KETERBACAAN BUKU TEKS KELAS IV DAN V SD DALAM KURIKULUM 2013

Zuni Humairoh, Nurchasanah, Nurchasanah,, Alif Mudiono

Abstract


This study aims to determine (a) the readability of text content in terms of students’ understanding of class IV at alementary school by using cloze and (b) the readability of text content in terms of students’ understanding of class V at alementary school by using cloze test. This study used quantitative type descriptive. The population used in this study were 20 text. Sample of this study were students of class IV and V. The data used to answer all of this issues were test cloze. The source of data in the from of long texts of 150-250 words. The instrument was text which has omitted. The result abtained from the percentage of class IV dan V in the 60%, the text is easily understood by the students.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) keterbacaan isi teks dilihat dari segi pemahaman siswa kelas IV SD dengan menggunakan tes cloze dan (b) keterbacaan isi teks dilihat dari segi pemahaman siswa kelas V SD dengan menggunakan tes cloze. Penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis deskriptif. Populasinya berupa teks sejumlah 20. Sampel penelitiannya siswa kelas IV dan V. Data untuk menjawab semua permasalahan ini berupa skor dari tes cloze. Sumber data berupa teks yang panjang teksnya 150-250 kata. Instrumennya berupa teks yang sudah dirumpangkan. Hasil persentase yang diperoleh dari kelas IV dan V di atas 60%, teks tersebut mudah dipahami oleh siswa.


Keywords


readability; text book; alementary school keterbacaan; buku teks; SD

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Pengejaran Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewi, P. 2013 Tin gkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siwa Kelas XI IPA 1 SMAN Blahbatuh melalui Tes Uji Rumpang. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia (Online), Vol. 1 No.4: (8), diakses 9 November 2014.

Harsiati, T, dkk. 1994. Tingkat Keterbacaan Buku Teks Membaca Siswa Sekolah Dasar Se-Kodya Malang. Malang: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang.

Holifatuz, N. 2014. Analisis Tingkat Keterbacaan Dalam Buku Teks Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Kelas 2. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, (Online) Vol.3, No 2: (9), diakses 23 November 2014.

Indrawati, S. 2001. Studi Keterbacaan Buku Teks IPA Kelas 6 SD Negeri. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2 (2):134, diakses 15 Oktober 2014.

Joun, R. 1988. Cloze Tes Readability Criterion Reference Scores. Jurnal University Of Chicago, (Online) Vol. 5, No 3, diakses 25 Oktober 2014.

¬Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permendiknas Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Buku Teks Pelajaran.

Sukmadinata, N. 2008 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syukron, A. 2001. Keterbacaan Wacana dalam Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SD Kelas 4 Terbitan Erlangga Berdasarkan Teknik Cloze. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License