Pengembangan Buku Geografi Critical Thinking Materi Indonesia Poros Maritim Dunia untuk SMA/MA

Hastya Rizkananda Masitoh, Budijanto Budijanto, Singgih Susilo

Abstract


Abstract: This research design used reseach and development design, in the form of geography textbook based on critical thinking in subject of Indonesia's Strategic Position as the World Maritime Axis for SMA/MA. The aim of this research is to observe the feasibility/validity and effectiveness of the developed textbook product. The development used the ADDIE development model. ADDIE development has 5 stages, they are: Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation, but this research is only in Implement stage, while  product testing stage. Data collection methods and data analysis techniques used validation instruments and closed questionnaire sheets with descriptive presentational data analysis techniques. The results of the research and development are obtained total score of the material validator 93% media 95% language 90%, while the average pre-test score of students in the medium category is 44.4%, the low category is 55.5% and the average post-test score of students in the high category is 42% and medium category 30%, and the score regarding the teacher's response to use geography textbooks based on critical thinking is 93%, and the student’s response score is 92%.

Abstrak: Penelitian ini ialah penelitian pengembangan berupa buku teks geografi berbasis critical thinking pada materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia untuk SMA/MA. Tujuannya untuk melihat kelayakan/kevalidan serta keefektifan produk buku teks yang dikembangkan. Pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang mana pengembangan ADDIE terdapat lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation, tetapi penelitian ini hanya di tahap Implement, pada tahap uji coba produk. Metode pengumpulan data serta teknik analisis datanya adalah menggunakan instrument validasi dan lembar angket tertutup dengan teknik analisis data deskriptif presentatif. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh hasil skor total oleh validator materi 93 % media 95% bahasa 90%, adapun skor pre test rata-rata siswa berada kategori sedang 44,4%, kategori rendah 55,5% dan skor postest rerata peserta didik kategori tinggi 42%, dan kategori sedang 30%, serta skor mengenai respons guru terhadap penggunaan produk buku teks geografi berbasis critical thinking adalah 93%, dan skor respon siswa adalah 92%.

Keywords


book development; critical thinking; high school student; pengembangan buku; critical thinking; siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2), 216–231. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62—65.

Amaliyah, E. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4R) pada Materi Trigonometri Kelas XI. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 01. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2603

Anisah, A., & Azizah, E. N. (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran dan Internet sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS (Eksperimen Kuasi pada Kelas VII di SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon). Jurnal Logika, 18(3), 1–18.

Ayu, P. E. S. (2019). Keterampilan Belajar dan Berinovasi Abad 21 Pada Era Revolusi Industri 4.0. Purwadita, 3(1), 77–83.

Budijanto., Iskandar., & Amirudin, A. (2016). Pengembangan Buku Teks Geografi dengan Struktur Penulisan Ensiklopedia. Jurnal Pendidikan, 1(2011), 137–143.

Erna, M., Rery, R. U., & Astuti, W. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Termokimia di SMA Pekanbaru Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 17–27. https://doi.org/10.21009/jrpk.081.02

Gustini Rahmawati. (2015). Buku Teks Pelajaran sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. EduLib, 5(1), 102–113.

Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota menggunakan Model Addie. Jurnal Educatio, 11(1), 90–105.

Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, K. (2016). Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 468–474.

Hidayah, S. N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Keragaman Budaya Batik Jenogoroan untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.362

Mappiara, Z. A., Muh. Arif., & Munirah. (2020). Analisis Bahan Ajar Dalam Buku Teks Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII (Ditinjau dari Segi Isi dan Pengembangan Kognitif Anak). Jurnal Ilmiah PENDAIS, 2(1), 1-13.

Mujib, M. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Metode Pembelajaran Improve. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 167–180. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.31

Sari, A. P. P., Amin, M., & Lukiati, B. (2017). Buku Ajar Bioteknologi Berbasis Bioinformatika dengan Model ADDIE. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 768–772.

Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis (Development of Textbooks Based on Critical Thinking Skills). SEJ (Science Education Journal), 3(2), 83. https://doi.org/10.21070/sej.v3i2.2661

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Sudatha, I. G. W. (2015). Multimedia sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dalam Rangka Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM, 541–546.

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.165

Zakiah, L. (n.d.). Pelatihan Pengembangan LKPD PPKN Berorientasi Pada Higher Order Thinking Skill (HOTS) bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Prosiding Pengabdian, 1(1), 1-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i7.14924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hastya Rizkananda Masitoh, Budijanto Budijanto, Singgih Susilo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License