Antikorupsi Dalam Pendidikan Islam. Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 117–129.

Montessori, M. (2011). Pendidikan Antikorupsi Sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Demokrasi, 11(1), 293–301.

Mukodi., & Buhanuddin, A. (2014). Pendidikan Anti Korupsi Rekonstruksi Interpretatif dan Aplikatif di Sekolah. Yogyakarta: Aura Pustaka.

Nafisatul, W. (2013). Pendidikan Antikorupsi Berbasis Keluarga, Menyongsong Indonesia Emas 2045. Lorong: Media Pengkajian Sosial Budaya, 3(1).

Nugroho, B. S. (2018). Studi Perbandingan Penggunaan Media Berbasis Komik dengan Media Flipbook Maker Ditinjau dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Sekolah, 3(1), 42–47.

Oktaviani, A. S. (2014). Peran Pendidikan Dasar dalam Penanaman Nilai-Nilai Antikorupsi: Seminar Nasional “Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia,” 185.

Pramanta, F. D., Hasanah, U. U., & Kurniawan, R. (2018). Pengembangan Buku Cerita Interaktif Antikorupsi Berbasis Teknologi Augmented Reality. Integritas, 4(1), 57–76.

Rahardjo, S. (2014). Pendidikan Antikorupsi Melalui Bimbingan Kelompok. Seminar Nasional “Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia,” 135.

Satwika, P. A., Supratiwi, M., Anggarani, F. K., & Setyowati, R. (2017). Permainan Tradisional sebagai Bentuk Promotif Nilai Anti Korupsi Anak Usia Dini. Jurnal Wacana, 9(2), 101–111.

Shobirin, M. (2017). Model Penanaman Nilai Antikorupsi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 1(2), 107–117.

Sivasailam, T., Dorothy S, S., & Melvyn I, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana.

Slamet, W. (2019). Membangun Pendidikan Antikorupsi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 35–44.

Sukadari., Komalasari, M. D., & Mabruri, A. (2018). Efektivitas Penanaman Nilai Integritas pada Siswa SD melalui Buku Wayang Pandawa Bervisi Antikorupsi. Jurnal Integritas, 4(1), 217–244.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. JPSD, 3(2), 171–185.

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Al Ibtida, 3(2), 197–211.

Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296–301.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Antikorupsi di Sekolah. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. UIN Raden Intan Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fayrus Abadi Slamet, Blasius Boli Lasan, Muslihati Muslihati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License