Pengembangan Modul Digital Bahasa Jepang Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum Menggunakan Google Slide

Ika Maulida Kusuma Dewi, Nurul Murtadho, Rizman Usman

Abstract


Abstract: Aims of this study is for developing MCA-based digital Japanese language modules using Google Slide. Four-D development model i.e define, design, develop, and disseminate was applied. Developed products submitted to media experts and material experts for validation testing. Then, product results after post-validation revision were tested on small group trials. This digital module developed on Mainichi Seikatsu theme that suits for 11 grades students. The result of product validity from media experts is 86.67% and got result 86.92% from material experts. The feasibility of the product was measured by being tested on a small group and has result with score 86.09%.

Abstrak: Penelitian ini berfokus pada pengembangan modul digital berbasis AKM menggunakan Google Slide. Sebuah penelitian pengembangan yang dirancang menggunakan model fourD dengan empat tahapan penelitian. Dimulai dari  fase define, kemudian dilanjutkan dengan melakukan tahapan design, penyelesaian produk pada tahap develop, dan diakhiri pada tahap disseminate. Produk yang sudah dikembangkan kemudian diuji validitasnya oleh pakar media dan materi. Hasil produk setelah dilakukan revisi pasca validasi kemudian diuji cobakan kepada peserta didik pada kelompok kecil. Hasilnya telah dikembangkan modul digital berbasis AKM menggunakan Google Slide pada tema Mainichi Seikatsu (Kehidupan Sehari-Hari) untuk peserta didik kelas sebelas. Tingkat kevalidan produk pada kategori sangat baik sebesar 86,67% untuk penilaian dari ahli media dan 86,92% untuk penilaian dari ahli materi. Kelayakan produk diukur dengan cara diujicobakan pada kelompok kecil dan menghasilkan tingkat kelayakan dengan skor sebesar 86,09%.


Keywords


modul digital bahasa jepang; asesmen kompetensi minimum; google slide

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Budiono, A., Wiryokusumo, I., & Karyono, H. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Literasi dan Integratif dalam Memfasilitasi Belajar Mandiri Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 58–67. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p058.

Crompton, H., Burke, D., Gregory, K. H., & Gräbe, C. (2016). The Use of Mobile Learning in Science: A Systematic Review. Journal of Science Education and Technology, 25(2), 149–160. https://doi.org/10.1007/s10956-015-9597-x

Fattah, A. A., Wibawa, A. P., Akbar, M. I., & Herdianto, R. (2020). Pengembangan Modul Sosioteknologi Informatika Berbasis CDIO. Belantika Pendidikan, 3(2), 75–82. https://doi.org/10.47213/bp.v3i2.89

Hammond, J. (1992). English for Social Purposes: A Handbook for Teachers of Adult Literacy. National Centre for English Language Teaching and Research Macquarie University.

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929

Hutahaean, L. A., Siswandari, & Harini. (2019). Pemanfaatan E-Module Interaktif sebagai Media Pembelajaran di Era Digita. PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 298–305.

Lahar Wati, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Ekosistem Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Sumber Belajar Pantai Elaar untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Sikap Ilmiah dan Penguasaan Konsep Siswa SMP Negeri 2 Kei Kecil [Tidak diterbitkan]. Universitas Negeri Malang.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840

Leschke, R., & Friesen, N. (2014). Education, Media and the End of the Book: Some Remarks from Media Theory. MedienPädagogik: Zeitschrift Für Theorie Und Praxis Der Medienbildung, 24, 183–196. https://doi.org/10.21240/mpaed/24/2014.10.03.X

Mahbudin. (2020, July 13). Peran Pemerintah Dalam Membangun Budaya Literasi Indonesia. BDK Kementrian Agama Jakarta. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/peran-pemerintah-dalam-membangun-budaya-literasi-indonesia

Misminarti, E. (2016). Pengembangan Bahan Ajar bahasa Indonesia Melalui Cerita Islami di MIN Beji Pasuruan [Tidak diterbitkan]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Muhimatunnafingah, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Mandiri Menggunakan Modul Digital dan Modul Cetak Terhadap Hasil Belajar Sejarah Ditinjau dari Minat Baca Peserta didik. Jurnal Candi, 8(12), 29–43.

Mulat, E. S. (2017). Proses stimulasi kemampuan literasi awal anak prasekolah oleh guru PAUD di sekolah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nieveen, R. 1999. Prototyping to Reach Product Quality, in: Design Approaches and Tools in Education and Training. Springer.

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1568

Novrizaldi. (2021, November 19). Tingkat Literasi Indonesia Memprihatinkan, Kemenko PMK Siapkan Peta Jalan Pembudayaan Literasi Nasional. Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://www.kemenkopmk.go.id/tingkat-literasi-indonesia-memprihatinkan-kemenko-pmk-siapkan-peta-jalan-pembudayaan-literasi

Nurjannati, N., & Rahmad, M. (2017). Development of E-Module Based on Science Literacy in Electromagnetic Radiation Lesson. Journal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, 4(2). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/15875

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/frontpage/detail#:~:text=Asesmen%20Kompetensi%20Minimum%20(AKM)%20merupakan,dan%20literasi%20matematika%20(numerasi).

Rita, & Situmorang, J. (2014). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS INTERNET PELAJARAN BAHASA INGGRIS. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 1(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i2.1880

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi (L. Solihin, Ed.). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Solikin, I., & Amalia, R. (2019). MATERI DIGITAL BERBASIS WEB MOBILE MENGGUNAKAN MODEL 4D. SISTEMASI, 8(3), 321. https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.461

Sudjatmiko, T. (2019, April 13). Mendikbud Minta 6 jenis literasi dasar yang harus dikuasai seseorang. KRJogja.Com. https://www.krjogja.com/peristiwa/nasional/mendikbud-minta-6-jenis-literasi-dasar-yang-harus-dikuasai-seseorang

Sungkono. (2012). Pengembangan Instrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran. Jurnal Majalah Imiah Pembelajaran, 8(2), dari https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/issue/view/473

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

The Japan Foundation. (2017). JF Standard bagi Pendidikan Bahasa Jepang - Petunjuk Pemakaian bagi Pengguna (Terbaru). The Japan Foundation.

Thiagarajan, S., & and others. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. . National Center for Improvement of Educational Systems (DHEW/OE). Indiana University Bloomington. https://eric.ed.gov/?id=ED090725

World Economy Forum (WEF). (2015). New Vision for Education Unlocking the Potential of Technology. www.weforum.org

Zulfahrin. (2019). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa [Tidak diterbitkan]. Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v8i8.25118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ika Maulida Kusuma Dewi, Nurul Murtadho, Rizman Usman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License