Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Semangat Kerja Guru

Dita Fitriana, Ali Imron, Mustiningsih Mustiningsih

Abstract


Abstract: This study aims to find out the relationship of the variable managerial skills of the principal, and the organizational climate to the spirit of teacher work in Senior High School in Mojokerto. This study uses a quantitative approach with multiple linear regression analysis methods. The result of this study is that teachers have a high spirit of work. Then the principal at senior high school in Mojokerto has good managerial skills. Furthermore, Senior High School in Mojokerto has an excellent organizational climate. There is a link between the principal's managerial skills and the organization's climate to the teacher's work spirit.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari variabel keterampilan manajerial kepala sekolah, dan iklim organisasi terhadap semangat kerja guru di SMA Negeri Se-Kabupaten dan Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah guru di SMA Negeri Se-Kabupaten Mojokerto dan Kota memiliki semangat kerja yang tinggi. Kemudian kepala sekolah di SMA Negeri Se-Kabupaten dan Kota Mojokerto memiliki kemampuan keterampilan manajerial sekolah yang baik. Selanjutnya, SMA Negeri Se-Kabupaten Mojokerto memiliki iklim organisasi yang sangat baik. Terdapat hubungan antara keterampilan manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap semangat kerja guru.

Keywords


managerial skills; organizational climate; spirit at work; keterampilan manajerial; iklim organisasi; semangat kerja

Full Text:

PDF

References


Aan, K., & Cepi, T. (2005). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Alexandermaramis, A., Rumengan, J., & Manjang, Y. (2019). Competence Determination, Work Spirit, Work Environment with Work Motivation as a Variable Intervening on Personnel Work Satisfaction Lingga Polres. Zona Manajemen: Program Studi Magister Sains Manajemen Universitas Batam, 9(1), 12-21.

Bafadal, I. (2006). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hasanah, N. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan. Al-Iltizam, 2(1), 24–50.

Hasibuan, M. S. P. (2008). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Maghfiroh, L. (2018). Pengaruh Tingkat Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru PAI di SMP Bahauddin Ngelom Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Majorsy, U. (2007). Kepuasan Kerja, Semangat Kerja Dan Komitmen Organisasional Pada Staf Pengajar Universitas Gunadarma. Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 1(1), 98435. https://doi.org/10.35760/psi

Mohyi, A. (1999). Teori dan Perilaku Organisasi, Cara Mengelola dan Mengembangkan Organisasi. Malang: UMM Press.

Nurdin, D. (2015). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Membangun Iklim Sekolah dan Kepuasaan Guru di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 24(1), 45–56.

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, A. (2018). Business Research Methods, Quantitative Approaches, Qualitative, Combinations, and R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Pustaka Baru Press.

Sujianto, A. E. (2009). Aplikasi Statistik Dengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Sukmadinata, S. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.

Wahjosumidjo, S. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permsasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahyosumidjo, S. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Werang, B. R. (2018). Pengaruh Keterampilan Managerial Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Komitmen Kerja Guru Sekolah Dasar Kristen di Kabupaten Boven Digoel. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 159–174. https://doi.-org/¬¬10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2650

Wiyono, B. B. (2007). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research). Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i7.14913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dita Fitriana, Ali Imron, Mustiningsih Mustiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License