Metode Pembiasaan dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak

Alfiana Fajarwatiningtyas, Sa’dun Akbar, M. Ishaq

Abstract


Abstract: The results of a preliminary study conducted at Children Center Brawijaya Smart School UB Malang shows the character of independence is one of the things that is highlighted in daily habituation. The school carries out programmed activities that are carried out at any time to develop children's independence. This type of research used in this research is qualitative research. Research results obtained from the method of habituation and behavior of children in school through 3 activities, namely routine activities, spontaneous activities, and programmed activities. Programmed activities carried out through the class picket program which is carried out 5 minutes after learning is finished. Through this habituation can encourage the habit of independence in children.

Abstrak: Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di Children Center Brawijaya Smart School UB Kota Malang menunjukkan bahwa karakter kemandirian merupakan salah satu hal yang ditonjolkan dalam pembiasaan sehari-hari. Sekolah tersebut menerapkan kegiatan terprogram yang dilakukan setiap harinya untuk mengembangkan kemandirian anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa metode pembiasaan dan perilaku kemandirian anak di sekolah melalui tiga kegiatan, yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan kegiatan terprogram. Kegiatan terprogram yang dilakukan yaitu melalui program piket kelas yang dilakukan lima menit setelah pembelajaran selesai. Melalui pembiasaan tersebut dapat mendorong perilaku kemandirian dalam diri anak.


Keywords


habituation method; independent character; metode pembiasaan; karakter kemandirian

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529

Benito, K. G., & Walther, M. (2015). Therapeutic process during exposure: Habituation model. Journal of Obsessive-Compulsive and Related Disorders, 6, 147–157. https://doi.org/10.1016/j.jocrd.2015.01.006

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Chasanah, L. (2016). Penumbuhan Karakter Kemandirian pada Anak Usia Dini di “PAUD Karakter Pelangi Nusantara” Semarang.

Cohen, N., & Arieli, T. (2011). Field Research in Conflict Environments: Methodological Challenges and Snowball Sampling. Journal of Peace Research, 48(4), 423–435. https://doi.org/10.1177/0022343311405698

Rusmayanti, R. (2016). Penggunaan Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Perilaku Moral Anak Kelompok B di TK Bina Anak Sholeh Tuban. Jurnal BK UNESA, 4(1), 1–9.

Epstein, L. H., Robinson, J. L., Roemmich, J. N., & Marusewski, A. (2011). Slow Rates of Habituation Predict Greater zBMI Gains Over 12 Months in Lean Children. Eating Behaviors, 12(3), 214–218. https://doi.org/10.1016/j.eatbeh.2011.05.001

Fadlillah, Muhammad & Khorida, Lilif Mualifafu. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gularso, D., & Firoini, K. A. (2015). Pendidikan Karakter Melalui Program Pembiasaan di SD Islam Terpadu Insan Utama Bantul Yogyakarta. Trirahayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1, 19–25.

Kusumaningtyas, L. E. (2015). Dampak Overproktektif terhadap Perkembangan Kemandirian Anak. Widya Wacana, 10(1), 1–12.

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427

Nurhayati, H. (2015). Hubungan Kelekatan Aman (Secure Attachment) Anak pada Orangtua dengan Kemandirian Anak Kelompok B TK PKK 37 Dodogan Jatimulyo Dlingo Bantul. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rantina, M. (2015). Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life (Penelitian Tindakan di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota , Tahun 2015 ) PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta diarahkan untuk mengembangkan peneliti melakukan observasi ke TK Negeri Pembina Kabupate.

Sa’ida, N. (2016). Kemandirian Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Mandiri Desa Sumber Asri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Pedagogi, 2(3), 90.

Sari Dewi, M. (2017). Proses Pembiasaan dan Peran Orang Terdekat Anak sebagai Upaya Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1), 84–98.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Tafsir, A. (2011). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiyani, N. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i4.14692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alfiana Fajarwatiningtyas, Sa’dun Akbar, M. Ishaq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License