Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Fasilitas Pembelajaran dengan Kreativitas Guru sebagai Tenaga Pendidik di SMP Negeri se-Kota Malang

Nur Amaliyah Hanum, Ahmad Yusuf Sobri, Asep Sunandar

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to describe and determine the relationship between principal leadership, school climate, and learning facilities with the creativity of teachers as educators in SMPN Malang. This study uses a quantitative approach with a descriptive correlational research design. The results showed that there was a relationship between principal leadership and creativity of teachers as educators with the weak category in SMPN Malang; there was a relationship between school climate and creativity of teachers as educators with a strong category in SMPN Malang; there was a relationship between learning facilities and creativity of teachers as educators with a strong category in SMPN Malang; there was a relationship between principal leadership, school climate, and learning facilities with creativity of teachers as educators with a strong categories in SMPN Malang.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengatahui hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan fasilitas pembelajaran dengan kreativitas guru sebagai tenaga pendidik di SMPN Se- Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif rancangan deskriptif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kreativitas guru sebagai tenaga pendidik dengan kategori lemah di SMPN Se- Kota Malang; adanya hubungan antara iklim sekolah dengan kreativitas guru sebagai tenaga pendidik dengan kategori kuat di SMPN Se- Kota Malang; adanya hubungan antara fasilitas pembelajaran dengan kreativitas guru sebagai tenaga pendidik dengan kategori kuat di SMPN Se- Kota Malang; adanya hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan fasilitas pembelajaran dengan kreativitas guru sebagai tenaga pendidik dengan kategori kuat di SMPN Se- Kota Malang.

Keywords


principal's leadership; school climate; learning facilities; kepemimpinan kepala sekolah; iklim sekolah; fasilitas pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, T. (2007). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kreativitas Guru IPA SMP Negeri Se Kota Pekalongan. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S., & Yuliana. (2012). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Aditya Media.

Awaliatun, D. E. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Keinovatifan dan Kreativitas Guru SMP Negeri di Kecamatan Semarang Barat. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang.

Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631

Fadloli, Somantri, M., & Zakaria. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kreativitas Guru SD Negeri Sekecamatan Ketahun. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ghifar, R., Yusuf, A. E., Sumardi, S., & Wulandari, F. (2019). Peningkatan Kreativitas Guru melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 790–799. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1328

Glen, I. (2006). School Facility Condition and Student Academic. Achievement Los Angeles: UCLA Institute for Democrary, Education, and Acces.

Hadiyanto, H. (2016). Teori & Pengembangan Iklim Kelas & Iklim Sekolah. Jakarta: Kencana.

Hao, M. J., & Yazdanifard, R. (2015). How Effective Leadership can Facilitate Change. Global Journal of Management and Business Research: Administration and Management, 15(9), 0–6.

Hawadi, R. (2001). Psikologi Perkembangan Anak: Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Manik, S., Sulaiman, & Mislinawati. (2016). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kreativitas Guru di SDN Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 46–54.

Mukhtar, K. A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kreativitas Guru MTSN Se-Kabupaten Madiun. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 9–23.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa, E. (2015). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Munandar, U. (2002). Kreativitas & Keterbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Putri, A. P. (2015). Kontribusi Iklim Kerja terhadap Kreativitas Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 739–759.

Retnaningsih, D. (2019). Tantangan dan Strategi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0., September, 23–30.

Soesilo, T. (2014). Pengembangan Kreativitas Melalui Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Ombak.

Sugiono. (2018). Pengaruh Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kreativitas Guru Kelas Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Pasir Sakti Lampung Timur. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian, 3(2), 182–195.

Sujarweni, V. (2014). SPSS untuk Penelitian. Jakarta: Pustaka Baru Press.

Suryosubroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syahril, S., & Hadiyanto, H. (2018). Improving School Climate for Better Quality Educational Management. Journal of Educational and Learning Studies, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.32698/0182

Terry, H., Umbase, R. S., Pelealu, A. E., Burdam, Y., & Dasfordate, A. (2018). Teacher Creativity and School Climate. Advances in Social Science, Education and Humanitiies Research, 226(Icss), 708–710. https://doi.org/10.2991/icss-18.2018.143

Triyanah, T., & Suryadi, E. (2016). Iklim Sekolah sebagai Determinan Semangat Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 72–79. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3333

Wahyuni, S. (2014). Pengaruh Fasilitas Pembelajaran terhadap Kreativitas Guru pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Yazid, I. (2019). Pengaruh Fasilitas Pembelajaran terhadap Kreativitas Pendidik di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Tesis tidak diterbitkan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i4.14705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Amaliyah Hanum, Ahmad Yusuf Sobri, Asep Sunandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License