Implementasi Model Pembelajaran Montessori Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini

Sulastya Ningsih, Bambang Budi Wiyono, Adi Atmoko

Abstract


Abstract: The application of Montessori learning model is able to form the character of early childhood discipline optimally. The focus of this research is planning, implementing and evaluating the Montessori learning model in shaping the character of discipline in children at Tk Aba 36 Malang. This research uses qualitative methods, the type of research is a case study. Data collection are techniques of observation, interview and documentation. The results of this study indicate that the formation of disciplinary character through habituation, role model and consistency so as to make children able to be self-disciplined, independent and responsible. So that, children develop very well in arranging their own shoes, lining up for washing hands, returning toys, keeping classrooms clean and disposing of trash in its place.

Abstrak: Penerapan model pembelajaran Montessori mampu membentuk karakter disiplin anak usia dini secara optimal. Focus penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi model pembelajaran Montessori dalam membentuk karakter disiplin pada anak di Tk Aba 36 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui obervasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembentukan karakter disiplin melalui pembiasaan, tauladan serta konsisten sehingga menjadikan anak mampu berdisplin diri, mandiri serta bertanggung jawab. Terlihat dari, anak berkembang sangat baik dalam menata sepatu sendiri, antri mencuci tangan, mengembalikan mainan, menjaga kebersihan ruang kelas serta membuang sampah pada tempatnya.

Keywords


montessori learning model; discipline; model pembelajaran montessori; disiplin

Full Text:

PDF

References


Adisti, A. R. (2016). Perpaduan Konsep Islam dengan Metode Montessori dalam Membangun Karakter Anak. Mudarrisa, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 61–88. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v8i1.61-88

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arofah, L. (2017). Pentingnya Siswa Memiliki Self Discipline sebagai Alternatif Penguatan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter, 117–122.

Aulina. (2013). Penanaman Disiplin pada Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogia. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36–49.

Bahmaee, A. B., Saadatmand, Z., & Yarmohammadian, M. H. (2015). Principle Elements of Curriculum in the Preschool Pattern of Montessori. International Education Studies, 9(1), 148. https://doi.org/10.5539/ies.v9n1p148

Calista, V., Kurniah, N., & Ardina, M. (2019). Hubungan Reinforcement Terhadap Disiplin Anak Usia Dini Di Paud Pembina 1 Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kuantitatif Di Paud Pembina 1 Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 13–17. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.13-17

Crain, W. (2007). Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Pelajar.

Elytasari, S. (2017). Esensi Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Arraniry, 3(1), 59–73.

Emiyati, A. (2018). Mendisiplin Anak Menurut Prinsip Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 2(2), 147-156. https://doi.org/10.46445/ejti.v2i2.109

Fajarwati, I. (2017). Konsep Montessori Tentang Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 37–52. https://doi.org/10.14421/jpai.2014.111-03

Faryadi, Q. (2017). The Application of Montessori Method in Learning Mathematics: An Experimental Research. OALib, 04(11), 1–14. https://doi.org/10.4236/oalib.1104140

Fiana, F. J., & Ridha, M. (2013). KONSELOR | Jurnal Ilmiah Konseling Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Ilmiah Konseling, 2(4), 26–33.

Fujikawa, S., Ando, S., Nishida, A., Usami, S., Koike, S., Yamasaki, S., Morimoto, Y., Toriyama, R., Kanata, S., Sugimoto, N., Sasaki, T., Furukawa, T. A., Hiraiwa-Hasegawa, M., & Kasai, K. (2018). Disciplinary Slapping is Associated with bullying Involvement Regardless of Warm Parenting in Early Adolescence. Journal of Adolescence, 68(7), 207–216. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2018.07.018

Ghasya, D. A. V. (2013). Keterkaitan Penerapan Metode Pembelajaran Montessori untuk Mencapai Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 112–125.

Gutek, G. L. (2013). Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD. Jakarta: Pustaka Belajar.

Hardiyanti Sri. (2018). Model Penanaman Disiplin Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Bereriontasi Aktivitas Siswa (Studi Multikasus di MIN 2 Kota Mataram dan MI Riyadlusshibyan). Tesis tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hidayatulloh, M. A. (2014). Lingkungan Menyenangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori. Nadwa, 8(1), 139. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.574

Lillard, A. S. (2012). Preschool Children’s Development in Classic Montessori, Supplemented Montessori, and Conventional Programs. Journal of School Psychology, 50(3), 379–401. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2012.01.001

Lillard, A. S. (2013). Playful Learning and Montessori Education. American Journal of Play, 5(2), 157–186.

Marshall, C. (2017). Montessori Education: A Review of the Evidence Base. Npj Science of Learning, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.1038/s41539-017-0012-7

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran Orangtua dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688

Masyrofah. (2017). Model Pembelajaran Montessori Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–12.

Moenir, H. A. S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, J. L. (2015). Metode Penelitian Kualitatif (3rd ed.). PT Remaja Rosdakarya Offset.

Randolph, J. J., Bryson, A., Menon, L., Michaels, S., Rosenstein, D. L. W., & McPherson, W. (2016). PROTOCOL: Montessori Education for Improving Academic and Social/Behavioral Outcomes for Elementary Students. Campbell Systematic Reviews, 12(1), 1–32. https://doi.org/10.1002/cl2.152

Rimm, S. (2013). Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia pustaka Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuatintatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukandirrumidi. (2006). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Gajah Mada University Press.

Sumitra, A. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif di PAUD Assya’idiyah Kab. Bandung Barat). Jurnal Empowerment, 4(1), 60–70.

Susanto, A., Jakarta, U. M., Kh, J., Dahlan, A., & Jakarta, C. (2017). Proses Habituasi Nilai Disiplin Pada Anak Usia Dini Dalam Kerangka Pembentukan Karakter Bangsa. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 18–34.

Taillieu, T. L., & Brownridge, D. A. (2013). Aggressive Parental Discipline Experienced in Childhood and Internalizing Problems in Early Adulthood. Journal of Family Violence, 28(5), 445–458. https://doi.org/10.1007/s10896-013-9513-1

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3216

Yuz, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sulastya Ningsih, Bambang Budi Wiyono, Adi Atmoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License