Religiosity And the Fraud Triangle as A Cause of Student Academic Fraud in Online Lectures
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albrecht, W. S., Chad, O., Albrecht, C. C., & Zimbelman, F. (2015). Fraud Examination Apa yang dikatakan orang - Tulis resensi Halaman terpilih.
Amalia, U. T., & Nurkhin, A. (2019). Dimensi Diamond Fraud dan penggunaan smartphone terhadap academic fraud dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Economic Education Analysis Journal (EEAJ), 8(1), 1–17.
Anggraeni, R. N., & Wahba. (2020). The role of verbal and non-verbal sales promotion girl cigarette on consumer buying interest. Jurnal Sinar Manajemen, 7(1), 17–21.
Apsari, A. K., & Suhartini, D. (2021a). Religiosity as moderating of accounting student academic fraud with a hexagon theory approach. Profesionalmudacendekia.Com, 1(3), 211–230. https://doi.org/10.47153/afs13.1512021
Apsari, A. K., & Suhartini, D. (2021b). Religiosity as Moderating of Accounting Student Academic Fraud with a Hexagon Theory Approach. Profesionalmudacendekia.Com, 1(3), 211–230. https://doi.org/10.47153/afs13.1512021
Cecillia, P. (2022). International students and academic misconduct: considering culture, community, and context. Journal of College and Character, 60–75.
Christiana, A., Kristiani, A., & Pangestu, S. (2021a). Kecurangan pembelajaran daring pada awal pandemi: dimensi fraud pentagon. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(1), 66–83.
Christiana, A., Kristiani, A., & Pangestu, S. (2021b). Kecurangan pembelajaran daring pada awal pandemi: Dimensi fraud pentagon. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(1), 66–83.
Cressey, D. R. (1953). Other people’s money; a study of the social psychology of embezzlement. Free Press.
Deliana, Abdulrshmsn, & Nursiah. (2017). Perilaku kecurangan akademik (academic fraud) mahasiswa akuntansi pada perguruan tinggi negeri di Sumatera Utara. Proceedings: Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainable Business Practice, 1995, 772–779.
Fauzan, N. A., & Novianti, N. (2021). Analisis pengaruh teori fraud pentagon dan efikasi diri terhadap kecurangan akademik mahasiswa pada pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 9(2), 1–16.
Haetami, A., Fahira, E. F., Rudi, L., & Vaz, B. L. (2022). Problem Solving Ability : Symbolic Level Analysis in Chemistry Education Students on the Topic of Chemical Equilibrium. 406–414.
Imam Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ismail, S., & Yussof, S. H. (2016). Cheating behaviour among accounting students: Some Malaysian evidence. Accounting Research Journal, 29(1), 20–33. https://doi.org/10.1108/ARJ-05-2014-0050
Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 di Perguruan Tinggi (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.
Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second Edi, Vol. 6). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92001-4
Minanari. (2016a). Analisa perilaku kecurangan akademik ditinjau dari pengaruh konsep fraud triangle: tekanan , kesempatan dan rasionalisasi. Jurnal Quality, VI(September 2016), 320–334.
Minanari. (2016b). Analisa perilaku kecurangan akademik ditinjau dari pengaruh konsep fraud triangle: Tekanan , kesempatan dan rasionalisasi. Jurnal Quality, VI(September 2016), 320–334.
Motifasari, E., Maslichah, & Mawardi, M. C. (2019a). Pengaruh dimensi fraud triangle terhadap perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa akuntansi (studi pada mahasiswa prodi akuntansi di perguruan tinggi Kota Malang). E-Jra, 08(08), 66–85.
Motifasari, E., Maslichah, & Mawardi, M. C. (2019b). Pengaruh Dimensi Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi di Perguruan Tinggi Kota Malang). E-Jra, 08(08), 66–85.
Nursalam, Bani, S., & Munirah. (2016). Bentuk kecurangan akademik (Academic Cheating) mahasiswa pgmi fakultas tarbiyah dan keguruan Uin Alauddin Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16(2), 127–138. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n2a1
Ridhayana, R., Ansar, R., & Mahdi, S. A. H. (2018). Pengaruh fraud triangle dan tingkat religiusitas terhadap perilaku kecurangan akademik (studi pada mahasiswa s-1 Universitas Khairun). Jurnal Riset Akuntansi, 5(2), 112–121.
Salsabilla, S. (2020). Islamic Religiosity Dan Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Akurasi : Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 81–94. https://doi.org/10.29303/akurasi.v3i2.38
Simpson, D. (2016). Academic Dishonesty : An International Student Perspective. 2(1).
Sulistomo, A., & Prastiwi, A. (2012). Persepsi mahasiswa akuntansi terhadap pengungkapan kecurangan (studi empiris pada mahasiswa akuntansi UNDIP dan UGM). Universitas Diponegoro.
Tuanakotta, T. M. (2010). Akuntasi Forensik Dan Audit Investigatif (2nd ed.). Salemba Empat.
Wahidin, A. N., Asse, A., & Bulutoding, L. (2020). Pengaruh dimensi fraud triangle terhadap. Islamic Accounting and Finance Review, 1(1), 40–58.
Wahyuni, D., Herliawati, & Purnamasari, N. (2014). Seminar dan workshop nasional keperawatan “implikasi perawatan paliatif pada bidang kesehatan.” Seminar Workshop Nasional, 2012, 218–222.
Wiwit, H., Okti, R. D. D., & Desi, M. (2018). Pengaruh dimensi fraud diamond terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi yang dimoderasi religiusitas. Seminar Nasional Dan The 5th Call for Syariah Paper, 1–16.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v8i3.21408
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Christina Sososutiksno, Jefry Gasperz, Adonia Anita Batkunde
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |