Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan

Syaipul Pahru, Sa’dun Akbar, Imanuel Hitipeuw

Abstract


Abstract: This Study aimed to describe of the Adiwiyata program in spporting the formation of enviromental care characters in SDN Dinoyo 2. This is descriptive qualitative  research type of case study. The results showed that, SDN Dinoyo 2 in implementing Adiwiyata Program refers to four Adiwiyata standards. First, environmentaly sound policies are implemented by making a vision, mission and RKAS on environmental education. The second, implementation of the environment-based curriclum is implemented by making silabs, RPP, and teaching materials. The third participatory-based environmental activities are implemented throgh collaboration with various parties, extracurricular activities and creative and innovation activities. The fourth management of environmentally friendly supporting facillities and infrasstructure is implemented by providing supporting facillities and infrastrctre such as green school, composter, and cleaning eqipment. The formation of environmental care characters is done through spontaneous actions, examplary, school cultre, punishment and respect. Environmental care characters that appear as the impact of adiwiyata program implementation such as student responsibility are able to take responsibility for given tasks, student discipline always comes on time, student cooperation is able to work in teams, and creative students are able to process waste into valuable items.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan program Adiwiyata dalam mendukung pembentukan karakter peduli lingkungan di SDN Dinoyo 2. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Dinoyo 2 dalam melaksanakan program adiwiyata mengacu pada empat standar Adiwiyata. Pertama, kebijakan sekolah berwawasan lingkungan diimplementasikan dengan membuat visi, misi dan RKAS tentang pendidikan lingkunagn hidup. Kedua, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan di implementasikan dengan membuat Silbus, RPP, dan bahan ajar. Ketiga, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif diimplemtasikan melalui kerja sama dengan berbagai pihak, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan kreasi dan inovasi. Keempat, pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan diimplemtasikan dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung, seperti green school, komposter, perlengkapan kebersihan. Pembentukan karakter peduli lingkungan dilakukan melalui tindakan sepontan, keteladanan, budaya sekolah, hukuman dan penghargaan. Karakter peduli lingkungan yang tampak sebagai dampak pelaksanaan program adiwiyata seperti tanggung jawab siswa mampu bertanggung jawab terhadap tugas-tgas yang diberikan, disiplin siswa selalu datang tepat waktu, kerjasama siswa mampu bekerjasama dalam  tim, dan kreatif siswa mampu mengolah sampah menjadi barang berharga.


Keywords


program adiwiyata; karakter peduli lingkungan; adiwiyata program; caring character environment

Full Text:

PDF

References


Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak untuk Peduli Lingkungan yang ada di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 123–133.

Aisyah, A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K. (2014). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(3), 44–50.

Akbar, S. (2011). Revitalisasi Pendidikan Karakter Sekolah Dasar: Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Akbar, S., Arafiq, M., & Layli, H. (2014). Model Pendidikan Karakter yang Baik (Studi Lintas Situs Bests Practices) Pendidikan Karakter di SD. Sekolah Dasar : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 23(2), 139–151.

Anggraini, M. S. A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah di SDN Kotagede 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(3), 151–158.

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 221–229.

Azmi, F. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa melalui Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi, 9(5), 125–132.

Barnawi, & Arifin, M. (2012). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bonnet, M. (2007). Environmental Education and the Issue of Nature. Journal of Curriculum Studies, 39(6), 707–721. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00220270701447149

Chiu, M. M., & Chow, B. W. Y. (2011). Classroom Discipline Across Forty-One Countries: School, Economic, and Cultural Differences. Journal of Cross-Cultural Psychology, 43(3), 516–533.

Istiqomah. (2008). Mengembangkan Karakter Kerjasama Siswa Sekolah Dasar dengan Pembelajaran Kolaboratif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Mahfud. (2013). Berpikir dalam Belajar; Membentuk Karakter Kreatif Peserta Didik. Jurnal At Tarbawi Al Haditsah, 1(2), 1–26.

Megasari, R. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP 5 Bukittinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 636–831.

Novitasari, A. (2019). Pemberian Reward and Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27–33.

Nucci, L., & Narvaez, D. (2008). Handbook of Moral and Character Education (Educational Psychology Handbook). New York: Routledge.

Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2020). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155–164.

Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru. Jurnal Harmony, 4(1), 19–32.

Ramadhanti, M., Sumantri, M. S., & Edwita. (2019). Pembentukan Karakter dalam Pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time). Jurnal Educate, 4(1), 9–17.

Rohmah, J. (2018). Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Melalui Pujian. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 2(1), 118–133. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.117-134

Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 13(1), 67–88.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Disain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Simbolon, B. R. (2010). Paket Materi Pembelajaran Inkuiri dalam Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Prilaku Berwawasan Lingkungan Siswa SD di Jakarta. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, Vol XI (2), 1–20.

Sukarto. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan (Studi Multikasus di MIN Tegalasri Wlingi Blitar dan SDN 1 Sukun Kota Malang). Journal of Education and Religious Studies, Volume X ((2), 73–82.

Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29–33.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syaipul Pahru, Sa’dun Akbar, Imanuel Hitipeuw

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License