Penerapan Media Topeng Malang Lestari untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi, Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Karakter Cinta Budaya Daerah pada Kelas IV

Aini Rizqoh

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to improve literacy skill, creative thinking skills, and the love of the culture of students in learning by using the Topeng Malang Lestari Media. The result of the initial thoughts on fourth grade students of SDN 2 Girimoyo showed that literacy and learning of students can be improved through learning that integrates the Topeng Malang Lestari Media based of Local Wisdom as a source of learning. Media Picture books based of local wisdom culture as a source of learning and effort to improve literacy skills and preservation of local cultural wisdom. The research method used ini Classroom action Research which consist of planning, implementation, observation, and reflection. The result showed an increase in the average literacy skill of students = 69,00 with sufficient category in the first cycle was improve to = 82,00 with good category in the second cycle. The average creative thinking skills of the students was improved to = 72,00 with sufficient category in the first cycle; and their creative thinking skills was improved to = 84,00 in second cycle with good category.

Abstrak: Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan literasi, keterampilan berpikir kreatif, dan cinta budaya daerah peserta didik dalam pembelajaran dengan menggunakan Media Topeng Malang Lestari. Hasil pengamatan awal terhadap peserta didik kelas IV SDN 2 Girimoyo menunjukkan kemampuan literasi, keterampilan berpikir kreatif, dan cinta budaya daerah tersebut masih rendah. Kemampuan literasi dan keterampilan berpikir peserta didik dapat ditingkatkan melalui pembelajaran yang mengintegrasikan media Topeng Malang Lestari berbasis kearifan lokal sebagai sumber belajar. Media buku bergambar berbasis kearifan lokal budaya sebagai sumber belajar dan sebagai upaya peningkatan kemampuan literasi dan pelestarian kearifan budaya lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rerata kemampuan literasi peserta didik yaitu 69,00 pada siklus I dengan kategori Cukup meningkat menjadi 82,00 pada siklus II dengan kategori Baik dan rerata keterampilan berpikir kreatif peserta didik sebesar 72,00 pada siklus I dengan kategori Cukup menjadi 84,00 pada siklus II dengan kategori Baik.

Keywords


mask media; literacy skills; creative thinking skills; character love regional culture; media topeng; kemampuan literasi; kemampuan berpikir kreatif; karakter cinta budaya daerah

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Aulia, T. O. S., & Dharmawan, A. H. (2010). Kearifan lokal dalam pengelolaan sumberdaya air di Kampung Kuta. Sodality: Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia, 4(3), 345—355.

Basuki, W. (2016). Media Pengajaran. Jakarta. Dirjen Dikti Depdikbud.

Desstya, A. (2015). IPA dan Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi (Telaah Buku Siswa SD Kelas IV Tema 3, Karya Much. Azam, dkk). In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 2, pp. 259—266).

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1—11.

Fatchan, H. A. & Dasna, I. W. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Penerbit Jenggala Pustaka Utama.

Kemdikbud. (2013). Permendikbud Nomor 67Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdikbud.

Kemmis, S &Mc.Taggart, R. (1988). The Action Research Planner, Victoria: Deakin University Press.

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom's Taxonomy: An Overview. Theory into Practice, 41(4), 212—218.

Usman, A. (2015). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan untuk Perolehan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3).

Munandar, U. (2012). Anak Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Sekolah. Jakarta. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Musthafa, B. (2014). Literasi Dini dan Literasi Remaja: Teori, Konsep, dan Praktik. Bandung: Crest.

Musa, M. I. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 1—14.

Rosnawati, R. (2009). Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Seminar Nasional dengan tema:“Revitalisasi MIPA dan Pendidikan MIPA dalam Rangka Penguasaan.

Sartini, S. (2007). Menggali Kearifan Lokal Nusantara: Sebuah Kajian Filsafati. Jurnal Filsafat, 14(2).

Sukmana, R. W. (2018). Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 189—197.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susilana, R. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Suyahman, S. (2017). Internalisasi Kearifan Lokal Dalam era Global Menyongsong Generasi Emas Tahun 2045.

Toharudin, U., & Kurniawan, I. S. (2017). Values of Local Wisdom: A Potential to Develop an Assessment and Remedial. International Journal of Evaluation and Research in Education, 6(1), 71—78.

Wibowo, A., & Anjar, T. (2017, August). Internalisasi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pelaksanaan Konseling

Multikultural dalam Pengentasan Masalah Remaja Akibat Dampak Negatif Globalisasi. In Proceeding Seminar dan

Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling 2017 (pp. 1-9).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i11.15138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aini Rizqoh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License