Adopsi Nilai Etika Pappaseng Bugis sebagai Konten Bibliokonseling dalam Langkah Konseling KIPAS

M. Yunus Sudirman, Andi Mappiare- AT, Im Hambali

Abstract


Abstract: Pappaseng Bugis (the message of Bugis parents) is used as a way of life and social control because it contains content full of good meaning that can shape student behavior for the better. The purpose of this study is to describe the ethical values of Bugis pappaseng. The value of the results of this study was adopted as bibliocounseling content in the KIPAS model counseling step to improve the social skills of high school students. Research and development (R&D) research method with analysis of expert test data and prospective users through interrater agreement model. Based on data analysis, the ethical values found: sipakatau, sipakalebbi', and sipakainge' cultures are used as bibliocounseling content in the KIPAS counseling step. The implementation process follows the KIPAS steps, namely Good News, Data Integration and Internalization, Action Planning, Action Actualization, and Celebration.

 

Abstrak: Pappaseng Bugis (pesan orang tua Bugis) digunakan sebagai pedoman hidup dan kontrol sosial karena berisi konten penuh makna kebaikan yang dapat membentuk perilaku siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai etika pappaseng Bugis. Nilai dari hasil penelitian ini diadopsi sebagai konten bibliokonseling dalam langkah konseling model KIPAS untuk meningkatkan kecakapan sosial siswa SMA. Metode penelitian research and development (R&D) dengan analisis data uji ahli dan calon pengguna melalui interrater agreement model. Berdasarkan analisis data, nilai etika yang ditemukan: budaya sipakatau, sipakalebbi’, dan sipakainge’ yang dijadikan sebagai konten bibliokonseling dalam Langkah konseling KIPAS. Proses pelaksanaannya mengikuti langkah KIPAS, yaitu Kabar gembira, Integrasi data dan internalisasi, Perencanaan tindakan, Aktualisasi tindakan, dan Selebrasi.

Keywords


the ethical values of Bugis pappaseng; bibliocounseling; KIPAS counseling; nilai etika pappaseng Bugis; bibliokonseling; konseling KIPAS

Full Text:

PDF

References


Abbas, I. (2013). Pappaseng: Kearifan Lokal Manusia Bugis Yang Terlupakan. Sosiohumaniora, 15(3), 272. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v15i3.5752

Agustang, K. (2018). Korelasi Petuah Bugis Pappaseng dengan Hadis-Hadis Tarbawi (Telaah Catatan Mappiasse Gule Dalam 100 Ada-Ada Pappaseng Toriyolo). Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 18(01), 1-18.

Ariantini, N., Naser, M. N., & Hanafi, A. (2019). Konstruksi Teknik Konseling Berbasis Budaya Model Kipas untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial dan Kematangan Karier Siswa. Jurnal Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri (e-journal), 6, 26-32.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc.

Dewi, N., & Prihartanti, N. (2014). Metode Biblioterapi dan Diskusi Dilema Moral untuk Pengembangan Karakter Tanggungjawab. Jurnal Psikologi, 41(1), 47. https://doi.org/10.22146/jpsi.6957

Fitri, M., Mappiare-AT., A., & Triyono. (2020). Diskusi Nilai Etika dari Hadih Maja dalam Konseling Model KIPAS dengan Tema Kecakapan Sosial. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(8), 1093-1098.

Goleman, D. (2007). Social intelligence. Random House.

Gregory, R. J. (2014). Psychological Testing: History, Principles, and Applications.

Guilford, J. P. (1956). The Guilford-Zimmerman Aptitude Survey. Personnel & Guidance Journal, 35, 219-223.

