Bahan Ajar Menyusun Karya Ilmiah Mahasiswa Bermedia Web

Rifqi Rohmanul Khakim, Dawud Dawud, Titik Harsiati

Abstract


Abstract: This development research aims to produce teaching material products to compile web-media scientific papers used by students in scientific Indonesian courses in tertiary institutions. The development model used is the ADDIE model which includes analyze, design, development, implementation, and evaluation. The development of teaching materials products takes into account four aspects, namely content / substance, visual appearance (user interface), user experience (user experience), and language. Product assessment was carried out in four groups, namely experts in scientific writing, learning media experts, practitioners, and students. The results of the assessment of the four groups obtained a percentage of 86.6% which stated that the teaching material product was very feasible and ready to be implemented.

Abstrak: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk untuk menghasilkan produk bahan ajar menyusun karya ilmiah bermedia web yang digunakan mahasiswa dalam matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan di Perguruan Tinggi. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE meliputi analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Pengembangan produk bahan ajar ini memperhatikan empat aspek, yaitu isi/substansi, tampilan visual (user interface), pengalaman pengguna (user experience), dan bahasa. Penilaian produk dilakukan kepada empat kelompok, yaitu ahli penyusunan karya ilmiah, ahli media pembelajaran, praktisi, dan mahasiswa. Hasil penilaian dari keempat kelompok tersebut mendapatkan persentase sebesar 86,6% yang menyatakan bahwa produk bahan ajar sangat layak dan siap untuk diimplementasikan.

Keywords


teaching materials; scientific work; web media; bahan ajar; karya ilmiah; bermedia web

Full Text:

PDF

References


Dewi, H., Suwignyo, H., & Maryaeni. (2018). Bahan Ajar Menulis Teks Fabel Bermuatan Nilai Kehidupan. Jurnal Pendidikan:

Teori, Penelitian dan Pengembangan, 3(8), 1032-1038.

Firdian , F., & Maulana, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Matakuliah Aplikasi Software. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 822-828.

Kapitan, Y., Harsiati, T., & Basuki , I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 100-106.

Khoirotunnisa, R., Hasanah, M., & Dermawan, T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Bemuatan Nilai Budaya dengan Strategi Pohon Kata untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 238-244.

Lado, R. (2008). Language Teaching: A Scientific Approach. Bombay New Delhi: Tata Mc Graw Publishing.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1-10.

Mutiarazani. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Keilmuan Berbasis Teks/Genre untuk Mengembangkan Nilai Kejujuran. Malang: Program Pascasarjana.

PNRI. (2012). Berita Negara Perpres Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Negara (KKNI) dalam Kurikulum Perguruan Tinggi. Jakarta: PNRI.

Reiser, R. (2011). A History of Instructional Design and Technology, Trends and Issues in Instructional Design and Technology. New Jersey: Prentice Hall College.

Romiszowski, A. (1991). Designing Instructional System Decision Making in Course Planning and Curriculum Design. London: Kogan Page.

Rusman, & Kurniawan, D. (2011). Pembelajaaran Berbasis Tekhnologi Informasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saddhono, K. (2012). Kajian Sosiolinguistik Pemakaian Bahasa Mahasiswa Asing dalam Pembelajaran Bahsa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Sebelas Maret. Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra 24(2), 176-186.

Sari, H., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 1008–1016.

Sari, N., Saddhono, K., & Suyitno. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis Puisi dengan Metode Field Trip pada Siswa SMP. Basastra: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1(3), 540-550.

Siahaan. (2010). Pemanfaatan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi dalamm Pembelajaran. Jakarta: Pustekkomdiknas.

Sjukur, S. (2012). Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368-378.

Supardi, S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71-81.

Suryaningsih, N., & Kusmana, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Karya Tulis Ilmiah Berbasis Pendekatan Konstruktitvisme. Jurnal Pendidikan Bahasa Sekolah Pascasarjana 7(2).

Tahar, I., & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(2), 91—101.

Thamrin. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Vokasional. Malang: Program Pascasarjana.

Wahyuningsih, A. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 102-110.

Yuliana, O., Patmanthara, S., & Wibawa, A. (2018). Game Edukasi Ular Tangga Bermuatan Teams Game Tournament Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1632-1638.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rifqi Rohmanul Khakim, Dawud Dawud, Titik Harsiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License