Pengaruh Mutu Layanan Akademik, Sarana dan Prasarana Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana Terintegrasi di Fakultas Program Magister Universitas Negeri Malang

Elvia Baby Shahbana, Agus Timan, Sultoni Sultoni

Abstract


Abstract: This research was conducted to determine whether there is a significant influence between the quality of academic services, facilities and infrastructure on integrated graduate student satisfaction in the faculty. The results of this study (1) there is a significant influence between X1 and Y with a regression coefficient value of 0.510 with a probability value of 0.00, this value is <0.05. ). (2) There is a significant influence between X2 and Y with a regression coefficient value of 0.477 with a probability value of 0.00, this value is <0.05. (3) There is a significant influence between X1, X2 on Y with a coefficient value of 0.924 with a probability value of 0.00 that the value is <0.05.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan akademik, sarana dan prasarana terhadap kepuasan mahasiswa pascasarjana terintegrasi di fakultas. Hasil penelitian ini (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara X1 terhadap Y dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,368 dengan nilai probabilitas 0,00, nilainya <0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara X2 dan Y dengan nilai koefisien regresi 0,637 dengan nilai probabilitas 0,00, nilai ini <0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara X1, X2 terhadap Y dengan nilai koefisien 0,952 dengan nilai probabilitas 0,00 yang nilainya <0,05.

Keywords


academic services; facilities and infrastructure; student satisfaction; integrated postgraduate; layanan akademik; sarana dan prasarana; kepuasan mahasiswa; pascasarjana terintegrasi

Full Text:

PDF

References


Bowang Darmawan. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pelopor Pendidikan, 06(02).

Goetsch, David, & Davis. (2002). Pengantar Manajemen Mutu 2, Ed. Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Prenhallindo.

Hanifa, G., Sentosa, S. U., & Armiati, A. (2019). Pengaruh Persepsi Tentang Sarana Prasarana Perkuliahan dan Pelayanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang). Jurnal Ecogen, 1(4), 837. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5663

Juhana, D., & Mulyawan, A. (2015). Pengaruh Kualitas Jasa Pendidikan terhadap Kepuasan Mahasiswa di STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(1), 1–15.

Kotler. (2005). Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi Ketiga Belas). Jakarta: PT Indeks.

Kurbani, A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Fasilitas Pendidikan terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah pada Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 23.

Mico, S. (2020). Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Perguruan Tinggi: Perspektif Manajemen Pemasaran. Surabaya: PT Scopindo Media Pustaka.

Mulyawan, A., & Rinawati. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikainya pada Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 10(2), 119–131.

Musa, M. F., Baharum, A., & Zarita. (2012). Higher Education Physical Assets and Facilities. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 50(July), 472–478. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.051

Nurul Qomariyah. (2012). Jurnal Aplikasi dan Manajemen (pp. 177–187). pp. 177–187.

Parasuraman, Zeithami, & Berry. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. USA: The Free Press.

Purwandani, D., Sutarsih, C., & Sururi. (2014). Pengaruh Mutu Layanan Sarana dan Prasarana Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal ADPEND, 80–90.

Rahmawati, D. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Economia, 9(1), 52–65. https://doi.org/10.21831/economia.v9i1.1376

Ristiani, I. Y. (2017). Pengaruh Sarana Prasarana dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien (Studi pada Pasien Rawat Jalan Unit Poliklinik IPDN Jatinegoro). Jurnal Coopetition, 8(2), 155–166.

Siram, R. (2015). Manajemen Penjaminan Mutu Layanan Akademik Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 21(1), 111047.

Sudiro. (2015). Pengaruh Sarana, Proses Pembelajaran, dan Persepsi Kinerja Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal Saintech Politeknik Indonusa Surakarta, 1 (4).

Sugiarti, I., Cahyoadi, B., & Sari, E. Y. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Sarana Prasarana Perpustakaan terhadap Kepuasan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 di STKIP PGRI Tulungagung. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2).

Sunandar, A. (2016). Manajemen Perguruan Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suryapermana, N. (2016). Mutu Layanan Akademik Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten. Tarbawi, 2(02).

Wirtz, J., & Lovelock, C. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa, Alih Bahasa Agus Widyantoro, Cetakan Kedua. Jakarta: PT Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Elvia Baby Shahbana, Agus Timan, Sultoni Sultoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License