PRESTASI AKADEMIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Abstract
The purpose of writing this article aims to determine academic achievement and student achievement motivation S1 Geography Education, State University of Malang. Writing this article uses literature study literature study conducted by discussing academic achievement and achievement motivation. Based on the results of the discussion, indicating that achievement and student achievement motivation S1 Geography Education, State University of Malang influenced internal and external factors. Internal factors originating from within or students themselves as self-interest and motivation. As for external factors that come from outside such as family support, social environment, and learning facilities.
Tujuan penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui prsetasi akademik dan motivasi berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Penulisan artikel ini menggunakan studi pustaka studi pustaka dilakukan dengan membahas prestasi akademik dan motivasi berprestasi. Berdasarkan hasil pembahasan, menunjukkan bahwa prestasi akademik dan motivasi berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang dipengaruhi beberapa faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang berasal dari dalam atau diri mahasiswa itu sendiri, seperti minat dan motivasi. Adapun faktor eksternal yang berasal dari luar seperti dukungan keluarga, lingkungan pergaulan, dan fasilitas belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asnawi, S. 2002. Teori Motivasi. Jakarta: Studia Press.
Dagun, S. M. 1997. Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).
Dimyanti, M. 1990. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: BPFF.
Galloway, C. 1976. Psycology for Learning and Teacher. New York: Mc. Grow Hill.
Irwanto, D, dkk. 1989. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Iswanti, Sr. Y. W. 2009. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Peran Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa SMU Tarakanita I.
Jurnal Vol.2 No.2/176. Januari 2009. (Online), (http://www.stikstarakanita.ac.id/files/Jurnal-Vol. No. 176. Pengaruh-Motivasi-Berprestasi-Sr.pdf, diakses 10 Mei 2016).
Johnson, I. A. 2007. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik. Jakarta: PT. Indeks.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 1998. Pedoman Umum Oraganisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi. (online).
http://hukum.unsrat.ac.id/men/mendikbud_155_1998.htm, diakses 7 Oktober 2015.
Klein, S. B.,1982. “Achievement Motivation” dalam Motivation Bioscial Approachches. New York: Mc Graw-Hill Book
Company.
Martani, M. S. 1999. Peran Perguruan Tinggi dalam Membentuk Pribadi Mahasiswa yang Tangguh untuk Mewujudkan
Ketahanan Nasional. Jurnal Nasional Lemhanas. (Online), http://www.stikstarakanita.ac.id/files/Jurnal-Vol.- No. Peran- Perguruan-Tinggi-dalam-Membentuk-Pribadi-Martha.pdf, diakses 7April 2016
Morgan, C. T. & King, R. A. 1990. Introduction to psychology. Tokyo: Mc. Graw Hill. (http://www.autodesk.com/foundation),
diakses 10 September 2015.
Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Purwodarminto, W. J. S. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto, N. 1998. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Saleh, A. 2001. Psikologi Umum Sosial. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Sardiman, A. M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Rajawali Pers.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Universitas Negeri Malang. 2005. Pedoman Pendidikan. Malang: UM Press.
Yasasih, T. 2004. Konstribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengelolaan Proses Belajar Mengajar oleh
Guru terdapat Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Se-Kabupaten Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang:
Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |