PRESTASI AKADEMIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Devi Ratih Retnowati, Ach. Fatchan, I Komang Astina

Abstract


The purpose of writing this article aims to determine academic achievement and student achievement motivation S1 Geography Education, State University of Malang. Writing this article uses literature study literature study conducted by discussing academic achievement and achievement motivation. Based on the results of the discussion, indicating that achievement and student achievement motivation S1 Geography Education, State University of Malang influenced internal and external factors. Internal factors originating from within or students themselves as self-interest and motivation. As for external factors that come from outside such as family support, social environment, and learning facilities.

Tujuan penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui prsetasi akademik dan motivasi berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Penulisan artikel ini menggunakan studi pustaka studi pustaka dilakukan dengan membahas prestasi akademik dan motivasi berprestasi. Berdasarkan hasil pembahasan, menunjukkan bahwa prestasi akademik dan motivasi berprestasi mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang dipengaruhi beberapa faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang berasal dari dalam atau diri mahasiswa itu sendiri, seperti minat dan motivasi. Adapun faktor eksternal yang berasal dari luar seperti dukungan keluarga, lingkungan pergaulan, dan fasilitas belajar.


Keywords


academic achievement; motivation achievement; prestasi akademi; motivasi berprestasi

Full Text:

PDF

References


Asnawi, S. 2002. Teori Motivasi. Jakarta: Studia Press.

Dagun, S. M. 1997. Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).

Dimyanti, M. 1990. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: BPFF.

Galloway, C. 1976. Psycology for Learning and Teacher. New York: Mc. Grow Hill.

Irwanto, D, dkk. 1989. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Iswanti, Sr. Y. W. 2009. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Peran Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa SMU Tarakanita I.

Jurnal Vol.2 No.2/176. Januari 2009. (Online), (http://www.stikstarakanita.ac.id/files/Jurnal-Vol. No. 176. Pengaruh-Motivasi-Berprestasi-Sr.pdf, diakses 10 Mei 2016).

Johnson, I. A. 2007. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik. Jakarta: PT. Indeks.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 1998. Pedoman Umum Oraganisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi. (online).

http://hukum.unsrat.ac.id/men/mendikbud_155_1998.htm, diakses 7 Oktober 2015.

Klein, S. B.,1982. “Achievement Motivation” dalam Motivation Bioscial Approachches. New York: Mc Graw-Hill Book

Company.

Martani, M. S. 1999. Peran Perguruan Tinggi dalam Membentuk Pribadi Mahasiswa yang Tangguh untuk Mewujudkan

Ketahanan Nasional. Jurnal Nasional Lemhanas. (Online), http://www.stikstarakanita.ac.id/files/Jurnal-Vol.- No. Peran- Perguruan-Tinggi-dalam-Membentuk-Pribadi-Martha.pdf, diakses 7April 2016

Morgan, C. T. & King, R. A. 1990. Introduction to psychology. Tokyo: Mc. Graw Hill. (http://www.autodesk.com/foundation),

diakses 10 September 2015.

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwodarminto, W. J. S. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto, N. 1998. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Saleh, A. 2001. Psikologi Umum Sosial. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Sardiman, A. M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Universitas Negeri Malang. 2005. Pedoman Pendidikan. Malang: UM Press.

Yasasih, T. 2004. Konstribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengelolaan Proses Belajar Mengajar oleh

Guru terdapat Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Se-Kabupaten Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang:

Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License