Handayani, D., & Sunarso, S. (2020). Eksistensi Budaya Pappaseng sebagai Sarana Pendidikan Moral. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(2), 232–241. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i2.974

Hariyadi, S. (2018). Biblio-Konseling Berbasis Cerita Rakyat sebagai Alternatif Layanan kepada Siswa. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(4), 456. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.237

Hidayat, M. Y. (2008). Aplikasi Bibliokonseling sebagai Salah Satu Strategi Membantu Klien Dalam Konseling. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 11(1), 129-140. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a10

Jumrana, J. (2018). Pappaseng sebagai Karakter Masyarakat Bugis Sulawesi Selatan. https://doi.org/10.31227/osf.io/4trcm

Kaddi, S. M., & Dewi, R. S. (2017). Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi, Sipattokong (Studi Komunikasi Antarbudaya Perantau Bugis di Kota Palu, Sulawesi Tengah). Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 1(01), 347–357.

Lasan, B. B. (2018). Bibliokonseling Konsep dan Pengembangan. Malang: Elang Emas.

Madihah, M. (2019). Bibliokonseling sebagai Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Seorang Siswi di MTs Miftahul Ulum Baturetno Singosari Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Mappiare-AT, A. (2013). Martabat Konselor Indonesia dalam Falsafah dan Kinerja Model KIPAS: Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur. In Prosiding Kongres XII, Konvensi Nasional XVIII ABKIN dan Seminar Internasional Konseling, Denpasar Bali (Vol. 14).

Mappiare-AT, A. (2017). Meramu Model Konseling Berbasis Budaya Nusantara: Kipas (Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur). Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Budaya Konseling pada Fakultas Ilmu Pendidikan. Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang pada Tanggal, 28.

Mappiare-AT, A., Hidayah, N., & Fauzan, L. (2020). Revitalization of the Ideal Value of Archipelago’s Culture through KIPAS Model Counseling. 167–172.

Mappiare-AT., A., Ibrahim, A. S., & Sudjiono. (2009). Budaya Konsumsi Remaja-Pelajar di Tiga Kota Metropolitan Pantai Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 12-21.

Pehrsson, D. E., Allen, V. B., Folger, W. A., McMillen, P. S., & Lowe, I. (2007). Bibliotherapy with Preadolescents Experiencing Divorce. The Family Journal, 15(4), 409-414. https://doi.org/10.1177/1066480707305352

Pehrsson, D. E., & McMillen, P. (2005). A Bibliotherapy Evaluation Tool: Grounding Counselors in The Therapeutic Use of literature. The Arts in Psychotherapy, 32(1), 47–59. https://doi.org/10.1016/j.aip.2004.11.001

Prayitno. (1998). Konseling Pancawaskita. Padang. Pendidikan IKIP Padang.

Puspita Dewi, R., & Dibyo Wiyono, B. (2018). Konseling Kelompok Teknik Bibliokonseling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto. Jurnal BK UNESA, 9(1).

Rangka, I. B. (2016). Konseling Indigenous: Rekonstruksi Konseling di tengah Keragaman Budaya. Optimalisasi Peran Konselor melalui Pemanfaatan Berbagai Pendekatan dan Terapi dalam Pelayanan Konseling. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling tanggal 19-20 Maret 2016. Padang.

Setyaputri, N. Y., Krisphianti, Y. D., & Puspitarini, I. Y. D. (2018). Permainan Roda Pelangi sebagai Media untuk Meningkatkan Karakter Fairness Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(3), 108–118. https:-//doi.org/10.17977/um001v3i32018p108

Sikki, M., Rijal, S., Nasrudin, & Alam, S. (1998). Nilai dan manfaat Pappaseng dalam sastra Bugis. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.

Silondae, D. P. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Suku Tolaki untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2).

Sue, D. W., & Sue, D. (2016). Counseling the Culturally Diverse: Theory and Practice (7th edition). John Wiley & Sons, Inc.

Sukmadinata, N. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syamsudduha, S., Kamaruddin, K., Hanafi, H., & Tang, M. R. (2014). Educational Value and Character in Pappaseng Bugis (Buginese Message). Journal of Language Teaching and Research, 5(5), 1092-1102. https://doi.org/10.4304/¬jltr.¬5.5.-1092-1102

Zahan, I., & Begum, J. (2013). How to Evaluate an EFL/ESL Textbook-a Problem and a Solution. ASA University Review, 7(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i8.14950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M. Yunus Sudirman, Andi Mappiare- AT, Im Hambali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License