KAJIAN SOSIAL-BUDAYA RAMBU SOLO’ DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Fuad Guntara, Ach. Fatchan, I Nyoman Ruja

Abstract


This study focused on the analysis of social culture of rambu solo’ in growing the learners’ character. The problems of generations of one country was affected by globalization growth. It causes the need of implementing the educational character. The ceremony of rambu solo’ which brings social and religious value can be identified as social cultural aspect in ceremony rambu solo’. This research was a library research using descriptive approach. The results were: a). The ceremony is held to unite the family. b). to devide the heritage of family. c). to state prestige. d). to work together and become responsible. e). to develop art of custom. f). to donate wealth as a charity. This ceremony rambu solo’ enables to be designed as a reference of learning of character education because it is appropriate with the need of learners’ character expected by Indonesia.

Kajian sosial-budaya rambu solo’ dalam pembentukan karakater peserta didik. Permasalahan karakter generasi bangsa merupakan dampak dari globalisasi. Hal tersebut menyebabkan perlunya penanaman pendidikan berkarakter. Upacara rambu solo’ yang memiliki nilai sosial dan religus dapat dijadikan sebagai bahan ajar pendidikan berkarakter. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui aspek sosial-budaya dalam upacara rambu solo’ di Toraja. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan dengan menggunakan analisis deskriptif. Adapun hasilnya, yaitu (a) Sebagai wadah pemersatu keluarga; b). Sebagai tempat membagi warisan (c) sebagai tempat menyatakan martabat; (d) sebagai tempat bergotong royong; (e) sebagai wadah pengembangan seni artinya; (f) sebagai Wadah berdonasi. Upacara rambu solo’ dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran pendidikan berkarakter karena sesuai dengan kebutuhan karakter peserta didik yang diinginkan oleh bangsa Indonesia.


Keywords


character; rambu solo’; the leaners karakter; peserta didik

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik RI. 2015. Statistik Indonesia 2015. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Demmalino. 2004. Utang Budaya Perempuan Tana Toraja. Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada.

Karmadi, A. D. Budaya Lokal Sebagai Warisan Budaya dan Upaya Pelestariannya. Makalah disampaikan pada Dialog Budaya Daerah Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah, di Semarang 8—9 Mei 2007.

Kartolo, K. 1984. Psikologi Wanita Jilid II, Wanita sebagai Ibu dan Nenek. Bandung: Penerbit Alumni.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta

Kusumohamidjo, B. 2010. Filsafat Kebudayaan: Proses Realisasi Manusia. Yogyakarta: Jalasutra.

Lullulangi, M. 2007. Arsitektur Tradisional Toraja. Makassar: Balai Penerbit Universitas Negeri Makassar Desain Modern.

Nazir. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Paranoan, Marrang. 1990. Upacara Kematian Orang Toraja, Analisis Psiko-Sosio-Kultural. Rantepao: Percetakan Sulo.

Said, A. A. 2004. Simbolisme Unsur Visual Rumah Tradisional Toraja dan Perubahan Aplikasinya pada Desain Modern. Yogyakarta: Ombak.

Suharjana. 2012. Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, (Online), Tahun II, Nomor 2, Juni 2012, (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/1303/1084, diakses 29 September 2011).

Sulasman & Gumilar, S. 2013. Teori-teori Kebudayaan dari Teori hingga Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Tangdilintin. 2009. Toraja Sebuah Penggalian Sejarah dan Budaya. Makassar: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Makassar.

Tangke, dkk. 2003. Toraja Dulu dan Kini. Makassar: Pustaka Refleksi.

Undang-Undang Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License