Pengembangan Model Strategi Komunikasi Berbantuan Buku Penghubung untuk Mengontrol Kegiatan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Daring

Dedek Handayani Nasution, Sa’dun Akbar, Yuniastuti Yuniastuti

Abstract


Abstract: This research aimed to produce communication strategy model assisted by link book that is effective, valid, and practical for students to use. The date analysis technique used in this study is qualitative descriptive analysis technique and quantitative descriptive analysis. The samples studied were class students iv, v, vi then teachers and parents’ students. Data collection using questionnaire technique. The results the study concluded that the development communication strategy model assisted by connecting book to control student learning activities in online learning received positive response from students with percentage 92.5 then the response parents with percentage 95% and teacher response 95,9%.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model strategi komunikasi berbantuan buku penghubung yang efektif, valid, dan praktis yang digunakan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Sampel yang diteliti adalah peserta didik kelas IV, V, VI kemudian guru serta orangtua dari peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik angket. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan model strategi komunikasi berbantuan buku penghubung untuk mengontrol kegiatan belajar peserta didik pada pembelajaran daring mendapat respons positif dari peserta didik dengan persentase 92,5 kemudian respons orangtua dengan persentase 95% dan respons guru 95,9%.

Keywords


communication strategy; link book; online learning; strategi komunikasi; buku penghubung; pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Andani, F. D. (2018). Pengembangan Buku Penghubung Aktivitas Belajar Siswa untuk Meningkatkan Prosentase Ketuntasan belajar program remedial di MI Miftahul Ulum Pandanarum Mojokerto. Disertasi tidak diterbitkan. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Anugrahana, A. (2020). Barriers, Solutions and Hopes: Online Learning during the Covid-19 Pandemic by Elementary School Teachers. Scholaria: Journal of Education and Culture, 10(3), 282—289.

Biddulph, S. (2006). Mendidik Anak dengan Cinta: Petunjuk Bagi Orangtua agar Anak Menjadi Bahagia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Edi, S., & Komunikasi, S. (2018). Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165—175.

Hussin, A. A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas for Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92—98.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151—160.

Oknisih, N., Wahyuningsih, Y., & Suryoto. (2019). Penggunaan Aplen (aplikasi online) sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 477–483.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019, February). Faktor-faktor yang memengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2), 297—302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Rostina, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Buku Penghubung Guru-Orangtua terhadap Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Siswa di SD Inpres Parang Kota Makassar. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.

Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. Seminar Nasional Pendidikan : Tema "Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan.

Sukmadinata, N. S. (2013). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 12—26.

Waskito, R. (2016). Penggunaan Buku Penghubung dan Implikasinya terhadap Kerjasama Guru dan Wali Murid dalam Mendidik Anak. Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1), 1–12.

Widyaresti, E. P., & Setiawan, A. H. (2012). Analisis Peran BRI Unit Ketandan Dalam Pemberian Kredit Usaha Rakyat bagi Pengusaha Mikro dan Kecil di Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten. DJOE: Diponegoro Journal of Economics, 1(1), 144—154.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i11.15113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dedek Handayani Nasution, Sa’dun Akbar, Yuniastuti Yuniastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License