Pengaruh Penggunaan Rak Rangkaian dan Self Confidence terhadap Hasil Belajar Kelistrikan Bodi Siswa SMK

Muhammad Yusufrakadhinata, Marji Marji, Syarif Suhartadi

Abstract


Abstract: The purposes of the research is to determine (1) the differences in learning outcomes of body electricity between groups using safety-based circuit racks (RRBS) and conventional circuit racks (RRK), (2) the differences in learning outcomes in body electrical between groups of students who have low, medium and high self-confidence. Data analysis used Two Ways ANOVA. The sample of this research is class XI TKR 1 & 4. The results of this study are (1) there is a significant difference in the learning outcomes of body electricity between the groups using RRBS and RRK. (2) there is a significant difference in the learning outcomes of body electricity between groups of students who have low, medium and high self confidence.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar kelistrikan bodi antara kelompok yang menggunakan rak rangkaian berbasis safety (RRBS) dengan rak rangkaian konvensional (RRK); (2) mengetahui perbedaan hasil belajar kelistrikan bodi antara kelompok siswa yang mempunyai low, medium and high self confidence. Analisis data menggunakan Anova 2 jalur. Sampel penelitian ini adalah kelas XI TKR 1 dan 4. Hasil dari penelitian ini adalah (1) ada perbedaan yang  signifikan hasil belajar kelistrikan bodi antara kelompok yang menggunakan RRBS dengan RRK. (2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar kelistrikan bodi antara kelompok siswa yang mempunyai low, medium and high self confidence.

Keywords


self-confidence; learning outcomes; electricity; self confidence; hasil belajar; kelistrikan

Full Text:

PDF

References


Afifah, A., Hamidah, D., & Burhani, I. (2019). Studi Komparasi Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa Antara Kelas Homogen dengan Kelas Heterogen di Sekolah Menengah Atas. Jurnal IAIN Kediri, 3(1), 43–51.

Agustyaningrum, N & Suryantini, S. (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Batam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 182–188.

Ameliah, I. H., Munawaroh, M., & Muchyidin, A. (2016). Pengaruh Keingintahuan dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTs Negeri I Kota Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 9–21.

Andriani, D. (2018). Pengaruh Percaya Diri, Kebiasaan Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 2(1), 19-28.

Arisno, T., & Suprapto. (2012). Penggunaan Panel Peraga dan Wiring Diagram Sistem Penerangan Mobil terhadap Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif Siswa Teknik Otomotif. JPTM, 12(1), 40–43.

Aswan, & Aulia. (2019). Pembelajaran Menulis Puisi melalui Media Sosial Instagram sebagai Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Tiga Kementrian, 245–251.

Bahri & Huda. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar KBGT di SMKN 1 Padang. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(3), 23-29. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105083

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Firdaus, G. A., Situmorang, R., & Akbar, Z. (2020). Vlog Dalam Pembelajaran IPS dan Kepercayaan Diri Sỉswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Ghufron, M., & Risnawita, S. (2010). Teori- Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Gunawan, A. W. (2012). Genius Learning StrategiPetunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia.

Kristanto, D. R., & Ansori, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Kelistrikan Body Otomotif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa D3 Teknik Mesin UNESA. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(3), 40-49.

Leow, M. F. (2014). Interactive Multimedia Learning Innovating Classroom Education in a Malaysian University. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2), 99–110.

Marjati, J. K., Ummi, H. Y., & Rita. (2010). Asuhan Kebidanan pada Kehamilan Fisiologis. Jakarta: Salemba Medika.

Mawaddah, N., Syahrilfuddin, & Noviana, E. (2020). Hubungan Antara Self Confidence dengan Hasil Belajar Matematika Sỉswa Kelas V SD Negeri 136 Pekanbaru. Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(1), 261–274.

Mubarak, W. (2011). Promosi Kesehatan Masyarakat untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Neolaka, R. S., Suprapto, E., Priyono, & Bianome, W. (2020). Pengaruh Penggunaan Trainer Sistem Penerangan Sepeda Motor terhadap Prestasi Belajar Perbaikan Sistem Kelistrikan Kendaraan Ringan Siswa SMK Negeri 5 Kota Kupang. Komodo: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(1), 15–24.

Nopriyanti & Sudira. (2015). Developing Interactive Learning Multimedia The B Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematik, 2(2), 8–18.

Nugroho & Susanto. (2019). Pengembangan Media Pembeljaran Sistem Kelistrikan untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Program Keahlian TBSM SMK Pancasila 1 Kutoharjo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2(1), 19–28.

Nuryana, E., Kusumah, I. H., & Noor, R. A. M. (2017). Komparasi Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Berdasarkan Hasil Belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 178–184.

Salamah, F. N., & Amelia, R. (2019). Upaya Meningkatkan Self Confidence Sỉswa SMK menggunakan Pendekatan Open Ended. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 28–33. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.68

Saparani, A. E., T, A. Y., & Riyanti, S. (2018). Self Confidence dan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Problem Solving di SMAN 1 Bonti. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3).

Saputro. (2019). ADHD (Attention Deficit/Hyperactivity Disorder). Jakarta: Sagung Seto.

Sholiha. (2020). Hubungan Self Concept dan Self Confidence. Jurnal Psikologi, 7(1), 41–55.

Sukmawardana, Y., Endramawan, P., & Hariwibowo, A. (2016). Pembuatan Media Pembelajaran Trainer Instalasi Listrik Penerangan pada Mata Pelajaran Instalasi Listrik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sỉswa Kelas XI SMK PGRI 1 Mejayan Tahun Pelajaran 2015/2016. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 1(2), 70–76.

Sulaiman, U. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Dalam Pembelajaran terhadap Keterampilan Literasi Sỉswa Kelas Awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makassar. Jurnal Al-Kalam, IX(2).

Ulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 72–80.

Wiriyanti, M., Syarif, S., Ahmad, M., Prihartini, S. D., & Wahyu, I. S. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis WEB Terhadap Peningkatan Keterampilan Praktikum Asuhan Kala II Persalinan Mahasiswa DIII Kebidanan. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, edisi khusus 2020, 77-81




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Yusufrakadhinata, Marji Marji, Syarif Suhartadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License